Beberapa Rekomendasi Roti Kukus yang Disukai Banyak Orang

Beberapa Rekomendasi Roti Kukus yang Disukai Banyak Orang

Beberapa Rekomendasi Roti Kukus yang Disukai Banyak Orang – Roti kukus adalah sejenis roti , biasanya terbuat dari gandum , yang disiapkan dengan cara dikukus bukan dipanggang . Roti kukus diproduksi dan dikonsumsi di seluruh dunia. Dalam masakan Cina , mantou adalah makanan pokok dari China utara , di mana hingga 70% dari produksi tepung di wilayah ini digunakan untuk membuatnya.

Saat ini ada banyak variasi mantou di Cina, misalnya mantou wholemeal, mantou susu, dan mantou ubi jalar. Wotou adalah roti kukus lain yang ditemukan di Cina utara. Walapun bukan makanan baru, roti kukus atau biasa disebut rokus ini masih digandrungi oleh banyak orang. Selain dikukus, terdapat juga versi dipanggang, atau biasa disebut ropang (roti panggang). Ini bisa menjadi alternatif buat kalian yang bosan dengan roti bakar, lho. Tidak kalah lezatnya!

Salah satu roti kukus yang sedang hit adalah roti kukus yang berwarna hijau karena terbuat dari pandan. Roti ini telah banyak dijumpai di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Biasanya, roti kukus ini disajikan dengan berbagai macam versi rasa dari manis hingga asin, yang dilengkapi bermacam topping favorit, seperti coklat-keju, selai, telur, ikan tuna hingga daging.

1. Rokupang
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib DicobaRokupang adalah singkatan dari roti kukus dan panggang. Jadi, kalian bisa pilih penyajiannya dengan cara dikukus atau dipanggang sesuai selera. Rokupang menyediakan berbagai macam rasa, dariovomaltine keju, smoked beef, tuna, hingga jagung mozarella. Di outlet Rokupang juga bisa mencampurkan rasa kreasi kita sendiri, lho.

Jangan takut gagal nyobain ya, karena outlet rokupang ini sudah tersebar di seluruh Indonesia dan jumlahnya lebih dari 100 outlet, mulai dari Sabang sampai Merauke! Silahkan langsung datang ke rokupang terdekat, ya. Untuk warga Jakarta, rokupang baru membuka cabangnya di Binus Syahdan, Palmerah, Jakarta Barat.

Lokasi: Jl. Kyai H. Syahdan No. 3, Palmerah, Jakarta Barat (sebelah Royal Xifu)

Jam: Setiap hari buka, 13:00 – 22:00

Harga: Mulai dari Rp8 ribu – 16 ribu

2. Okurokus
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Okurokus terkenal dengan roti kukusnya yang sangat lembut. Roti Oku ini dijual juga dengan berbagai varian rasa dari yang manis hingga asin. Mulai dari rasa nutellablueberry, beef mayo, kacang hingga durian. Oh ya, Okurokus juga mengenalkan rasa baru, lho, yaitu avodaco dan cheese crunch. Hmm yummy!

Kalian bisa datangi outlet terdekat karena okurokus punya cabang dimana-mana. Mulai dari Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya sampai Makassar.

Lokasi: Jl. Pejaten Raya No 67-68 (Antara Family Mart dan Circle K Pejaten)

Jam: Setap hari buka, 16:00 – 23:00 WIB

Harga: Mulai dari Rp8 ribu – 20 ribu

3. KuroKuro
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Bagi kalian warga Bandung pastinya nggak asing lagi ya dengan brand roti kukus KuroKuro. KuroKuro yang berarti kukus roti ini sudah berdiri sejak tahun 2009. Melansir dari websitenya, rotikurokuro.combrand ini mempunyai motto KING OF STEAM BREAD, karena KuroKuro dijadikan kiblat roti kukus dan bakar di Indonesia.

