Rekomendasi Makanan Sehat yang Cocok Seusai Vaksinasi

Rekomendasi Makanan Sehat yang Cocok Seusai Vaksinasi

Rekomendasi Makanan Sehat yang Cocok Seusai Vaksinasi – Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu. Bagi kamu yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19, sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum dan setelahnya.

Kamu hanya diminta untuk istirahat cukup, makan makanan yang bergizi, dan menghindari mengonsumsi alkohol. Vaksinasi Covid-19 sebenarnya sudah mendapat izin BPOM dan terbukti efektif tanpa persiapan nutrisi khusus. Namun, kamu tetap direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan kaya nutrisi.

Sebab, beberapa makanan memang terbukti dapat membantu membangun antibodi dan imunitas tubuh. Meski efeknya tidak langsung mengarah ke vaksinasi, tetapi makanan bernutrisi tinggi akan membuat kinerja vaksin semakin efektif. Nah, Dikutip dari laman idn poker android berikut rekomendasi makanan-makanan sehat yang bisa kamu konsumsi usai menjalani vaksinasi. Bikin badan rileks dan kembali bugar.

1. Buah sitrus
7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Usai Menjalani Vaksinasi

Jeruk adalah buah sitrus yang sangat kaya vitamin C dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi langsung, jeruk juga cocok dijadikan minuman, seperti jus jeruk atau jeruk peras.

Cara lainnya, kamu bisa mengonsumsi perasan lemon yang dicampur air hangat pada pagi hari. Hindari mengolah buah sitrus menjadi jus.

Pasalnya, serat dan protein yang terkandung dikhawatirkan akan terbuang saat kamu mengolah buah dan sayur menjadi jus. Padahal, serat dan protein dibutuhkan tubuh setelah kamu divaksin.

2. Paprika
7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Usai Menjalani Vaksinasi

Paprika adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae). Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Mulai dari tumis paprika, paprika oven isi jagung, jamur cah paprika, hingga ayam paprika saus mentega.

3. Olahan ikan segar
7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Usai Menjalani Vaksinasi

Olahan ikan segar seperti salmon dan tuna kaya akan omega-3 yang mampu mengurangi peradangan tubuh. Kamu bisa menemukan banyak olahan ikan khas Nusantara untuk menu harian, termasuk usai vaksinasi.

Mulai dari yang sederhana seperti ikan kembung goreng, ikan cakalang, ikan kerapu bakar khas Sulawesi, atau yang kaya rempah seperti ikan kuah kuning. Dijamin ngiler!

4. Sup ayam
7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Usai Menjalani Vaksinasi

Sup ayam adalah sup yang terbuat dari ayam, yang dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya. Sup ayam klasik terdiri dari kaldu encer, yang dimasukkan potongan ayam atau sayuran;

Selain itu, kaldu di dalam sup ayam juga mampu menghidrasi dan melegakan saluran pernapasan. Kamu bisa menambahkan beragam bahan sehat lainnya di sup ayam buatanmu. Seperti wortel, kentang, bawang, hingga seledri.

5. Tiram
7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Usai Menjalani Vaksinasi

Tiram adalah sekelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih. Tiram sejati adalah semua bivalvia yang termasuk keluarga Ostreidae. Namun, nama tiram dipakai pula untuk beberapa hewan lain di luar kelompok itu.

Kamu bisa mengolah tiram menjadi tumis kerang tiram, tiram asam manis, hingga tiram saus padang. Hindari mengonsumsi tiram mentah karena dapat menyebabkan keracunan.

6. Telur rebus
7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Usai Menjalani Vaksinasi

Telur rebus adalah telur yang dimasak dalam air mendidih dalam keadaan masih terbungkus cangkang telur. Telur rebus adalah makanan sarapan populer di banyak negara.

Telur rebus bisa menjadi sumber protein yang murah meriah dan mudah dibuat setelah vaksinasi. Kamu bisa mengkreasikannya dengan bumbu-bumbu favoritmu.

7. Kacang-kacangan
7 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Usai Menjalani Vaksinasi

Kacang adalah istilah non-botani yang biasa dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan (namun tidak semua). Dalam percakapan sehari-hari, kacang dipakai juga untuk menyebut buah (polong) atau bahkan tumbuhan yang menghasilkannya. Kacang-kacangan mampu membantu tubuh terhindar dari inflamasi atau peradangan. Jenis kacang sehat yang direkomendasikan antara lain almond, kenari, pecan, mete, atau pistachio.