Beragam Dumpling Lezatozz Dengan Cita Rasa Khas Vietnam

Beragam Dumpling Lezatozz Dengan Cita Rasa Khas Vietnam

Beragam Dumpling Lezatozz Dengan Cita Rasa Khas Vietnam – Dumpling merupakan salah satu jenis dimsum yang banyak penggemarnya. Makanan ini biasanya umum disajikan ketika bersantap di resto yang menyajikan dimsum food.

Dimsum sendiri adalah istilah dalam bahasa Kanton yang artinya makanan kecil. Variannya selain dumpling antara lain bakpau dan kaki ayam dimsum.  Vietnam terkenal dengan beragam makanannya yang eksotis dan unik. Salah satunya adalah dumpling atau yang biasa dikenal dengan pangsit.

Dumpling khas negara ini punya jenis yang beraneka ragam dengan rasa unik menggugah selera. Dumpling juga mempunyai tampilan yang menggugah selera dan terbuat dari bumbu-bumbu pilihan, lho.

1. Bánh giò
5 Dumpling Khas Vietnam yang Kelezatannya Menggoyang Lidah 

Bánh giò merupakan dumpling tepung beras yang umumnya diasosiasikan dengan Vietnam Utara. Bánh giò sering dihidangkan sebagai menu sarapan, lho.

Makanan ini terbuat dari pasta kental yang dibuat dengan tepung beras dan kaldu babi atau ayam. Lalu diberi isian gurih yang berupa kombinasi daging babi giling, bawang merah, jamur kuping kayu, dan bumbu.

Pasta tepung beras kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang yang berbentuk piramida, lalu isiannya dimasukkan di tengah sebelum kantong dilipat dan dikukus. Makanan ini paling nikmat saat dihidangkan dalam keadaan yang hangat.

2. Bánh gối
5 Dumpling Khas Vietnam yang Kelezatannya Menggoyang Lidah 

Bánh gối merupakan dumpling renyah yang rasanya bikin ketagihan. Pembungkus dumpling umumnya menggunakan kulit gyoza atau terbuat dari kombinasi tepung terigu, gula, garam, air, dan baking powder.

Sementara itu,  isiannya biasanya dibuat dengan bihun yang sudah direndam dan dicincang, jamur kuping kayu, daging babi cincang, wortel parut, dan bawang merah atau bagian putih daun bawang.

Pangsit lalu digoreng ke dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi keemasan dan renyah. Makanan ini makin mantap saat disantap bersamaan dengan saus yang terbuat dari air jeruk nipis, kecap ikan, gula, bawang putih, dan cabai.

3. Bánh ít trần
5 Dumpling Khas Vietnam yang Kelezatannya Menggoyang Lidah 

Bánh ít trần merupakan dumpling beras tradisional Vietnam. Adonannya dibuat dengan tepung beras, garam, dan air. Sementara itu, adonan diisi dengan kombinasi kacang hijau, babi atau udang, bawang bombai, garam, dan merica.

Setelah semua isian dimasukkan ke adonan, dumpling lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Selanjutnya ditaburi dengan menggunakan minyak bawang. Umumnya, bánh ít trần dihidangkan dengan saus ikan dan campuran acar wortel dan bawang putih.

4. Bánh nậm
5 Dumpling Khas Vietnam yang Kelezatannya Menggoyang Lidah 

Bánh nậm merupakan dumpling tradisional yang berasal dari wilayah Hue. Adonan pangsit dibuat dengan campuran beras dan tepung tapioka, gula, dan garam. Sementara itu, adonan diberi isian yang berupa kombinasi udang, daging babi cincang, garam, merica, gula, bawang merah, minyak annatto, dan daun bawang.

Adonan lalu dibentuk segi empat dan pipih lalu dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus. Untuk menambah rasa, biasanya bánh nậm dihidangkan bersamaan dengan saus ikan untuk dicelupkan.

5. Bánh bột lọc
5 Dumpling Khas Vietnam yang Kelezatannya Menggoyang Lidah 

Bánh bột lọc merupakan dumpling yang identik dengan bentuknya yang tembus pandang. Makanan ini disiapkan dengan bungkus berbahan dasar tapioka. Dumpling jenis ini umumnya diisi dengan kombinasi udang dan babi berlemak. Makanan ini dapat dimasak atau dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus.

Bánh bột lọc secara tradisional dihidangkan bersamaan dengan saus berbasis ikan. Makanan ini diyakini berasal dari Huế yang merupakan kota kekaisaran kuno yang populer dengan spesialisasinya yang seimbang dan canggih.

Dumpling biasanya terdiri atas daging cincang ditambah dengan sayur-sayuran yang dibungkus dengan selembar kulit yang terbuat dari adonan tepung. Jenis dumpling pun bermacam-macam, misalnya Jiaozi, dumpling ini berisi daging cincang dan sayuran biasanya dimasak dengan cara direbus dan memiliki kulit yang tebal.

Potstickers, adalah dumpling yang proses memasaknya dengan cara pan fried, dumpling dimasak di dalam penggorengan datar menggunakan air dan minyak hingga air habis sehingga bagian bawah dumpling menjadi berwarna kecoklatan.

Dumpling udang atau Har Gau, ini merupakan dumpling yang berisi udang dan rebung, keunikan Har Gau adalah kulit pembungkusnya yang licin dan mengkilap nyaris transparan. Yang paling umum dikenal adalah Siu Mai alias siomay. Keunikannya adalah bentuknya yang seperti keranjang mungil, biasanya terbuat dari daging ayam, ikan atau udang.