Beragam Masakan Simple yang Pas Dipadukan Dengan Saus Hoisin

Beragam Masakan Simple yang Pas Dipadukan Dengan Saus Hoisin

Beragam Masakan Simple yang Pas Dipadukan Dengan Saus Hoisin – Saus hoisin atau saus haixian adalah saus perendam untuk daging panggang dalam masakan Cina. Saus ini berwarna coklat tua dan rasanya manis agak sedikit pedas.

Kata “hoisin” berasal dari pengucapan aksara Tionghoa 海鮮 dalam bahasa Kanton. Bila kamu merupakan penggemar chinese food, nama hoisin semestinya bukan sesuatu yang asing lagi.

Sebab, saus berwarna gelap ini kerap kali digunakan sebagai bumbu tambahan untuk aneka masakan menarik. Rasanya cenderung sedikit manis dan menyegarkan, sebab ada kandungan cuka di dalamnya.

1. Hoisin salmon
5 Santapan Sehari-hari dengan Hoisin, Makin Lezat Tak Tergantikan!

Santapan yang satu ini terbilang disusun menggunakan bahan sederhana, namun menghasilkan rasa luar biasa. Yakni dengan melibatkan penggunaan daging ikan salmon sebagai bahan utamanya.

Gunakan ikan yang telah di-fillet, kemudian balurkan daging ikan memakai saus hoisin. Masak dengan cara dipanggang, setelah itu sajikan bersama biji wijen agar rasa dan aromanya semakin nikmat.

2. Hoisin tempe
5 Santapan Sehari-hari dengan Hoisin, Makin Lezat Tak Tergantikan!

Bahan baku ekonomis favorit masyarakat Indonesia, tempe, menjadi komponen selanjutnya yang sangat pas dimasak menggunakan bumbu hoisin. Rasanya pun akan menjadi tambah berwarna agar makin disukai.

Gunakan campuran antara soy sauce, hoisin sauce, serta bumbu perasa untuk diaduk dalam satu wadah yang sama. Kemudian jadikan adonan ini sebagai bahan marinasi atas tempe yang sudah dipotong-potong.

3. Tumis ayam hoisin
5 Santapan Sehari-hari dengan Hoisin, Makin Lezat Tak Tergantikan!

Menumis daging ayam menjadi salah satu lauk makan sehari-hari adalah upaya terbaik untuk mengolah bahan populer tersebut. Bahkan, hidangan sangat cocok untuk dijadikan sajian pendamping saat makan malam.

Sebagai bahan penambah rasa dan aroma, pakai pula irisan bawang-bawangan, paprika, serta kacang polong untuk menemani ayam. Kemudian tambahkan sedikit air, saus hoisin, dan bumbu perasa demi menghasilkan keseimbangan rasa.

4. Hoisin burger
5 Santapan Sehari-hari dengan Hoisin, Makin Lezat Tak Tergantikan!

Siapa nih yang senang mengonsumsi burger? Makanan cepat saji dengan bun dan ragam isian tersebut mampu membuat kamu merasa kenyang, saat harus makan siang atau malam dengan waktu terbatas.

Meski begitu, berbagai olahan burger cukup eksis di dunia kuliner. Salah satunya dengan menghadirkan hoisin sauce untuk dimasak bersama patty, lalu disusun memakai bahan lain, seperti sayur, hingga keju.

5. Bakso hoisin
5 Santapan Sehari-hari dengan Hoisin, Makin Lezat Tak Tergantikan!

Bakso nggak melulu bisa disantap dengan kuah bening, melainkan ada pula beberapa versi yang menjadikan saus tertentu sebagai menu pendamping atas bola-bola daging tersebut. Sehingga rasanya jadi lebih unik. Salah satu sajian terbaik dalam mengolah bakso ini adalah dengan memasaknya di antara campuran saus hoisin, jahe, bawang putih, minyak wijen, dan cuka.

Setelah itu, kamu bisa memasukan daun bawang supaya tambah enak. Kan, saus hoisin bisa dijadikan campuran atas berbagai masakan. Santapan pun akan bertambah lebih nikmat dan kaya rasa, apalagi jika disajikan sebagai santapan sehari-hari, untuk kamu serta keluarga.

Saus hoisin juga dipakai sebagai saus penyedap sewaktu membuat masakan tumis atau sewaktu makan bebek panggang, babi panggang, atau ayam panggang. Walaupun ditulis dalam aksara Tionghoa yang berarti “makanan laut”, saus hoisin umumnya tidak mengandung makanan laut. Oleh karena itu, saus hoisin sering dipakai dalam berbagai masakan vegetarian.

Bahan baku saus hoisin adalah kedelai hasil fermentasi, beras merah, dan bumbu-bumbu seperti garam dapur, gula, bawang putih, bubuk ngo hiang, cuka, biji pekak, dan cabai. Masakan Cina yang memakai saus hoisin, misalnya bebek Peking, lumpia, babi mu xu, popiah, dan char siu. Ayam panggang untuk phở dalam masakan Vietnam dioles dengan saus hoisi