Beragam Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Jadi Menarik

Beragam Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Jadi Menarik

Beragam Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Jadi Menarik – Rapini atau brokoli rabe adalah sayuran silangan hijau, dengan daun, kuncup, dan batang yang semuanya bisa dimakan; pucuknya agak menyerupai brokoli, tetapi tidak membentuk kepala yang besar.

Rapini dikenal karena rasanya yang sedikit pahit, dan terutama dikaitkan dengan masakan Mediterania. Rapini atau dikenal juga sebagai broccoli  rebe merupakan salah satu tanaman hijau yang kerap digunakan sebagai bahan masak. Mirip dengan sayuran sejenis, rapini pun tidak pernah bosan untuk dikreasikan sesuka hati.

Rasa dari rapini cenderung lebih pahit, oleh sebab itu meskipun namanya sama seperti sayuran brokoli, namun kecenderungan rasanya justru menghasilkan sensasi santapan menjadi lebih unik. Terdapat sekitar sajian yang dapat diolah menggunakan rapini sebagai inspirasi hidangan sehari-hari.

1. Sosis rapini
5 Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Lebih Unik

Kreasi rapini yang pertama ini menjadi idola para pencinta sajian praktis di rumah. Sebab, bahan baku pembuatannya hanya terdiri dari beberapa komponen. Dan supaya isian tidak terlalu sepi, gunakan pula potongan sosis sebagai tambahan.

Sebelumnya, kamu bisa menumis irisan bawang putih untuk menciptakan aroma dan rasa yang lebih umami. Masukkan rapini yang sudah direbus terpisah, berikut dengan potongan sosis, dan bumbu perasa untuk menyempurnakan masakan.

2. Rapini bawang putih
5 Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Lebih Unik

Selayaknya aneka sayuran hijau yang umum kita jumpai, rapini atau broccoli rebe ini pun menjadi salah satu bahan yang tetap memiliki sensasi rasa maksimal apabila dimasak hanya dengan bawang putih.

Proses pemasakan bisa dilakukan dengan menumis bawang di atas sedikit minyak. Kemudian rebus rapini secara terpisah selama beberapa menit hingga layu, tiriskan sayur, lalu masukkan ke dalam adonan bawang dan bumbui sesuai selera.

3. Gnocchi rapini
5 Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Lebih Unik

Gnocchi merupakan salah satu olahan pasta berbentuk menarik yang akrab bila disantap bersama aneka sayuran. Bahkan salah satunya dapat dimasak menggunakan broccoli rebe yang memiliki cita rasa unik.

Sama seperti pengolahan pasta lainnya, gnocchi perlu direbus terlebih dahulu supaya lebih lunak. Kemudian di wajan terpisah, masak mentega bersama bawang-bawangan, tambahkan rapini, gnocchi, dan parmesan untuk sajian lebih nendang.

4. Jamur rapini
5 Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Lebih Unik

Hidangan broccoli rebe berikutnya akan terasa lebih nikmat lantaran bahan yang digunakan mengandung jamur. Membuat santapan menjadi lebih gurih!

Hampir sama dengan pengolahan rapini lainnya, kamu harus merebus sayuran ini terlebih dahulu. Kemudian siapkan bawang-bawangan untuk ditumis, lengkap dengan irisan jamur kesukaan, seperti portobello atau jamur kancing.

5. Rapini soba
5 Kreasi Sayur Rapini yang Bikin Santapan Lebih Unik

Soba adalah salah satu varian mi asal Negeri Sakura berwarna gelap. Santapan ini dapat dikreasikan dengan bermacam-macam cara, tidak harus disajikan secara mainstream seperti menggunakan kuah.

Salah satu cara terbaik dalam menyajikan soba bisa dilakukan dengan mencampurkan rapini. Tentunya baik soba atau sayuran hijau tersebut, sama-sama perlu direbus sebelum ditumis dengan bawang-bawangan dan bumbu perasa.

Rapini alias broccoli rebe menjadi salah satu varian sayur yang dapat dikreasikan dengan cara-cara memasak seru. Bahkan, kamu dapat menjadikan sajian ini sebagai alternatif dalam memilih menu makan siang atau malam.

Daun muda dari tanaman ini yang digunakan untuk memasak sama atau setara dengan lobak atau lobak hijau di Eropa Selatan .Rapini memiliki banyak daun berduri yang mengelilingi kelompok tunas hijau yang menyerupai kepala kecil brokoli . 

Bunga kuning kecil yang dapat dimakan mungkin bermekaran di antara kuncup. Rapini merupakan sumber vitamin A , C , dan K , serta kalium , kalsium , dan zat besi