Berikut Manfaat Mikrodermabrasi Pada Kulit yang Kusam

Berikut Manfaat Mikrodermabrasi Pada Kulit yang Kusam

Berikut Manfaat Mikrodermabrasi Pada Kulit yang Kusam – Mikrodermabrasi wajah adalah prosedur perawatan dan peremajaan pada kulit wajah. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengelupasan kulit, sehingga sel-sel kulit wajah yang mati terangkat. Seperti yang kita ketahui, mikrodermabrasi atau microdermabrasion adalah salah satu prosedur kosmetik yang biasa dilakukan di klinik kecantikan.

Mikrodermabrasi wajah biasanya dilakukan untuk mengatasi sejumlah permasalahan di permukaan atau lapisan luar (epidermis) kulit wajah, seperti mengurangi kerutan halus dan mengatasi kelainan kulit pada area wajah yang tidak terlalu luas. Prosedur ini biasanya dilakukan oleh seorang ahli yang akan menghilangkan lapisan kulit atas dengan sebuah alat.

Meski mikrodermabrasi akan mengelupas kulit, prosedur perawatan kulit ini aman untuk semua jenis kulit. Lantas, apa sajakah manfaatnya terhadap kulit wajah? Sebelum melakukannya, kenali dulu manfaat mikrodermabrasi pada kulit seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Mengurangi kerutan pada kulit kusam
5 Manfaat Mikrodermabrasi pada Kulit, Bisa Lawan Penuaan

Salah satu alasan umum seseorang melakukan mikrodermabrasi adalah untuk mengurangi munculnya garis-garis halus atau kerutan wajah akibat penuaan. Penuaan dapat disebabkan oleh sinar matahari maupun stres.

Berdasarkan studi dalam jurnal Dematologic Surgery tahun 2006, partisipan perempuan yang menjalani perawatan mikrodermabrasi seminggu sekali selama enam minggu mengalami peningkatan kecerahan pada kulit mereka.

Perlu digarisbawahi, lokasi kerutan dan jumlah melakukan perawatan cukup menentukan hasilnya, termasuk pemakaian pelembap dan toner dalam kesehariannya.

2. Mengobati bintik-bintik penuaan sekaligus pigmentasi yang tidak merata
5 Manfaat Mikrodermabrasi pada Kulit, Bisa Lawan Penuaan

Beberapa orang melakukan perawatan mikrodermabrasi untuk mengobati hiperpegmentasi seperti bercak gelap di wajah.

Menurut sebuah studi dari jurnal Lasers in Surgery and Medicine tahun 2012, para perempuan yang menjalani perawatan kombinasi dari mikrodermabrasi dan terapi laser mengalami peningkatan warna kulit yang signifikan.

Kombinasi perawatan ini hanya memerlukan sedikitnya dua kali kunjungan untuk melihat perbedaan hasilnya di kulit.

3. Mengecilkan pori-pori yang membesar serta komedo
5 Manfaat Mikrodermabrasi pada Kulit, Bisa Lawan Penuaan

Mikrodermabrasi tidak disarankan bila kulitmu sedang berjerawat atau mengalami iritasi. Perawatan ini lebih lebih direkomendasikan sebagai perawatan untuk memperbaiki kondisi kulit dan mengecilkan pori-pori.

4. Mengobati jerawat dan bekasnya
5 Manfaat Mikrodermabrasi pada Kulit, Bisa Lawan Penuaan

Meski mikrodermabrasi dapat memperburuk gejala jerawat aktif dan membuatnya bertahan lebih lama, tetapi menurut studi dalam Dermatologic Surgery tahun 2001, mikrodermabrasi memiliki efek positif pada jerawat, tergantung pemicu awal jerawat tersebut.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa prosedur mikrodermabrasi cukup efektif mengurangi visibilitas bekas jerawat.

5. Memudarkan strecth mark
5 Manfaat Mikrodermabrasi pada Kulit, Bisa Lawan Penuaan

Mikrodermabrasi juga efektif sebagai perawatan untuk menghilangkan stretch mark. Prosedur ini akan mendorong pergantian sel dan mempercepat kemampuan penyembuhan kulit.

Itulah lima manfaat mikrodermabrasi pada kulit. Perlu digarisbawahi, sebelum mencoba prosedur kecantikan ini baiknya konsultasikan dulu ke dokter spesialis kulit. Selain itu, pilih klinik kecantikan yang tersertifikasi. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?