Didirikan oleh sepasang suami istri, Santi Ayu Salamah dan Moch. Erick Nur Rohmat, KuroKuro telah memiliki lebih dari 50 mitra dengan 100 outlet di seluruh Indonesia. KuroKuro menyediakan berbagai macam varian asin dan manis, diantaranya chicken teriyaki, tuna saus keju, tiramisu dan avocado. 

Lokasi: Jalan Tubagus Ismail No.32, Bandung, Jawa Barat

Jam: Setiap hari buka, 07:0 – 23:00

Harga: Mulai dari Rp9 ribu – 24 ribu

4. Roti Srikaya Tet Fai
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Roti Srikaya Tet Fei merupakan outlet roti srikaya yang populer di Jakarta. Tapi faktanya, roti srikaya ini adalah jajanan khas Kota Singkawang, Kalimantan Barat, lho! Jadi, outletnya yang berada di Jakarta Barat adalah satu-satunya cabang roti srikaya ini. Untuk yang tinggal di Kalimantan, kalian bisa kunjungi outletnya langsung di Jl. GM Situt No.1A, Kota Singkawang.

Semoga kedepannya bisa buka banyak cabang di seluruh Indonesia ya, karena rasa selai srikayanya seenak itu!

Roti Srikaya Tet Fei memiliki varian roti, yaitu kukus original, kukus pandan, panggang, atau bakar. Kalian bisa pilih varian sesuai selera. Selain itu, di outlet ini juga menjual selai srikaya secara terpisah. Untuk harga, 1 potong roti dihargai 3 ribuan saja, lho. Roti Srikaya Tet Fei juga membuka pesanan untuk acara ulang tahun, acara kantor, maupun acara lainnya.

Lokasi: Jl. Krendang Raya No.39 A, Krendang, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11260

Jam: Setiap hari buka, 7.30 – 23.00

Harga: Rp3 ribu/potong

5. Rokuropa
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Rokuropa memiliki banyak rasa di dalamnya, yaitu choco crunch, cokelat keju, cream cheeseovomaltine, srikaya, pandan, taro, original, dan masih banyak lagi. Namun, untuk menu best seller adalah varian telur smoked beef dan SilverQueen. Cabang Rokuropa telah tersebar di seluruh Indonesia, tepatnya di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan.

Dilansir dari website-nya, rokuropa.com, salah satu outlet Rokuropa yang menjadi hits adalah outlet yang berada di kota Malang. Rokuropa di Malang ini dalam 1 harinya mampu menjual lebih dari 200 roti. Wow!

Lokasi: JL. Layur Selatan No 5 Rawamangun, Jakarta Timur 13240 (depan Pegadaian)

Jam: Setiap hari buka, 10:00 – 20:00

6. Roti Bapak
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Satu lagi rekomendasi roti kukus yang wajib dicoba yaitu Roti Bapak. Roti Bapak memiliki banyak varian rasa manis dan asin, seperti chocomaltine, telur kornet, dan telur smoked beef. Roti Bapak juga banyak di-endorse artis-artis dan influencer, lho. Wah, jadi penasaran ya sama rasanya.

Kalau mau berkunjung ke outletnya langsung, Roti Bapak memiliki beberapa cabang, yaitu di Bintaro Sektor 1, Perumnas 3, Kembangan Utara, Meruya, Tambun, Mustika Jaya, Depok, dan Ciledug.

Lokasi: Jl. Taman Bintaro Barat, RT.14/RW.8, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Jam: Setiap harii buka, 15:00 – 21:00 (Senin tutup)

Harga: Mulai dari Rp9 ribu – 17ribu

7. Rokuba
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Roti kukus kali ini berada dari Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, yaitu Rokuba (roti kukus dan bakar). Roti ini hits banget, lho di Ajibarang. Kalian juga bisa pilih rotinya versi dikukus atau dibakar. Variannya ada beragam, diantaranya green tea keju dan beef patties. Rokuba dikenal dengan toppingnya yang banyak banget!

Rokuba juga menjual susu murni, yaitu Sumoo Freshmilk yang seger banget. Kebayang dong nikmatnya makan roti sambil minum susu, hehe. Namun, cabang outlet Rokuba belum ada di Jakarta ya, baru di sekitaran Jawa Tengah saja.

