Berikut Kreasi Hidangan Jepang Dari Bahan Tofu yang Maknyuss

Berikut Kreasi Hidangan Jepang Dari Bahan Tofu yang Maknyuss

Berikut Kreasi Hidangan Jepang Dari Bahan Tofu yang Maknyuss – Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.

Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian, yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”. Siapa di antara kalian yang suka dengan segala olahan menggunakan tofu? Tofu merupakan bahan yang sering digunakan dalam masakan Jepang yang serbaguna dengan banyak manfaat.

Selain ramah bagi para vegetarian, tofu memiliki rasa ringan dan sangat fleksibel karena bisa dibuat menjadi gurih atau creamy. Dari hidangan autentik hingga sesuai dengan lidah Indonesia, berikut kreasi hidangan jepang dengan olahan tofu yang wajib kamu coba.

1. Japanese chilled tofu (Hiyayakko)
5 Kreasi Hidangan Jepang Menggunakan Tofu, Mudah dan Menggugah Selera 

Makanan ini dikenal dengan nama Hiyayakko, yang merupakan tahu dingin Jepang. Hidangan ini lebih menonjolkan tekstur tofu yang halus dan lembut yang sangat cocok dinikmati dengan apa saja. Kamu masih bisa mengganti topping dan saus sesuai selera.

Untuk rasa yang lebih autentik, kamu wajib menggunakan irisan bawang daun yang segar bersama dengan kecap asin khas Jepang. Kamu bisa tambah wasabi bagi kamu yang suka pedas.

2. Tofu salad with sesame ponzu dressing
5 Kreasi Hidangan Jepang Menggunakan Tofu, Mudah dan Menggugah Selera 

Kamu bisa dengan mudah membuat hidangan vegan menggunakan tofu. Kamu bisa membuat tofu salad yang dinikmati bersama saus wijen ponzu. Makanan ini sering dimakan oleh orang Jepang pada musim panas karena rasanya yang menyegarkan.

Cara menyajikannya, kamu bisa mencampur tofu dengan sayuran hijau, jagung manis, rumput laut wakame, dan shiso. Kamu bisa menyantap hidangan ini sebagai pelengkap sayuran saat memakan makanan Jepang.

3. Mapo tofu
5 Kreasi Hidangan Jepang Menggunakan Tofu, Mudah dan Menggugah Selera 

Siapa yang pernah dengar hidangan bernama mapo tofu? Makanan ini sering muncul di anime maupun drama Jepang, lho. Mapo tofu bisa disajikan pedas bagi kamu yang tertantang dengan rasanya.

Makanan ini biasanya dibuat dengan jumlah besar dan disajikan di piring. Cara membuatnya pun tergolong sangat mudah, bahkan kamu bisa membuat hidangan ini hanya dengan waktu 30 menit.

4. Tofu teriyaki
5 Kreasi Hidangan Jepang Menggunakan Tofu, Mudah dan Menggugah Selera 

Renyah saat digigit, namun sangat lembut saat disantap. Itulah definisi yang pas untuk hidangan olahan tofu yang satu ini. Tofu yang digoreng ini memiliki rasa yang dinamis dengan aroma teriyaki yang menggugah selera.

Bagi kamu yang vegetarian, kamu masih bisa kreasikan makanan ini, lho. Makanan ini sangat cocok baik dijadikan appetizer, maupun sebagai hidangan utama.

5. Vegan poke bowl
5 Kreasi Hidangan Jepang Menggunakan Tofu, Mudah dan Menggugah Selera 

Tahu goreng, sayuran segar, ditambah disajikan dengan nasi merah akan menjadi santapan sempurna karena sehat, lezat, dan sangat mudah dibuat. Kamu bisa menyajikannya dengan saus untuk memberikan rasa gurih yang menyegarkan.

Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tahu sutra (絹漉し豆腐, kinugoshi tōfu). Tahu sutra lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan lebih lanjut, sehingga biasanya dikonsumsi mentah. Tahu secara umum dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.