Beragam Hidangan Sayuran yang Sehat dan Spesial Khas Turki

Beragam Hidangan Sayuran yang Sehat dan Spesial Khas Turki

Beragam Hidangan Sayuran yang Sehat dan Spesial Khas Turki – Masakan Turki adalah warisan dari masakan Utsmaniyah, yang dapat dideskripsikan sebagai gabungan dan penyempurnaan masakan Asia Tengah, masakan Timur Tengah dan masakan Balkan. Masakan Turki juga sebaliknya memengaruhi masakan Asia Tengah, Timur Tengah dan Balkan dan masakan negara-negara tetangga Turki, termasuk masakan Eropa Barat.

Orang Utsmaniyah mencampur berbagai masakan tradisional mereka dengan unsur-unsur  masakan Timur Tengah. Selain itu, mereka juga mencampur unsur-unsur masakan tradisional bangsa Turkik dengan masakan orang Asia Tengah, misalnya pemakaian yogurt dalam berbagai masakan. Dolma  merupakan hidangan nasional Turki yang juga dikonsumsi di beberapa negara, seperti di Armenia dan Azerbaijan.

Namun, hal yang membedakan dolma Turki dengan negara lain adalah penggunaan idn poker apk nasi sebagai isiannya. Pada umumnya, dolma adalah sayuran yang ditambahkan dengan beragam isian seperti nasi dan daging. Tak hanya satu, dolma pun punya banyak variasi dengan ragam bahan, lho.

1. Enginar dolmasi
5 Ragam Dolma Khas Turki, Hidangan Sayuran yang Sehat!

Enginar dolmasi merupakan salah satu variasi dolma yang menggunakan sayuran unik, yaitu artichoke. Artichoke sendiri merupakan tunas dari bunga thistle yang dikonsumsi sebelum mekar dan memiliki banyak nutrisi.

Artichoke ini kemudian diisi dengan campuran daging kambing giling, bawang bombai, peterseli, nasi, tomat, minyak zaitun, dan bumbu lainnya. Setelah diisi baru digoreng dan direbus dengan kaldu hingga teksturnya lembut.

2. Domates dolmasi
5 Ragam Dolma Khas Turki, Hidangan Sayuran yang Sehat!

Tak hanya popular di Turki, domates dolmasi juga cukup terkenal di negara seperti Azerbaijan, lho. Hidangan ini terbuat dari tomat utuh yang isinya dikeluarkan dan diganti dengan ragam bahan lainnya.

Isian tersebut berupa nasi, daging kambing giling, bawang bombai, peterseli, minyak zaitun, dan mint yang telah dimasak bersama.

Setelah matang, domates dolmasi diberi topping berupa saus tomat, pasta cabai, minyak zaitun, atau bubuk cabai. Cara menikmati hidangan ini biasanya bersama yoghurt sebagai pendampingnya.

3. Kabak dolmasi
5 Ragam Dolma Khas Turki, Hidangan Sayuran yang Sehat!

Untuk kabak dolmasi, jenis sayuran yang digunakan sebagai bahan pembungkus adalah zukini. Zukini sendiri merupakan jenis sayuran labu kecil yang memiliki bentuk seperti timun.

Isi dari zukini dibuang sebelumnya, baru kemudian di isi dengan daging, seperti kambing atau sapi, nasi, bawang bombai, serta tomat yang telah dibumbui. Kabak dolmasi biasanya dinikmati bersama yoghurt polos atau yoghurt bawang putih.

4. Patlican dolmasi
5 Ragam Dolma Khas Turki, Hidangan Sayuran yang Sehat!

Dolmasi satu ini terbuat dari terung yang sudah dikeringkan. Setelah itu diberi isian berupa mint, bawang bombai, nasi, daging, kacang pinus, sirup delima, bulgur, dan kismis.

Roti kering, salad zaitun, dan yoghurt adalah rekomendasi pendaming hidangan patlican dolmasi ini. Di beberapa penjual kebab, dolmasi ini cukup mudah untuk ditemukan, lho.

5. Biber dolmasi
5 Ragam Dolma Khas Turki, Hidangan Sayuran yang Sehat!

Paprika adalah bahan utama dari biber dolmasi yang kemudian diisi dengan campuran nasi, daging, dan bawang bombai. Gak hanya itu, versi lainnya juga mencampurkan kismis, mint, dan bawang putih ke dalam isiannya.

Biber dolmasi dimasak dengan cara merebus paprika yang telah diisi sampai teksturnya menjadi lembut. Dolmasi ini juga bisa dibuat versi vegetarian, yaitu tanpa menggunakan daging dan disajikan setelah dingin.

Unik dan mengenyangkan, berbagai variasi dolma di atas bisa dengan mudah kamu jumpai di Turki. Menu sayuran ini juga sayang jika tidak kamu cicipi saat berkunjung ke Turki.

Selain makanan khas Turki yang dapat ditemui di seluruh negeri, masakan Turki mengenal berbagai masakan daerah. Masakan kawasan Laut Hitam (Turki utara) banyak memakai jagung dan anchovi. Turki tenggara (Urfa, Gaziantep, dan Adana) terkenal dengan hidangan seperti kebab, meze, dan hidangan penutup seperti baklavakadayıf, dan künefe.

Di Turki barat terdapat perkebunan zaitun yang luas, sehingga minyak zaitun dipakai sebagai minyak goreng oleh orang Turki barat. Masakan daerah dari kawasan Aegea, Marmara, dan Laut Tengah memperlihatkan ciri-ciri khas masakan Laut Tengah yang ditandai dengan banyak memakai sayuran, daun rempah-rempah, dan ikan.