Berikut Adalah Makanan Sehat Untuk Menuntaskan Rasa Lapar

Berikut Adalah Makanan Sehat Untuk Menuntaskan Rasa Lapar

Berikut Adalah Makanan Sehat Untuk Menuntaskan Rasa Lapar – Kelaparan adalah suatu kondisi di mana tubuh masih membutuhkan makanan, biasanya saat perut telah kosong baik dengan sengaja maupun tidak sengaja untuk waktu yang cukup lama. Pernah atau hampir setiap hari merasa lapar usai salat tarawih? Jika iya, makanan apa yang kamu pilih untuk menuntaskan rasa lapar? Mengingat salat tarawih dilakukan pada malam hari, gak sembarang makanan bisa kamu nikmati.

Kelaparan adalah bentuk ekstrem dari nafsu makan normal. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kondisi kekurangan gizi yang dialami sekelompok orang dalam jumlah besar untuk jangka waktu yang relatif lama. Karena malam hari, waktunya kamu untuk segera berisitirahat atau tidur. Sebab itu, Dilansir dari Livechat Live22 berikut ini ada rekomendasi tujuh makanan sehat yang bisa menuntaskan rasa lapar setelah salat tarawih. Catat ya!

1. Telur orak-arik

Telur orak-arik adalah makanan yang terbuat dari telur (biasanya telur ayam) diaduk atau dikocok bersama dalam wajan atau penggorengan saat dipanaskan dengan lembut, biasanya ditambahkan garam, mentega, dan bahan lainnya yang bervariasi.

Telur ayam merupakan makanan kaya protein yang bikin perut cepat kenyang. Kamu bisa mengolahnya menjadi scrambled egg atau telur orak-arik.

Jangan menggunakan penyedap rasa! Kamu dapat meracik rasa telur orak-arik dengan menggunakan garam dan merica. Boleh juga menambahkan keju parut dan mayones supaya makin menggugah selera.

2. Sandwich pisang dan selai almond 

Wajib banget selama bulan Ramadan menyediakan buah-buahan segar untuk memenuhi nutrisi kita. Pisang adalah salah satu buah terbaik yang mesti disediakan di rumah. Kenapa? Karena buah ini mengandung serat yang ramah dengan sistem pencernaan selama berpuasa.

Setelah salat tarawih, kamu bisa menikmatinya langsung atau diolah lebih menarik menjadi sandwich pisang dengan selai almond. Tinggal memotongnya dengan ukuran kecil.

3. Brokoli saus keju 

Brokoli termasuk sayuran hijau yang kaya serat sehingga mudah dicerna. Sedangkan keberadaan keju, tak cuma menambah rasa pada brokoli saja. Keju dengan rendah kalori membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Kamu hanya perlu mengukus atau merebus brokoli. Setelahnya, kucuri saus keju di atasnya. Ketika membuat saus keju, kamu bisa menambahkan irisan bawang bombay, garam, atau lada bubuk supaya rasanya maksimal.

4. Ikan sarden panggang minyak zaitun 

Sarden adalah jenis ikan yang paling umum dikonsumsi manusia, merupakan ikan berminyak berukuran relatif kecil. Istilah sarden diambil dari nama pulau di Mediterania, yaitu pulau Sardinia di mana ikan sarden pernah terdapat dalam jumlah besar.

Tak sekadar mengenyangkan, ikan berlemak seperti sarden baik untuk meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan otak. Kamu dapat memanggangnya terlebih dahulu dengan mengoleskan minyak zaitun. Saat matang, sajikan ikan sarden dengan taburan garam atau lada. Mudah bukan?

5. Sup ayam sayur 

Sup ayam adalah sup yang terbuat dari ayam, yang dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya. Sup ayam klasik terdiri dari kaldu encer, yang dimasukkan potongan ayam atau sayuran; umumnya ditambahkan dengan pasta

Kaldu pada ayam bisa menambah daya tahan tubuh, lho! Sedangkan irisan sayuran seperti wortel, kentang, brokoli, kol, dan lainnya membantu usus mencerna makanan. Sebab itu, tak ada salahnya mengganjal perut dari rasa lapar dengan menyantap semangkuk sup ayam sayur, usai salat tarawih.

6. Oatmeal 

Oatmeal mengacu pada olahan oat yang telah dikeringkan, dikukus dan diratakan, atau tepung kasar yang terbuat dari butiran oat yang telah dikuliti atau dipotong baja.

Selain bikin perut jadi cepat kenyang, semangkuk oatmeal membantu melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang diperlukan oleh tubuh. Bila hendak mencampurkan oatmeal dengan susu, pastikan yang bebas lemak. Untuk topping oatmeal maksimalkan dengan isi seperti kacang atau biji-bijian, dan buah-buahan.

7. Tuna dan krakers 

Tuna termasuk bagian dari fatty fish atau ikan berlemak. Makanan sehat ini mampu memenuhi nutrismu selama menjalankan ibadah puasa sehingga layak juga dijadikan makan malam usai salat tarawih.

Kamu bisa mengolah tuna menjadi semacam saus yang dikombinasikan dengan mayones, parutan keju, merica, dan bawah putih (dicincang). Barulah mengoleskannya pada selembar kraker.

Meski lapar, jangan sembarang mengonsumsi makanan usai salat tarawih ya. Bila makanan yang kamu konsumsi jauh dari kata sehat, bisa-bisa malah bikin berat badan bertambah hingga obesitas.