Berikut Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh Kita

Berikut Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh Kita

Berikut Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh Kita – Mengonsumsi air gula ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat gula pasir, gula jawa, atau gula aren ternyata bisa membantu tubuh mendapatkan cukup kalori harian. Telah terbukti kalau karbohidrat meningkatkan kinerja atletik dari tubuh dan memaksimalkan daya tahan.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kadar gula darah secara cepat terutama pada orang yang mengalami kondisi hipoglikemi atau rendahnya kadar gula dalam darah. Itu sebabnya ada begitu banyak minuman energi yang tersedia di gym dan toko-toko olahraga.

Namun bagaimana dengan air gula sederhana? Sebenarnya ada lho efek mengejutkan yang dimiliki air gula pada tubuh kita. Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Manusia AS, kita biasanya mendapatkan asupan gula harian dari minuman ringan dan minuman-minuman botol lainnya. Namun, sumber-sumber ini tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk tubuh kita.

1. Air gula memberi tubuh kita dorongan energi dengan cepat
5 Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Kebanyakan orang tahu bahwa terlalu banyak gula dalam makanan berakibat buruk bagi kesehatan. Meskipun benar bahwa ahli gizi menyarankan bahwa kita hanya mendapatkan sekitar 10 persen dari asupan kalori harian kita dari gula, ada kalanya tubuh kita membutuhkan suntikan energi dengan segera.

Ketika kita mengonsumsi air gula, tubuh kita menyerap molekul gula ke dalam aliran darah di mana mereka diambil oleh sel-sel kita dan diubah menjadi energi. Sukrosa, molekul gula yang ditemukan di gula meja yang paling sering dibeli di toko, telah ditemukan memiliki tingkat penyerapan lebih cepat daripada jenis gula lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa komponen air gula yang relatif sederhana bisa menjadi sumber energi yang lebih baik daripada minuman manis yang dibeli di toko.

2. Air gula terbuat dari apa?
5 Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Air gula mudah dibuat dengan mencampur gula segelas air. Namun, gula biasa yang kita gunakan di rumah sebenarnya berbeda dari gula yang digunakan dalam minuman manis lainnya.

Air gula mengandung sukrosa, sementara minuman manis lainnya mengandung glukosa dalam kombinasi dengan gula lain (fruktosa, sirup pati jagung, dan banyak lagi).
Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa cara tubuh kita menggunakan sukrosa lebih baik dan lebih efisien daripada molekul gula lainnya.

3. Mengapa air gula lebih baik dari minuman manis lainnya?
5 Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Tampaknya jus buah, minuman energi dan minuman manis lainnya semuanya memiliki komponen dasar yang sama dengan air gula, tetapi itu tidak benar. Ada perbedaan signifikan antara air gula dan minuman manis lainnya.

Minuman manis yang dibeli di toko sering mengandung bahan tambahan seperti kafein, penyedap makanan, dan pewarna. Dalam segi harga juga, minuman manis terutama minuman energi tentu jauh lebih mahal dibandingkan air gula yang murah dan mudah dibuat. Selain itu  air gula berbasis sukrosa lebih mudah dicerna oleh usus.

4. Kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi air gula?
5 Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Ada sejumlah situasi di mana itu tidak hanya sehat tetapi juga diperlukan untuk meningkatkan asupan karbohidrat. Di antaranya yaitu sebelum, selama dan setelah berolahraga di gym (atau di rumah).

Selain itu juga selama aktivitas berintensitas tinggi seperti hiking, bersepeda, sepatu roda dan banyak lagi. Ditambah lagi ketika jeda antar makanmu sangat panjang dan kapanpun kamu membutuhkan dorongan energi cepat tanpa merasa kenyang.

5. Asupan air gula yang dianjurkan
5 Manfaat Air Gula untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Air gula, seperti semua makanan manis lainnya, dimaksudkan untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang. Disarankan untuk mencampur sekitar 1,5 sendok makan dengan secangkir air. Kalau kamu tidak berolahraga dan hanya perlu dorongan energi untuk sepanjang hari, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2 sendok teh per cangkir air.