Berikut Resep Bolu Pisang Panggang Dengan Rasa Luar Biasa

Berikut Resep Bolu Pisang Panggang Dengan Rasa Luar Biasa

Berikut Resep Bolu Pisang Panggang Dengan Rasa Luar Biasa – Kue pisang adalah kue yang dibuat dengan menggunakan pisang sebagai bahan utama dan bahan kue khas. Ini dapat disiapkan dengan berbagai cara, termasuk sebagai kue lapis, sebagai muffin, dan sebagai kue mangkuk.

Kue pisang kukus ditemukan dalam masakan Cina, Indonesia, dan Vietnam. Kue bolu biasanya ada saat acara spesial, seperti arisan dan syukuran. Salah satu yang paling sering disuguhkan adalah bolu pisang. Teksturnya yang lembut dengan manisnya pisang berpadu sempurna di mulut.

Gak melulu dikukus, kamu bisa membuat bolu pisang panggang yang lezat. Terasa lebih garing tapi tetap lembut di dalam, berikut resep bolu pisang panggang yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Bahan-bahan bolu pisang panggang
Resep Bolu Pisang Panggang Enak dan Lembut untuk Teman Ngopi

Bahan-bahan:

  • 200 gram pisang raja
  • 175 gram tepung terigu
  • 120 gram butter
  • 25 gram susu kental manis
  • 120 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1 sdt vanila bubuk
  • cokelat chip secukupnya
  • kacang kenari secukupnya
2. Lelehkan butter dan haluskan pisang
Resep Bolu Pisang Panggang Enak dan Lembut untuk Teman Ngopi

Siapkan wajan di atas kompor, lalu masukkan butter sesuai ketentuan. Nyalakan kompor dan biarkan sampai meleleh sempurna. Pastikan gak sampai mendidih, cukup mencair secukupnya saja. Sisihkan ke dalam mangkuk.

Selanjutnya, kupas seluruh pisang dan masukkan ke dalam mangkuk cukup besar. Haluskan pisang dengan bantuan garpu atau masher hingga lembut.

3. Ayak adonan tepung hingga halus
Resep Bolu Pisang Panggang Enak dan Lembut untuk Teman Ngopi

Masukkan gula pasir dan telur ke dalam wadah, lalu aduk dengan mixer sampai berubah warna jadi putih pucat. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam adonan telur dan aduk kembali dengan spatula.

Setelah itu, campur tepung terigu dengan vanila bubuk. Kalau menggunakan susu bubuk, campurkan pula ke dalam adonan. Ayak adonan tepung sampai benar-benar halus, lalu sisihkan sebentar.

4. Tuang adonan bolu ke dalam loyang
Resep Bolu Pisang Panggang Enak dan Lembut untuk Teman Ngopi

Nyalakan kembali mixer, lalu tuang adonan tepung secara bertahap ke dalam adonan pisang. Aduk adonan sampai benar-benar tercampur merata.

Tambahkan pula mentega cair dan aduk rata. Jika adonan kue sudah terlihat sempurna, diamkan sebentar.

Sembari menunggu, siapkan loyang dengan memberikan kertas roti sebagai alasnya. Tuang adonan kue bolu pisang ke dalam loyang perlahan-lahan. Ketuk-ketuk loyang, supaya adonannya merata.

5. Panggang bolu pisang sampai kecokelatan
Resep Bolu Pisang Panggang Enak dan Lembut untuk Teman Ngopi

Masukkan loyang bolu pisang ke dalam oven yang sudah dipanaskan hingga suhu 180 derajat Celsius. Panggang bolu pisang selama sepuluh menit terlebih dahulu, lalu taburi bagian atasnya dengan cokelat chip dan kacang kenari secukupnya.

Selanjutnya, tutup kembali oven dan panggang selama 30 menit sampai berubah warna jadi kecokelatan dan garing. Jika sudah matang, segera keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Potong bolu pisang panggang dan sajikan dengan secangkir teh hangat.

Kue pisang dibuat dengan menggunakan pisang sebagai bahan utama dan bahan kue khas seperti tepung, gula, telur, mentega, margarin atau minyak dan soda kue. Pisang dapat tumbuk atau bubur menggunakan food processor atau mixer listrik dan dicampur ke dalam adonan kue, dan kue juga dapat diisi atau hiasi dengan irisan pisang. 

Kue pisang dapat disiapkan untuk digunakan untuk pisang yang kecokelatan atau terlalu matang. Cokelat dapat digunakan sebagai bahan,  yang bersama dengan pisang merupakan kombinasi rasa yang menyenangkan bagi sebagian orang. Kacang-kacangan seperti kenari dan makadamia dapat digunakan dalam adonan dan untuk topping dan hiasan kue.