Berikut Beberapa Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Wajah

Berikut Beberapa Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Wajah

Berikut Beberapa Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Wajah – Ampas kopi bekas merupakan hasil dari penyeduhan kopi, dan merupakan produk akhir setelah persiapan kopi. Bubuk kopi bekas umumnya dianggap sebagai limbah, dan biasanya dibuang atau dijadikan kompos. Selain diolah menjadi olahan minuman yang nikmat, ternyata ampas dari kopi juga bisa dijadikan skincare alami karena memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Pada akhir abad ke-19, ampas kopi bekas digunakan untuk memalsukan kopi murni. Kopi sendiri memiliki kandungan antioksidan, termasuk fenol, yang berfungsi melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit.

Penggunaannya sendiri cukup beragam. Salah satunya, ampas kopi bisa diolah menjadi pasta atau scrub yang nantinya dioleskan ke kulit seperti ketika menggunakan masker wajah pada umumnya. Lalu, apa saja, sih sebenarnya manfaat ampas kopi ini bagi kesehatan wajah?

1. Membasmi jerawat
5 Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah, Bisa Jadi Skincare Alami!

Masalah jerawat pada wajah tentu saja menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai scrub untuk dioleskan ke area kulit wajah yang berjerawat sambil memijatnya dengan lembut. Hal ini diyakini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Kandungan antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat pada kopi sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

2. Bermanfaat sebagai anti-aging
5 Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah, Bisa Jadi Skincare Alami!

Ampas kopi juga bermanfaat sebagai antiaging yang akan mengurangi munculnya kemerahan, flek hitam akibat paparan sinar matahari, hingga kerutan halus di wajah. Kamu bisa mengoleskan ampas kopi secara rutin ke area kulit wajah untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selain itu, seperti yang diungkapkan oleh sebuah studi dari National Library of Medicine, kopi juga disebut berkaitan langsung dengan penurunan efek photoaging.

3. Mampu mengurangi dark circle
5 Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah, Bisa Jadi Skincare Alami!

Kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kandungan tersebut ternyata mampu membantu proses pelebaran pembuluh darah yang berkontribusi terhadap munculnya dark circle di area bawah mata.

Kamu bisa secara rutin mengoleskan pasta yang berisi campuran ampas kopi, minyak zaitun dan tetesan air secukupnya ke area bawah mata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

4. Perawatan kulit akibat paparan sinar matahari
5 Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah, Bisa Jadi Skincare Alami!

Ampas kopi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah yang kemerahan akibat paparan sinar matahari setelah banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Gunakan ampas kopi seduh yang sebelumnya sudah diperas dengan kain yang lembut, kemudian oleskan kain tersebut ke area kulit wajah secara rutin hingga kemerahan tampak semakin berkurang.

5. Mengurangi peradangan kulit
5 Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah, Bisa Jadi Skincare Alami!

Kopi memiliki kandungan chlorogenic acid (CGA) dan melanoidin yang berfungsi sebagai efek anti-inflamasi pada kulit. Selain itu, CGA juga berperan penting terhadap pengurangan hiperpigmentasi, yang tentu saja berhubungan dengan peradangan.

Menggunakan masker alami dari ampas kopi tentunya mampu menghasilkan kulit yang lebih lembut sekaligus warna kulit yang lebih cerah merata.

Itulah 5 manfaat ampas kopi untuk wajah yang bisa dijadikan skincare alami. Selain mudah didapatkan, cara penggunaannya sebagai masker alami juga tidak sulit, bukan? Semoga bermanfaat!