Berikut Kandungan & Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Kandungan & Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Kandungan & Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh – Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius, famili Pangasiidae. Nama “patin” juga disematkan pada salah satu anggotanya, P. nasutus. Ikan patin (pangasius) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang masih berkerabat dengan lele, ya pasalnya sama-sama memiliki kumis layaknya ikan lele.

Kelompok hewan ini banyak yang bernilai ekonomi, seperti patin dan patin siam (P. hypophthalmus syn. P. sutchi, atau beberapa pustaka menyebutnya jambal siam). Selain enak ketika di makan, ternyata ikan patin memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu alasannya karena ikan patin mengandung asam lemak tak jenuh mencapai 50% serta mengandung omega-3 sama halnya ikan laut seperti tuna, salmon, dan sarden. Apa saja kandungan dan manfaat ikan patin untuk kesehatan tubuh?

1. Ikan patin mencegah penyakit kardiovaskular
5 Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh, Konsumsi Yuk!

Ikan patin memiliki asam lemak tak jenuh mencapai 50%, asam lemak tak jenuh tunggal tersebut salah satunya asam oleat. Ya, dari kandungan tersebut ikan patin bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Namun perlu diketahui, cara pengolahannya harus benar dan tepat. Misalnya bagi penderita kardiovaskular disarankan memakan olahan ikan patin yang di rebus atau di panggang.

2. Menurunkan kadar kolesterol
5 Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh, Konsumsi Yuk!

Kadar kolesterol tinggi merupakan penggagas dari penyakit jantung (kardiovaskular). Mengonsumsi ikan patin ternyata bermanfaat baik bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi, pasalnya ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol. Dari 100 gram ikan patin hanya 21-30 gram kolesterol.

3. Memperkuat otot
5 Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh, Konsumsi Yuk!

Manfaat lain dari ikan patin ialah memperkuat otot, membantu pembentukan otot dan mengencangkan otot. Pasalnya, ikan patin mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itupun dari kandungan protein tersebut menambah nutrisi untuk menjaga kekebalan tubuh.

4. Bermanfaat untuk kinerja otak
5 Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh, Konsumsi Yuk!

Ikan patin merupakan ikan air tawar yang cukup mengagumkan, hal tersebut karena ikan patin mengandung omega-3 dan omega-6 layaknya ikan salmon yang terbilang mahal. Salah satu manfaat dari omega-3 dan omega-6 pun ialah memperlancar kinerja otak, lho.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
5 Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Tubuh, Konsumsi Yuk!

Manfaat lainnya dari ikan patin ialah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nutrisi yang dibutuhkan tulang dan gigi ialah seperti kalsium dan fosfor, dan nutrisi tersebut pun bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi ikan patin, lho.

Kabar baiknya, tak hanya dagingnya saja yang mengandung kalsium dan fosfor. Pasalnya tulangnya pun mengandung nutrisi tersebut. Jadi kamu bisa mengolah ikan patin dengan cara di presto agar tulangnya lunak dan bisa dimakan.

Itulah manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan. Yuk cukupi kebutuhan nutrisi harian kamu dari ikan patin dan hal positif lainnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.