Beragam Ide Kreasi Healthy Plate Ala Kuliner Nusantara

Beragam Ide Kreasi Healthy Plate Ala Kuliner Nusantara

Beragam Ide Kreasi Healthy Plate Ala Kuliner Nusantara – Diet sehat adalah  diet yang membantu menjaga atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Diet sehat menyediakan gizi yang penting bagi tubuh, yaitu cairan, makronutrien, mikronutrien, dan energi makanan yang cukup.

Diet sehat dapat mengandung buah-buahan, sayur-sayuran, serta biji-bijian, dan mungkin hanya mengandung sedikit (atau bahkan tidak sama sekali) makanan olahan atau minuman manis. Kita bertanggung jawab dengan apa pun yang kita konsumsi.

Karena itu, mencoba metode makanan sehat tak jadi masalah selama memang takarannya diperlukan oleh tubuh. Seperti metode piring sehat atau healthy plate yang mulai diterapkan oleh masyarakat dari berbagai negara.

5 Ide Healthy Plate ala Kuliner Lokal Sebagai Menu Makanan Sehari-hari

Apa itu healthy plate? Dikutip dari laman Healthhub, healthy plate adalah metode mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat. Yang dapat membantu kita mengelola berat badan dengan baik dan menangkal penyakit kronis.

Healthy plate memiliki jumlah persentase dalam penyajiannya. Dalam satu piring, sayuran mendominasi untuk dimakan dengan persentase 1/2. Sisanya, 1/4 berisi makanan unsur protein dan 1/4 untuk makanan berkarbohidrat komplek.

Bagi kita yang lidah lokal, rasanya ada yang kurang jika lidah merasakan makanan healthy plate ala Barat seperti sayuran mentah, steak, pasta, dan lainnya.

1. Gado-gado, ayam goreng, dan lontong
5 Ide Healthy Plate ala Kuliner Lokal Sebagai Menu Makanan Sehari-hari

Gado-gado adalah salad khas Nusantara yang lezatnya tiada dua. Beragam sayuran di dalamnya, serta tambahan bumbu kacang dapat membantu untuk menurunkan berat badan serta baik bagi sistem pencernaan.

Lengkapi ide healthy plate, ini dengan keberadaan lontong yang menjadi sumber karbohidrat serta ayam goreng. Alangkah baiknya jika ayam dimasak dengan minyak zaitun. Atau, usahakan mengolah ayam dengan digoreng benar-benar kering alias less oil.

2. Plecing kangkung, empal gepuk, dan bakwan jagung
5 Ide Healthy Plate ala Kuliner Lokal Sebagai Menu Makanan Sehari-hari

Indonesia punya beragam penyajian plecing kangkung yang berbeda-beda. Ada yang sebatas kangkung rebus dan sambal, ada pula yang ditambahkan dengan kacang goreng dan taoge.

Kenapa bakwan jagung? Karena bakwan termasuk olahan makanan padat terbuat dari tepung. Ingat? Tepung termasuk starch food.

Untuk sumber proteinnya, empal gepuk bisa jadi pilihan pas. Berbahan dari daging sapi, pengolahan empal gepuk sendiri dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu sebelum digoreng. Sehingga minimalisir keberadaan lemak.

3. Pecel, telur asin, dan perkedel kentang
5 Ide Healthy Plate ala Kuliner Lokal Sebagai Menu Makanan Sehari-hari

Tidak hanya enak! Ketika pecel bertemu dengan telur asin, rasanya bikin semangat menyantap bahkan ketagihan untuk nambah berulang kali. Gak percaya? Cobain deh!

Masih bersaudara dengan gado-gado, pecel merupakan makanan berbahan dasar sayuran dan juga memiliki bumbu kacang. Sedangkan telur asin, merupakan sumber protein yang dapat dipilih untuk menggantikan daging.

Biasa dijodohkan dengan nasi putih, gendar, atau lontong, pecel juga cocok dengan perkedel kentang yang termasuk makanan berkarbohidrat kaya vitamin C, vitamin B6, folat, potasium, mangan. Yang mana cocok sekali jadi menu diet.

4. Urap, sate pusut, dan ketupat
5 Ide Healthy Plate ala Kuliner Lokal Sebagai Menu Makanan Sehari-hari

Sate pusut adalah sate lilit khas Lombok yang dapat dibuat dengan menggunakan berbagai daging cincang. Bisa ayam, sapi, kambing, atau ikan. Sate pusut bisa dijadikan menu healthy plate karena sumber protein.

Sedangkan urap adalah makanan berbahan sayuran yang memiliki pelengkap rasa berupa kelapa parut berbumbu. Cocok dijadikan sebagai pendamping sate pusut yang bisa disantap tanpa saus.

Nah, untuk sumber karbohidratnya dapat dilengkapi dengan ketupat yang merupakan makanan berbahan utama nasi.

5. Anyang pakis, bilenthango, dan nasi putih
5 Ide Healthy Plate ala Kuliner Lokal Sebagai Menu Makanan Sehari-hari

Menggunakan daun pakis sebagai bahan utamanya. Anyang pakis khas Medan juga bisa jadi pilihan menu healthy plate yang dikolaborasikan dengan enaknya bilenthango.

Bilenthango adalah olahan ikan yang populer di Gorontalo yang dapat dijadikan sebagai menu makanan sumber protein. Dijamin, gak akan menyesal mencoba menu sehat ini! Apalagi bila dipasangkan dengan nasi putih.

Diet sehat dapat dipenuhi oleh berbagai makanan yang berasal dari sumber nabati dan hewani, meskipun vitamin B12 non-tumbuhan diperlukan bagi mereka yang mengikuti pola makan vegan.

Berbagai panduan nutrisi diterbitkan oleh institusi medis dan pemerintah untuk memberi pemahaman bagi masyarakat tentang pangan apa saja yang harus mereka makan agar tetap sehat. Label nutrisi diwajibkan di banyak negara agar konsumen dapat memilih makanan berdasarkan komponen-komponen yang relevan dengan kesehatan mereka.

Nah, itu tadi lima ide healthy plate ala kuliner lokal yang sudah gak asing lagi dengan lidah. Ingat! Lengkapi juga dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan buah segar. Biar kebutuhan gizi tercukupi dengan baik.