Beberapa Salad Lezat yang Berbahan Dasar Dari Buah Pepaya

Beberapa Salad Lezat yang Berbahan Dasar Dari Buah Pepaya

Beberapa Salad Lezat yang Berbahan Dasar Dari Buah Pepaya – Konsumsi buah-buahan secara rutin memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Buah-buahan kaya serat, vitamin, dan mineral-mineral penting yang dibutuhkah oleh tubuh.  Bagi dirimu yang gemar mengonsumsi buah pepaya, ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh tubuhmu, lho. 

Ternyata, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh bukan cuma seputar sembelit saja. Buah yang satu ini masih menyimpan keistimewaan lainnya bagi tubuh. Pepaya menjadi salah satu buah tropis yang terkenal karena manfaat baik untuk tubuh.

Maka gak heran kalau buah tersebut senantiasa menemani waktu makan sehari-hari. Bila suka, kamu dapat memanfaatkan pepaya untuk dijadikan olahan seperti salad yang kaya rasa. Ada pilihan yang dapat dijadikan ide memasak, supaya santapan jadi terasa nikmat.

1. Som tam
5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

Som tam adalah salad pepaya populer dari Thailand yang mengandung sensasi rasa pedas dan segar memanjakan lidah. Uniknya lagi, jenis buah yang digunakan adalah pepaya mentah berwarna hijau.

Gunakan dressing dari campuran cabai, bawang putih, gula cokelat, kecap ikan, sedikit minyak, dan air lemon. Kemudian siapkan parutan pepaya, kecambah atau tauge, tomat, serta kacang untuk melengkapi sajian.

2. Papaya slaw
5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

Papaya slaw merupakan hasil adaptasi dari makanan originalnya bernama coleslaw, yang terbuat dari kol dengan campuran vinaigrette. Yaitu saus yang terbuat dari campuran antara cuka, mustard, madu, dan lainnya.

Pada papaya slaw, kamu bisa menggunakan pepaya hijau sebagai bahan utama. Tambahkan irisan sayur atau buah lain supaya kian ramai. Masukkan kacang panggang, cabai, hingga dressing, maka olahan siap disantap.

3. Papaya salad with prawn
5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

Kreasi salad menarik yang melibatkan pepaya berikutnya bisa diolah dengan mencampurkan udang ke dalam sajian. Penggunaan bahan ini akan membuat makanan terasa lebih umami saat dikonsumsi.

Sedangkan dressing yang dipakai adalah dari cuka, air lemon, kecap ikan, cabai, bumbu perasa, serta daun bawang. Bila suka, kamu pun dapat menambahkan sayur daun berwarna hijau supaya isian terasa lebih lengkap.

4. Mango and papaya salad
5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

Kalau kamu lebih suka menyantap salad bercita rasa manis, maka olahan berikutnya yang patut dicoba adalah mango and papaya salad. Seperti namanya, kamu memerlukan keberadaan mangga untuk bisa membuat sajian ini.

Cukup potong-potong buah yang hendak dikonsumsi, lalu tata dengan rapi di atas piring. Kemudian tambahkan sedikit madu dan air lemon. Maka hidangan pun akan menjadi salah satu menu makan yang menyegarkan hari-harimu.

5. Tofu and papaya salad
5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

Masih seputar hidangan salas bercita rasa gurih, santapan berikut ini akan terasa lebih maksimal akibat penggunaan tofu ke dalam olahan. Perpaduan tekstur lembut dan renyah akan membuat menu santapan makin berwarna.

Tofu bisa dimasak terlebih dahulu dengan saus kesukaan. Lalu susun dengan bihun, irisan pepaya, sayur daun berwarna hijau, dan kacang panggang. Lengkapi dressing dari kecap ikan, air lemon, cabai, hingga gula cokelat.

Ada macam-macam salad dengan beragam cita rasa menarik dari pepaya. Bahkan beberapa di antaranya cocok buat menemani waktu makan siang dan malam, agar terasa lebih praktis. Tertarik mencicipinya?

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pepaya untuk pencernaan didapatkan dari enzim-enzim yang terkandung di dalamnya.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Untuk enzim papain, enzim ini berada dalam kadar paling tinggi ketika buah pepaya matang. Enzim tersebut membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh.