Beragam Makanan Jepang Dengan Kombinasi Stroberi yang Segar

Beragam Makanan Jepang Dengan Kombinasi Stroberi yang Segar

Beragam Makanan Jepang Dengan Kombinasi Stroberi yang Segar – Stroberi  atau tepatnya stroberi kebun adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria (stroberi), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae.

Secara umum buah ini bukanlah buah, melainkan buah semu, artinya daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tetapi dari bagian bawah hypanthium yang berbentuk mangkuk tempat ovari tanaman itu berada Stroberi adalah buah kaya manfaat yang memiliki perpaduan rasa manis dan segar.

Maka nggak heran kalau ada banyak olahan yang bisa dibuat menggunakan hasil tanam berwarna merah menyala ini. Beberapa di antaranya bahkan bisa dikombinasikan bersama aneka hidangan menarik dari Jepang. Bahkan cocok buat menemani kamu sebagai penunjang acara tertentu atau sekadar dijadikan camilan.

1. Ichigo daifuku
5 Kombinasi Makanan Jepang dengan Stroberi, Enaknya Kelewatan!

Ichigo daifuku adalah sebutan untuk mochi dengan isian stroberi utuh. Makanan ini jadi unik karena ketika dipotong menjadi dua bagian, kamu bisa menemukan lapisan cantik nan memanjakan mata.

Ada sekitar tiga adonan utama yang diperlukan dalam pembuatan makanan tersebut. Yang pertama adalah stroberi utuh, kedua ialah pasta kacang merah, serta yang terakhir adonan mochi yang terbuat dari tepung shiratamako, air, dan gula.

2. Icigho sando
5 Kombinasi Makanan Jepang dengan Stroberi, Enaknya Kelewatan!

Ichigo sando merupakan roti lapis isi buah yang menjadi sorotan di berbagai negara sekitar Jepang, termasuk di dalam negeri. Hal tersebut lantaran bentuk sandwich yang menarik perhatian, dan juga bikin ngiler!

Di antara variasi fruit sando yang menggunung, menggunakan stroberi pun bisa dijadikan alternatif. Bahan pendukung dalam sajian ini terdiri dari roti tawar khas Jepang, whipped cream, serta stroberi yang nantinya diletakkan di tengah makanan.

3. Japanese strawberry cake
5 Kombinasi Makanan Jepang dengan Stroberi, Enaknya Kelewatan!

Japanese strawberry cake menjadi salah satu ide dalam pembuatan kue buah yang begitu lembut dan ringan di mulut. Sesuatu yang membuatnya berbeda dari kue lain adalah penggunaan sponge cake Jepang yang bikin ketagihan.

Proses pembuatannya dilakukan dengan mencampurkan cake flour, susu, telur, gula, dan mentega. Setelah matang, balurkan permukaan kue dengan sirup gula, whipped cream, lalu stroberi. Tutup dengan potongan kue lain, dan sajikan.

4. Strawberry japanese cake roll
5 Kombinasi Makanan Jepang dengan Stroberi, Enaknya Kelewatan!

Masih dalam pengolahan kue, kombinasi antara stroberi dan makanan asal negeri sakura berikutnya dibalut pada kreasi strawberry japanese cake roll. Sebagaimana diketahui, dalam kreasi cake negara tersebut, bahannya identik terhadap penggunaan krim.

Begitu pun dengan kue ini, whipped cream dapat dipadukan bersama buah stroberi segar. Sedangkan adonan bolunya sangat ringan dan lembut di mulut akibat penggunaan cake flour, krim tartar, susu, soda kue, kuning telur, serta adonan meringue dari putih telur.

5. Strawberry japanese cotton cheesecake
5 Kombinasi Makanan Jepang dengan Stroberi, Enaknya Kelewatan!

Japanese cotton cheesecake menjadi suatu makanan yang pernah bikin gempar karena teksturnya terbilang unik. Makanan ini cenderung lembut, jiggly, dan memiliki perpaduan rasa yang bisa bikin ketagihan.

Namun begitu, japanese cotton cheesecake pun memiliki ragam kreasi, salah satunya dipadukan bersama stroberi. Selain itu bahan lain yang perlu dipersiapkan adalah krim keju, mentega, kuning telur, krim, tepung, maizena, serta adonan meringue.

Perpaduan antara stroberi dan aneka makanan dari Jepang bikin kudapan tambah enak. Semburat sensasi rasa manis yang terdapat didalamnya bisa dijadikan ide untuk pengolahan hidangan terasa maksimal.

Buah stroberi berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau “straw” dan berige atau “berry”.

Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera  mengambil sumber makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tanaman stroberi.