Berikut Olahan Nasi Khas Peru yang Memiliki Cita Rasa Nikmat

Berikut Olahan Nasi Khas Peru yang Memiliki Cita Rasa Nikmat

Berikut Olahan Nasi Khas Peru yang Memiliki Cita Rasa Nikmat – Peru negara yang berbatasan dengan Ekuador dan Kolombia di utara, Brasil di timur, Bolivia di timur, tenggara, dan selatan, Chili di selatan, dan Samudra Pasifik di barat terkenal dengan Machu Picchu.

Selain termasyur dengan peninggalan dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur itu, kulinernya juga menggoda. Ceviche atau Anticuchos adalah baru sebagian kecilnya. Kenal lebih dekat dengan Peru, negara yang kaya dalam budaya antropologi dan dikenal sebagai tempat lahir Kerajaan Inca. Nasi menjadi makanan pokok di beberapa negara.

Nasi juga menjadi salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi beragam jenis hidangan. Salah satu negara yang mempunyai beragam olahan nasi adalah Peru. Negara ini terkenal dengan olahan nasi yang memiliki rasa yang lezat dan kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

1. Arroz chaufa
5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Arroz chaufa merupakan makanan yang dibuat dengan campuran nasi goreng, daging, sayuran, dan buah-buahan. Cara membuatnya yaitu nasi digoreng dengan ayam suwir, salami, bawang putih, jahe, irisan almond, telur, kaldu ayam, kecap, potongan nanas, dan jus nanas.

Terdapat beberapa versi di mana olahan nasi ini menggunakan bahan-bahan yang mencakup ikan, daging sapi, babi, dendeng, dan yang paling ekstrim adalah daging buaya.

Setelah siap disajikan, makanan ini umumnya menjadikan daun bawang cincang dan ketumbar sebagai hiasan.

2. Arroz con camarones
5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Arroz con camarones merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dimasak dalam kaldu udang beraroma. Kemudian dicampur dengan udang, paprika, tomat, dan bawang.

Untuk membuat rasa makin lezat, maka olahan nasi ini diberi bumbu seperti jinten, bawang putih, dan achiote. Tambahkan peterseli cincang halus sebagai hiasan agar hidangan terlihat lebih menarik.

Hidangan ini dapat dihidangkan dengan berbagai bahan seperti irisan jeruk nipis, saus pedas, irisan alpukat, atau pisang raja goreng.

3. Arroz zambito
5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Arroz zambito merupakan olahan nasi yang berupa puding. Hidangan ini sering menjadi makanan penutup. Makanan ini secara tradisional dimaniskan dengan gula murni. Kemudian dibumbui dengan menggunakan kismis, adas manis, dan kelapa.

Pada zaman modern ini, penikmatnya sering menambahkan susu untuk memberikan tekstur yang lebih lembut pada olahan nasi. Biasanya makanan ini diberi hiasan pecan panggang dan dihidangkan pada suhu kamar.

4. Arroz con pato a la chiclayana
5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Arroz con pato a la chiclayana merupakan makanan yang terbuat dari campuran daging bebek, minyak, bawang putih, bawang merah, nasi, kacang polong, labu, paprika merah, daun bawang, paprika aji limo, air jeruk nipis, dan garam.

Cara membuatnya yaitu pertama-tama bawang putih, bawang bombay, dan labu siam dimasak dalam minyak yang panas. Kemudian dikombinasikan dengan daging bebek kecoklatan dan air. Setelah bebek menjadi empuk, bebek kemudian dikeluarkan. Lalu nasi, kacang polong, merica, dan ketumbar direbus dalam cairan yang telah dimasak.

Setelah matang, campuran nasi diberi bumbu air jeruk nipis dan dihidangkan bersamaan dengan daging bebek.

5. Arroz arvejado
5 Olahan Nasi Khas Peru yang Kelezatannya Mengundang LaparArroz arvejado merupakan olahan nasi yang menjadi makanan tradisional negara ini. Makanan ini terbuat dari campuran nasi bulir panjang, kacang polong, minyak zaitun, bawang putih, bawang merah, dan bumbu.

Cara membuatnya yaitu kacang polong dimasak terlebih dahulu, lalu ditiriskan dan kemudian dicampur sebentar menjadi pasta kasar. Selanjutnya tumis bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan minyak zaitun sampai lembut. Kemudian bumbui dengan menggunakan garam dan merica.

Lalu bahan tersebut dikombinasikan dengan kacang polong dan nasi yang sudah dimasak sampai menemukan konsistensi yang lembut. Makanan ini bisa disajikan dengan ayam atau daging yang bisanya diletakkan di atas nasi.

Selain lezat, kelima olahan nasi tersebut dapat dikombinasikan dengan berbagai makanan lain, seperti sosis dan daging. Kalau kamu, paling suka olahan nasi yang mana?