Beragam Olahan Sup Jamur Lezat yang Bisa Menghangatkan Tubuh

Beragam Olahan Sup Jamur Lezat yang Bisa Menghangatkan Tubuh

Beragam Olahan Sup Jamur Lezat yang Bisa Menghangatkan Tubuh – Jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa.

Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium. Jamur sering kali diolah menjadi sajian berkuah dan cocok untuk disantap ketika musim hujan atau dingin tengah melanda.

Sifat sup yang mampu menghangatkan badan ini terus menjadi favorit bagi berbagai kalangan. Seolah tak habis ide, sup jamur pun memiliki bermacam-macam jenis dan proses pengolahan.

1. Creamy mushroom soup
5 Ragam Olahan Sup Jamur untuk Hidangan di Musim Hujan

Salah satu olahan yang paling disukai oleh berbagai kalangan datang dari jenis sup kental yang hampir mirip dengan olahan bubur. Hal tersebut lantaran makanan ini kerap dihaluskan agar lebih lunak.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan makanan pun adalah jamur yang telah ditumis bersama mentega. Tambahkan susu, krim, perasa, dan rempah-rempah. Haluskan dalam food processor, lalu masak kembali beberapa saat.

2. Ginger and mushroom soup
5 Ragam Olahan Sup Jamur untuk Hidangan di Musim Hujan

Pilihan aneka macam sup yang pas untuk dikreasikan sebagai teman dalam cuaca dingin selanjutnya adalah ginger and mushroom soup. Kuah dalam hidangan ini cenderung lebih ringan dan segar.

Bila tertarik membuat makanan tersebut, kamu bisa menggunakan aneka jamur kesukaan yang dimasak bersama kaldu. Tambahkan pula dengan jahe dan aneka bawang-bawangan yang telah ditumis beberapa saat.

3. French onion mushroom soup
5 Ragam Olahan Sup Jamur untuk Hidangan di Musim Hujan

French onion soup adalah salah satu hidangan nikmat berbahan dasar bawang bombai yang perlu dimasak cukup lama hingga aroma dan rasanya jadi lebih tajam. Bawang tersebut kemudian dicampur ke dalam kuah daging.

Namun kali ini, kamu bisa mengganti keberadaan daging sapi menggunakan jamur. Masak beberapa saat. Kemudian panggang selembar roti untuk disajikan di atas french onion soup, lengkap dengan taburan keju.

4. Mushroom bourguignon
5 Ragam Olahan Sup Jamur untuk Hidangan di Musim Hujan

Bourguignon kerap dijadikan salah satu masakan berbasis sup yang nikmat untuk makan malam. Umumnya, bourguignon diolah menggunakan daging sapi dan dimasak dalam wine. Namun, kamu bisa menggantinya dengan jus anggur biasa.

Khusus dalam kreasi mushroom bourguignon ini, terdapat bahan-bahan yang perlu kamu siapakan. Beberapa bahan tersebut adalah jamur, bawang-bawangan, aneka sayur kesukaan, tomat puree, bumbu perasa, dan sedikit tepung untuk mengentalkan kuah.

5. Chicken and mushroom soup
5 Ragam Olahan Sup Jamur untuk Hidangan di Musim Hujan

Kreasi sup hangat selanjutnya yang bisa diolah di rumah adalah perpaduan antara daging ayam dan jamur yang menggugah selera. Hidangan ini bisa dibuat dengan versi kuah kental ataupun tidak.

Bila kamu ingin mengonsumsi sup yang lebih ringan, maka dua bahan tersebut bisa dimasak menggunakan kaldu, soy sauce, bawang-bawangan, dan bumbu perasa agar lebih praktis yang tidak kalah enak.

Saat sudah memasuki musim hujan, mempersiapkan aneka daftar menu sup bisa jadi pilihan untuk menghangatkan tubuh. Kelima kreasi di atas dapat dijadikan inspirasi, buat kamu yang tertarik menyantap jamur dengan kuah.

Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi simbionnya. Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada mikoriza, yaitu jamur yang hidup di akar tanaman kacang-kacangan atau pada liken.

Jamur berhabitat pada bermacam-macam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes.

Beberapa Jamur dibedakan menjadi 4 divisio, yaitu Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota. Beberapa jamur dari genus Psilocybe terkenal dapat menyebabkan halusinasi dan sekarang dilarang di Indonesia.