Beberapa Tips Dalam Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Beberapa Tips Dalam Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Beberapa Tips Dalam Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi – Kesehatan jiwa atau kesehatan mental adalah tingkatan kesejahteraan psikologis atau ketiadaan gangguan jiwa. Kesehatan jiwa terdiri dari beberapa jenis kondisi yang secara umum dikategorikan dalam ‘kondisi sehat’, ‘gangguan kecemasan’, ‘stres’ dan ‘depresi’.

Pandemi Covid-19 sudah memasuki tahun keduanya sejak kali pertama masuk di Indonesia pada tahun 2020 silam. Beberapa sektor pun terkena imbas dari virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut. Sektor ekonomi paling terkena imbas dari virus yang juga mewabah di Indonesia itu. Dengan masih mewabahnya Covid-19 di Indonesia, beberapa aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat masih harus dibatasi.

Dengan pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah, beberapa aktivitas yang biasanya dapat dilakukan secara tatap muka harus mengikuti penyesuaian dengan melakukannya secara virtual. Tentunya segala aktivitas yang berulang-ulang tersebut akan menghadirkan kebosanan. Lalu, bagaimana cara mengatasi kebosanan serta menjaga kesehatan mental saat pandemi Club388 Indonesia dan di tengah kebosanan aktivitas yang sama sehari-hari? Yuk, simak tips tips berikut ini!

1. Buat daftar hiburan yang ingin kamu lakukan
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Aktivitas yang sama setiap hari tentunya membuat seseorang merasa bosan. Ditambah dengan beban pekerjaan bagi mereka yang memiliki tugas dan peran yang baru. Untuk mengatasi kebosanan dari rutinitas tersebut, kamu bisa membuat daftar kegiatan di luar rutinitas yang kamu lakukan, seperti melakukan hiburan yang ingin kamu lakukan tiap hari selepas bekerja atau beraktivitas di rumah.

Kegiatan tersebut bisa berupa menonton film atau serial yang selama ini belum sempat kamu nikmati, bermain video game yang belum sempat kamu mainkan, atau membuat daftar destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi apabila pandemi ini berakhir. Dengan melakukan hiburan yang sudah lama ingin kamu lakukan, mood kamu akan naik dan kamu lebih bersemangat untuk menjalani rutinitas.

2. Berolahraga
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Beban pekerjaan yang banyak dan rutinitas yang dikerjakan di rumah ataupun di kantor tentunya akan membuat penat apabila tidak diselingi dengan aktivitas lainnya. Terutama apabila kamu seorang karyawan, tentunya memerlukan fokus dan kondisi yang prima untuk mengerjakan tugas-tugasnya.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk melonggarkan jadwal kamu dan membuat jadwal khusus untuk berolahraga secara rutin tiap minggunya. Selain untuk menyegarkan tubuh, berolahraga juga bisa berfungsi untuk me-refresh pikiran.

3. Berkebun
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang saat ini sedang trend di kalangan masyarakat. Dari kalangan selebritas hingga masyarakat menengah ke bawah turut mengikuti trend ini. Selain karena aktivitasnya yang menyenangkan, berkebun juga dapat menimbulkan sifat tanggung jawab seseorang ataupun sifat gotong royong dalam keluarga.

Melihat hasil tanaman yang telah ditanam tentunya akan dapat membantu seseorang untuk merelaksasi pikiran dari kepenatan dan kebosanan akan rutinitas yang telah dikerjakan sepanjang pekan.

4. Mengeksplorasi hal baru
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak bagi sebagian besar lapisan masyarakat di Indonesia. Sistem kerja dan sistem pembelajaran pun turut mengikuti penyesuaian. Hadirnya istilah work from home (WFH) dan school from home (SFH) merupakan salah satu di antaranya.

Dengan hadirnya work from home dan school from home, karyawan dan pelajar tentunya mempunyai waktu yang lebih banyak tersisa dibanding sebelumnya. Kesempatan ini dapat digunakan dengan menggali minat seseorang untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan hobi, khususnya para pelajar.

Dengan waktu banyak yang tersisa, para pelajar dapat memanfaatkan waktunya untuk menggali minat dan potensinya melalui belajar otodidak atau melalui ahli. Dengan begitu, waktu yang dimiliki dapat digunakan dengan baik dan berguna untuk masa depan pelajar tersebut.

5. Menjaga interaksi sosial
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Bagi beberapa orang, terisolasi di rumah sepanjang hari pastinya membosankan dan bisa menimbulkan stres. Apalagi, seorang perantau yang jauh dari keluargadan orang yang terbiasa memiliki aktivitas di luar rumah.

Perasaan tersebut bisa saja menimbulkan potensi pikiran negatif yang berdampak pada kesehatan mental seseorang. Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi yang terakhir adalah dengan memikirkan bahwa masa pandemi ini adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan keluarga atau seseorang yang spesial.

Kamu bisa menyampaikan aktivitas kamu ataupun merencanakan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan bersama ketika dapat berkumpul kembali. Jika kamu mempunyai masalah atau kecemasan yang tidak bisa ditangani sendiri, keluarga adalah tempat terbaik untuk mencurahkan masalah ataupun kecemasan yang kamu rasakan selama ini dan mungkin memiliki solusi yang ingin kamu dengar.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu selama pandemi ini. Melakukan kegiatan yang berulang di tempat yang sama akan menimbulkan stres dan kejenuhan sehingga lima langkah di atas sangat tepat untuk dilakukan agar mentalmu tetap sehat.