Berikut Tips Membuat Salmon Poke Bowl yang Mudah dan Sehat

Berikut Tips Membuat Salmon Poke Bowl yang Mudah dan Sehat

Berikut Tips Membuat Salmon Poke Bowl yang Mudah dan Sehat – Poke adalah ikan mentah potong dadu yang disajikan sebagai hidangan pembuka atau utama. Masakan ini merupakan salah satu hidangan pokok asli Hawaii. Bentuk tradisionalnya berupa haku dan he’e.

Poke he’e biasanya disebut tako poke dalam bahasa Jepang, kecuali di pulau Ni’ihau dimana bahasa Hawaii digunakan. Dikenal sebagai makanan sehat, salmon kerap dipilih menjadi menu sehari-hari. Selain dipanggang, salmon juga bisa diolah sebagai poke bowl.

Poke bowl merupakan makanan khas Hawaii yang terakulturasi makanan Jepang. Walau terdiri dari banyak komponen, tetapi pembuatan salmon poke bowl ini tergolong mudah, lho. Langsung praktikkan dengan resep salmon poke bowl di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang digunakan
Resep Salmon Poke Bowl, Hidangan Khas Hawaii yang Kaya Gizi

Bahan-bahan:

  • 200 gram salmon, potong dadu
  • 2 sendok makan shoyu
  • 1 siung jahe parut
  • 1 siung bawang putih parut
  • 1 sendok makan wijen sangrai
  • 1 sendok teh minyak minyak wijen
  • 1 sendok teh cuka beras

Topping sayur:

  • 40 gram salad rumput laut
  • 4 sendok makan edamame kupas, kukus
  • 1 buah lobak merah, iris tipis
  • 1 buah alpukat, iris tipis
  • 1/2 buah timun, iris tipis

Bahan saus:

  •  3 sendok makan mayones
  • 1 sendok makan saus sambal
2. Marinasi ikan salmon
Resep Salmon Poke Bowl, Hidangan Khas Hawaii yang Kaya Gizi

Pertama, campur shoyu, jahe, bawang putih, wijen sangrai, minyak wijen, dan cuka beras. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan salmon yang telah dipotong, lalu aduk kembali dan sisihkan terlebih dahulu.

3. Susun nasi, salmon, dan sayur
Resep Salmon Poke Bowl, Hidangan Khas Hawaii yang Kaya Gizi

Selanjutnya, siapkan semangkuk nasi putih. Beri topping salmon, salad rumput laut, edamame, alpukat, timun, dan lobak merah.

4. Buat saus pelengkap
Resep Salmon Poke Bowl, Hidangan Khas Hawaii yang Kaya Gizi

Kamu bisa membuat saus pelengkap agar lebih creamy. Caranya, campur mayones dan saus sambal, aduk rata. Semangkuk salmon poke bowl  dengan saus mayones pedas siap disantap.

5. Tips membuat salmon poke bowl
Resep Salmon Poke Bowl, Hidangan Khas Hawaii yang Kaya Gizi

Meski pembuatannya mudah, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan, agar cita rasa poke bowl-mu segar dan lezat. Yuk, simak tipsnya di bawah ini:

  1. Gunakan salmon dengan kualitas baik dan kondisinya masih segar.
  2. Jika kamu kurang suka salmon mentah, kamu bisa memanggang salmonnya terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bumbu marinasinya.
  3. Kamu bisa menggunakan berbagai sayuran kesukaanmu.
  4. Poke bowl paling enak kalau dimakan langsung setelah diracik. Kalau mau dibuat bekal, pisahkan masing-masih komponen supaya rasanya tetap fresh.

Bentuk tradisionalnya berupa haku (cakalang) dan he’e (gurita). Poke he’e (gurita) biasanya disebut tako poke dalam bahasa Jepang, kecuali di pulau Ni’ihau dimana bahasa Hawaii digunakan. Poke ahi yang terkenal terbuat dari madidihang. Hidangan kreasi juga menambahkan salmon mentah atau kerang-kerangan sebagai bahan utama yang disajikan mentah dengan bumbu poke dasar.

Dalam bahasa Hawaii, poke memiliki arti potongan. Konon di Hawaii sana, tuna poke terkenal sebagai makanan pembuka yang disajikan segar. Satu porsi tuna poke berisikan potongan tuna mentah (seperti sashimi) , cincangan bawang putih, irisan rumput laut dan irisan daun shiso. Semua komponen ini direndam dengan semacam soy sauce, lalu disiram dengan minyak yang telah dipanaskan (mungkin grapeseed oil ya? Karena wanginya bukan seperti olive oil).