Beragam Jenis Pizza Khas Italia yang Mampu Menggoyang Lidah

Beragam Jenis Pizza Khas Italia yang Mampu Menggoyang Lidah

Beragam Jenis Pizza Khas Italia yang Mampu Menggoyang Lidah – Piza adalah hidangan gurih dari Italia sejenis adonan bundar dan pipih, yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih.

Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau “keju pizza”, bisa juga keju parmesan dan beberapa keju lainnya. Piza adalah salah satu makanan terkenal di dunia yang berasal dari Italia. Banyak orang yang menjadikannya menu favorit.

Di Roma, terdapat beberapa varian piza yang tak boleh dilewatkan saat berada di sana. Piza tersebut mempunyai berbagai ukuran dengan rasa yang mampu menggoyang lidah. Apa saja jenis pizanya yang terkenal lezat ini?

1. Pizza al taglio
5 Ragam Piza Khas Roma-Italia yang Rasanya Nikmat Banget!

Pizza al taglio menjadi salah satu street food yang paling difavoritkan baik di Roma maupun di sebagian besar Italia. Ketika proses pembuatan piza ini, penting untuk membiarkan adonan mengembang dan berfermentasi lebih lama. Adonan umumnya dipanggang terlebih dahulu, lalu diberi topping.

Selanjutnya dipanggang sekali lagi. Hal tersebut menghasilkan piza yang dimasak secara merata yang ringan, lapang, dan mudah dicerna.

2. Pinsa romana
5 Ragam Piza Khas Roma-Italia yang Rasanya Nikmat Banget!

Italia mempunyai hidangan kuno yang bernama pinsa romana. Piza ini menjadikan tepung pinsa romana, campuran tepung terigu tipe 0, tepung kedelai, tepung beras, dan adonan mater kering sebagai bahan utamanya.Piza ini umumnya berbentuk oval atau bisa juga persegi panjang.

Adonan piza memiliki kandungan lebih sedikit lemak dan karbohidrat daripada piza biasa. Adonannya pun selalu disiapkan dengan air dingin. Piza ini dapat mempunyai beragan topping, seperti jagung manis, bacon, tomat, bahkan terong.

3. Pizza alla pala
5 Ragam Piza Khas Roma-Italia yang Rasanya Nikmat Banget!

Pizza alla pala merupakan roti pipih yang umumnya mempunyai bentuk oval panjang yang terbuat dari adonan yang dapat mengembang. Adonan lalu mengalami proses pemangganga di dalam oven listrik yang dipindahkan ke papan kayu yang disebut pala. Selanjutnya di atasnya diberi berbagai bahan segar.

Piza ini identik dengan keraknya yang tebal dan interior yang lembut dan halus. Sementara itu, toppingnya bisa menggunakan apa saja, mulai dari prosciutto dan tomat ceri hingga keju, zaitun, dan salami pedas.

4. Pizza bianca
5 Ragam Piza Khas Roma-Italia yang Rasanya Nikmat Banget!

Pizza bianca atau dapat pula disebut white pizza merupakan variasi piza yang menghilangkan saus tomat dari proses pembuatannya. Saus biasanya diganti dengan krim asam. Namun di Roma, piza ini disiapkan tanpa saus apa pun. Lalu diberi garam, minyak zaitun, atau rosemary cincang di atasnya.

Terdapat banyak versi dari piza ini dan terdapat pula topping bervariasi, namun peraturan penting dari semuanya adalah tidak boleh ada saus merah apa pun dalam adonan.

5. Pizza e fichi
5 Ragam Piza Khas Roma-Italia yang Rasanya Nikmat Banget!

Pizza e fichi biasanya mempunyai topping yang berupa mozzarella, bawang putih, garam, minyak zaitun, dan terkadang daun rosemary. Piza ini umumnya diberi tambahan buah ara yang dipotong-potong di atasnya. Hal ini tentu membuatnya unik karena berbeda dengan piza pada umumnya.

Umumnya buah ara terbaik tersedia pada bulan September, atau terkadang pada akhir bulan Agustus, membuat piza jenis ini menjadi variasi piza yang sangat bergantung pada musim.

Rotinya biasa dibuat seperti roti biasa namun bisa diberi rasa tambahan dengan mentega, bawang putih, tanaman herbal, atau wijen. Pizza biasanya dibuat dengan memutar-mutarkan adonan roti yang menjadi pipih.

Hal tersebut juga sering dijadikan atraksi bagi beberapa toko Pizzeria. Pizza biasanya dimakan selagi panas (biasanya untuk makan siang dan malam), tetapi ada pula yang disajikan dingin, biasanya dimakan untuk sarapan atau saat piknik.