Beragam Kuliner Lezat Khas Dubai yang Juga Mengenyangkan

Beragam Kuliner Lezat Khas Dubai yang Juga Mengenyangkan

Beragam Kuliner Lezat Khas Dubai yang Juga Mengenyangkan – Makanan khas Dubai tidak ada hubungannya dengan penganan hummus dari Lebanon dan kebab dari Turki. Tetapi, betapapun nikmatnya berbagai citarasa itu, sayangnya ada satu kuliner yang kurang terwakili dalam keanekaragaman makanan di kota itu: makanan khas Uni Emirat Arab (UEA) sendiri.

Jika mendengar kata Dubai, pasti yang terpikirkan adalah Burj Khalifa dan Burj Al Arab. Dua bangunan populer tersebut menjadi ciri khas negara ini. Selain itu, ada pula Dubai Mall, Dubai Miracle Garden, Jumeirah, dan Aquaventure Waterpark yang dapat kamu kunjungi.

Menjelajahi aneka objek wisata di Dubai belum lengkap bila tak mencicipi makanan khasnya. Ada yang berbentuk bulat bak tahu bulat, menyerupai panekuk, berbentuk seperti pizza, dan lain-lain.

1. Manousheh
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Pizza khas Dubai, nih! Manousheh terbuat dari roti pipih berbentuk lingkaran dengan berbagai topping di atasnya. Minyak zaitun, keju akkawidan rempah-rempah zaatar khas Timur Tengah sering menjadi topping pilihan.

Warga lokal kerap menyantapnya dengan selai manis dan daging domba cincang. Rasanya dijamin kaya rempah khas Timur Tengah, deh! Manousheh dapat kamu temukan di sebagian besar toko roti kota ini.

2. Luqaimat
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Bukan tahu bulat yang digoreng dadakan, makanan bulat yang dimasak bersama dalam wajan besar tersebut ialah luqaimat khas Dubai. Dengan tekstur mirip donat, hidangan satu ini cocok banget dijadikan camilan. Secara tradisional, luqaimat ditaburi wijen dan dilumuri saus lengket nan manis.

Namun, bola-bola donat ini kini hadir dengan aneka topping, lho! Ada yang dilumuri saus cokelat dan karamel, diisi dengan madu di dalamnya, hingga ditaburi kelapa dan kacang pistachio

3. Shawarma
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Cukup populer di negara kita, shawarma ternyata berasal dari Dubai. Sering disebut sandwich Timur Tengah, makanan ini terbuat dari roti khas Arab. Shawarma biasanya diisi dengan sayuran, kentang, acar, bawang putih, dan daging ayam atau domba.

Salah satu daya tarik shawarma ialah digunakannya kerucut besar dan panas untuk memasak daging isiannya. Daging yang melapisi kerucut pun diiris tipis dengan pisau besar dan akan jatuh perlahan. Kamu dapat melihat proses pembuatannya secara langsung jika berlibur ke Dubai, nih!

4. Mehalabiya
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Mehalabiya merupakan salah satu hidangan pencuci mulut favorit di Dubai. Dessert ini terbuat dari puding berbahan dasar susu, gula, dan tepung beras atau tepung jagung. Mehalabiya hadir dalam aneka rasa seperti air mawar, jeruk, kapulaga, hingga vanilla.

Bagian atasnya pun ditaburi kacang pistachio untuk memberi sensasi gurih. Lembut dan gurih yang menyatu di mulut dijamin bikin ketagihan!

5. Al machboos
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Berlibur ke negara Timur Tengah belum cukup bila tak mencicipi nasi basmati. Nasi dengan warna kuningnya yang khas ini merupakan highlight dari al machboos. Hidangan ini mirip dengan nasi biryani ala India.

Al machboos dilengkapi dengan ayam panggang dan taburan kacang di atasnya. Dalam proses memasaknya, al machboos direndam dalam kaldu dari kunyit, cengkeh, kapulaga, dan rempah-rempah lainnya.

6. Al harees
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Bertekstur mirip bubur, al harees adalah salah satu hidangan khas Dubai terpopuler. Gandum, daging, dan sedikit garam menjadi bahan utama makanan ini. Walaupun bahan-bahannya sederhana, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membuatnya, lho!

Al harees dimasak sampai benar-benar matang dan dagingnya larut di dalam gandum. Lalu, bubur dituang dalam pot tanah liat di atas batu bara yang dibakar. Jika sudah kental dan matang, makanan ini diaduk dengan sendok kayu. Al harees kerap disajikan saat bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri.

7. Knafeh
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Sering disantap saat buka puasa di bulan Ramadan, knafeh terbuat dari keju asam dalam adonan tipis. Keduanya dipanggang bersamaan sebelum direndam dalam sirup gula. Kacang pistachio pun ditaburi di atasnya agar makin lezat.

Di bawah kerak gula yang renyah, bagian dalam knafeh bertekstur lengket nan creamy dari keju. Bukan sembarang keju, keju asam yang digunakan dalam knafeh memiliki tekstur lengket yang berbeda dari keju lainnya, nih!

8. Chebab
Lezat nan Beragam, 8 Makanan Khas Dubai yang Menggoyang Lidah

Bukan panekuk biasa, chebab khas Dubai dicampur dengan keju asam dalam proses pembuatannya. Kapulaga dan kunyit turut menjadi bumbu makanan ini. Rasa asam, manis, dan kaya rempah dalam tiap gigitan menjadi ciri khas chebabKamu dapat menyantap chebab dengan mentega, madu, sirup kurma, atau selai. Hidangan ini mudah dibuat sendiri dan cocok banget menjadi menu sarapan.

Tertarik untuk mencicipi panekuk khas Timur Tengah? Wah, rasanya ingin segera mencicipi 8 makanan khas Dubai di atas, ya! Cocok banget disantap setelah lelah berkeliling kota Dubai yang indah. Makanan mana yang paling ingin kamu coba, nih?

Para turis dan pekerja asing tidak pernah menunjukkan ketertarikan mereka terhadap kuliner, sementara adat warga Emirat adalah menikmati makanan tradisional di rumah. Tetapi sekarang, berkat gelombang baru wisatawan yang mendambakan hal-hal yang berbau tradisi, tumbuh minat terhadap hidangan asli Dubai. Sebagai hasilnya, makanan khas Emirat secara perlahan keluar dari dapur-dapur pribadi dan memasuki wilayah kuliner umum.

Arva Ahmed, yang orang tuanya dari India, yang memimpin tur dari restoran ke restoran di seputar kota lama Dubai, dengan saudara perempuannya Farida, mengakui adanya peningkatan minat atas makanan lokal di Dubai. Kenyataan ini membuat kekhawatirannya terhadap masa depan makanan lokal Dubai menjadi “tidak beralasan”.