Beberapa Sumber Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Otak

Beberapa Sumber Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Otak

Beberapa Sumber Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Otak – Otak adalah pusat sistem saraf (bahasa Inggris: central nervous system, CNS) pada vertebrata dan banyak  invertebrata lainnya. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 milyar sel saraf atau neuron. Otak adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sentral karena menjadi pusat pengendali organ-organ lainnya.

Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh  homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Oleh sebab itu, kesehatannya harus dijaga agar dapat berfungsi dengan normal dalam waktu yang lama.

Kabar baiknya, menjaga kesehatan otak bisa dilakukan dengan cara memenuhi asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan bergizi. Rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk otak akan menjaga kinerja organ tersebut tetap prima di masa depan. Supaya tidak penasaran, yuk, cek tujuh sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan otak di bawah ini!

1. Buah beri
7 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Otak, Cegah Penyakit Degeneratif

Mengonsumsi buah beri, seperti stroberi, bluberi, raspberry, dan sejenisnya ternyata dapat menjaga fungsi otak tetap normal. Harvard Medical School melaporkan, kandungan flavonoid dalam buah beri bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat.

Dalam studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Brigham and Women’s Hospital (BWH)  disebutkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi satu atau dua porsi stroberi dan bluberi setiap minggu dapat menunda penurunan memori hingga 2,5 tahun. Keren banget!

2. Buah jeruk
7 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Otak, Cegah Penyakit Degeneratif

Berdasarkan studi yang dilaksanakan oleh Travica, dkk., dan diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience tahun 2019, diperoleh hasil bahwa konsentrasi vitamin C dalam darah berhubungan dengan performa seseorang untuk fokus, memberi perhatian, mengingat, kecepatan dalam mengambil keputusan, dan mengenali sesuatu.

Untungnya, mudah sekali untuk memenuhi asupan vitamin C. Cukup dengan mengonsumsi satu buah jeruk ukuran sedang, maka kebutuhan harianmu akan terpenuhi.

3. Sayuran hijau
7 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Otak, Cegah Penyakit Degeneratif

Harvard Medical School melansir, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kale, dan collard mengandung folat, lutein, vitamin K, dan beta-karoten yang penting untuk menjaga kinerja otak. Nutrisi yang terkandung dalam sayuran tersebut membantu memperlambat kemunduran kognitif seseorang.

Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi sayuran hijau, terutama yang disebutkan di atas dapat menjaga kesehatan otak. Jika selama ini kamu tidak suka mengonsumsinya, belajar makan sayur mulai sekarang, ya!

4. Ikan berlemak
7 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Otak, Cegah Penyakit Degeneratif

Dilansir Harvard Medical School, ikan berlemak seperti salmon, kod, tuna, dan pollack mengandung omega-3. Zat ini merupakan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar beta-amyloid dalam darah. Beta-amyloid adalah protein pembentuk gumpalan yang merusak otak pada penderita Alzheimer.

Namun, jika kamu tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi ikan karena alasan tertentu, kamu masih bisa mendapat asupan omega-3 dari alpukat, walnut, atau suplemen. Konsultasikan dengan dokter untuk keterangan lebih lanjut.

5. Kacang-kacangan
7 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Otak, Cegah Penyakit Degeneratif

Mengonsumsi kacang-kacangan, terutama walnut dapat menjaga kesehatan otak. Harvard Medical School melaporkan, kacang tersebut mengandung asam alfa linoleat (ALA). Ini merupakan jenis asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan tekanan darah dan membersihkan arteri.

Itulah kenapa, memasukkan walnut ke dalam menu sehari-hari sangat disarankan. Otak jadi lebih sehat dan memori bisa terjaga lebih lama.

6. Kopi dan teh
7 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Otak, Cegah Penyakit Degeneratif

Tenyata, memiliki kebiasaan minum kopi atau teh bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan otak. Dilansir Harvard Medical School, kafein yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

Healthline menambahkan, kafein dan antioksidan juga berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga mood tetap baik. Jadi, kamu bisa minum kopi atau teh sebelum dan selama bekerja untuk menjaga konsentrasi tetap stabil.

7. Cokelat hitam dan bubuk kakao
7 Sumber Nutrisi yang Baik untuk Otak, Cegah Penyakit Degeneratif

Dilansir Healthline, dark chocolate atau cokelat hitam dan bubuk kakao mengandung zat flavonoid, kafein, dan antioksidan yang berperan untuk meningkatkan kinerja otak. Cokelat hitam mengandung 70 persen kokoa, jauh lebih besar dibanding jenis cokelat yang lain dengan kandungan hanya 10 hingga 50 persen.

Flavonoid yang dikandungnya akan terakumulasi pada bagian otak yang berfungsi untuk proses belajar dan memori. Zat ini membantu meningkatkan memori dan memperlambat penurunan kondisi mental akibat faktor usia.