Berikut Deretan Dipping Sauce Terfavorite Khas Asia Tenggara

Berikut Deretan Dipping Sauce Terfavorite Khas Asia Tenggara

Berikut Deretan Dipping Sauce Terfavorite Khas Asia Tenggara – Saus cocol atau saus celup atau cocolan saja adalah sebuah penyedap rasa umum untuk beberapa jenis makanan. Saus cocol dipakai untuk menambahkan rasa atau tekstur pada sebuah makanan.

Seperti roti pita, dumpling, crackes, sayur potong mentah, buah, makanan laut potongan daging dan keju, kripik kentang, kripik tortikal, falafel dan terkadang roti isi dalam kasus au jus. Setiap negara biasanya mempunyai saus andalan yang bisa membuat suatu makanan menjadi lebih lezat.

Saus juga dapat menjadi bahan utama dalam suatu masakan. Negara-negara Asia Tenggara juga mempunyai banyak saus yang mempunyai cita rasa unik dan otentik. Saus ini mempunyai beragam rasa yang sebagian besar bahan pembuatannya mudah untuk didapatkan.

1. Mắm nêm
5 Dipping Sauce Terpopuler di Asia Tenggara, Favoritnya Para Turis! 

Mắm nêm merupakan saus celup tradisional Vietnam yang dibuat dengan ikan teri yang difermentasi. Saus ini mempunyai tingkat kepedasan yang jauh lebih pedas daripada saus ikan karena terbuat dari ikan utuh.

Saat dihidangkan di piring, mắm nêm umumnya dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, seperti gula, cabai, air jeruk nipis, nanas, dan bawang putih. Semua bahan tersebut dapat meningkatkan aroma dan rasa saus. Biasanya, mắm nêm paling sering jadi pendamping olahan daging sapi seperti bo nuong vi yang merupkan sapi panggang serai khas Vietnam.

2. Cincalok
5 Dipping Sauce Terpopuler di Asia Tenggara, Favoritnya Para Turis! 

Cincalok merupakan bumbu asal Malaysia yang dibuat dengan udang atau krill yang telah difermentasi. Kemudian juga menambahkan garam dan nasi agar semakin nikmat. Umumnya udang berukuran kecil dan dibiarkan utuh, agar bisa memperkaya rasa dalam saus.

Bumbu ini identik dengan baunya yang menyengat. Saus ini mempunyai kombinasi rasa asin dan asam. Cincalok umumnya dinikmati sebagai saus celup atau dapat dihidangkan sebagai pelengkap. Saus makin lezat saat dilengkapi dengan perasan air jeruk nipis, bawang merah, dan irisan cabai.

3. Jaew bong
5 Dipping Sauce Terpopuler di Asia Tenggara, Favoritnya Para Turis! 

Jaew bong merupakan saus yang berasal dari Laos. Saus ini menjadi favorit para penduduk lokal. Jaew bong merupakan variasi pedas dari saus tradisional jaew yang menyertai sebagian besar masakan Laos.

Dipping sause ini mempunyai rasa yang sangat manis, aromatik, dan pedas yang dapat disesuaikan untuk tingkatannya yang tergantung pada resep dan preferensi pribadi. Jaew bong ini biasanya dibuat sebagai cocolan untuk olahan daging, sayuran, bahkan saus burger.

4. Nam phrik phao
5 Dipping Sauce Terpopuler di Asia Tenggara, Favoritnya Para Turis! 

Nam phrik phao merupakan bumbu serbaguna asal Thailand dan menjadi bahan rahasia dalam beragam hidangan khas negara tersebut. Nam phrik phao terbuat dari campuran cabai panggang, udang kering, bawang putih, bawang merah, jahe, kecap ikan, terasi, terasi yang difermentasi, dan gula aren.

Nam phrik phao juga bisa digunakan sebagai saus atau olesan. Saus tersebut dapat digunakan di sejumlah masakan berbeda sebagai bahannya.

5. Nam pla wan
5 Dipping Sauce Terpopuler di Asia Tenggara, Favoritnya Para Turis! 

Nam pla wan merupakan saus tradisional yang berasal dari Thailand. Saus ini mempunyai kombinasi rasa manis dan gurih. Saus terbuat dari campuran kecap ikan, gula aren, terasi, bawang merah, irisan cabai rawit, dan udang kering. Semua bahan dimasak dengan api sedang sampai rendah hingga gula larut.

Setelah semua proses selesai, saus lalu dibiarkan dingin hingga suhu kamar. Saus selanjutnya siap dihidangkan secara tradisional dengan buah asam seperti mangga hijau, apel hijau, atau stroberi untuk dicelupkan.

Dipping sauce asal negara-negara di Asia Tenggara tadi sangat cocok dikombinasikam dengan beragam makanan. Hidangan pun jadi makin lezat dengan tambahan saus-saus di atas. Dipping sauce mana saja yang sudah pernah kalian coba?

Tak seperti saus lainnya, alih-alih menuangkan saus tersebut ke makanan, makanan tersebut biasanya diambil, dicocol atau dicelupkan dalam saus cocol (sesuai dengan namanya). Saus cocol umumnya dipakai saat makan memakai tangan, hidangan pembuka, dan jenis makanan lainnya.

Cocolan kental berbahan dasar krim asam, crème fraîche, susu, yogurt, mayones, keju lembut, atau kacang adalah ciri khas dari hidangan pembuka Amerika dan lebih kental ketimbang olesan roti yang dapat diencerkan untuk membuat saus cocol.