Lokasi: Jln. Raya Ajibarang – Bumiayu km.1 Depan pertigaan Pom Bensin Ajibarang
(Kios sebelah pintu masuk perumahan Green Saphire)

Jam: Setiap hari buka, 10:00 – 21:00

Harga: Mulai dari Rp12 ribu – 26 ribu

8. Roti Big John
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Ini dia, Roti Big John! Roti yang satu ini hits banget, lho. Uniknya, roti yang disajikan dengan cara dikukus maupun dipanggang ini memiliki dua pilihan ukuran, pendek dan panjang. Menu mozarella chicken dan mozarella beef adalah best seller mereka. Lelehan keju mozarella-nya yang padat bikin ngiler!

Cabangnya juga sudah dimana-mana. Mulai dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Aceh, Medan dan Kalimantan. Jadi, kalian tinggal datang ke outlet terdekat saja.

Lokasi: Jl. Taman Ratu Kemuning, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Sebelah Central Kitchen Taman Ratu)

Jam: Setiap hari buka, 15:00 – 23:00

Harga: Mulai dari Rp8 ribu – Rp42 ribu

9. Rokusku
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Rokusku (roti kukusnya aku) memiliki 3 varian menu, yaitu: roti manis, roti asin, dan roti spesial. Karena outlet Rokusku berada di daerah perkantoran, roti ini menjadi favorit para karyawan untuk sarapan maupun makan siang. Harganya yang terjangkau juga menjadi alasan Rokusku laris manis! Outlet Rokusku baru terdapat di 2 lokasi, yaitu di Tanah Abang dan Senayan (Panin Center Building).

Lokasi: Jl. Kb. Kacang XI No.blok 8, RT.8/RW.2, Kebon Kacang, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10240

Jam: Senin-Sabtu, 09:00 – 21:00 (Minggu tutup)

Harga: Mulai dari Rp8 ribu – 17 ribu

10. Ganjel Roti
Lezat dan Nagih, 10 Rekomendasi Roti Kukus Hits Ini Wajib Dicoba

Pastinya kalian udah nggak asing lagi kan dengan brand minuman kekinian, Haus! Indonesia? Sekarang, Haus! juga menjual menu roti, salah satunya roti kukus. Menu-menu rotinya ini dinamakan Ganjel Roti.

Kalian bisa coba roti kukus ini di cabang Haus! Indonesia, ya. Tenang aja, cabang Haus! sudah dimana-mana, mudah banget kok mencarinya. Dari Jabodetabek, Bandung, hingga Surabaya.

Lokasi: Outlet Haus! Indonesia

Jam: Setiap hari

Harga: Mulai dari Rp8 ribu – 16 ribu

Wah, jadi nggak sabar pengen coba semua, hehe. Bagi kalian yang nggak sempat berkunjung ke lokasinya, jangan khawatir. Hampir seluruh outlet roti kukus tersebut sudah bisa dipesan menggunakan ojek online. Pemesanan melalui ojek online pastinya bakal lebih hemat karena banyak promo, lho. Selamat jajan!

Dalam masakan Afrika Selatan, sejumlah kelompok memproduksi roti kukus, seperti ujeqe Zulu yang bisa dimakan sendiri atau dengan sup tomat.  Roti kukus Afrika Selatan biasanya dibuat di rumah untuk dikonsumsi pada hari yang sama, tetapi penelitian tentang produksi komersial terus berkembang, dibantu oleh perkembangan sebelumnya dalam produksi massal roti kukus Cina.  Dalam masakan Amerika Serikat , salah satu contoh roti kukus adalah roti cokelat Boston , makanan manis yang dapat dimakan sebagai makanan penutup. 

Varietas Afrika Selatan yang dikenal sebagai ujeqe disiapkan dengan mengukus roti dalam cairannya sendiri. Sementara semua roti kukus menjalani proses ini sampai tingkat tertentu, ujeqe secara khusus tertutup dari uap eksternal dan tidak boleh kehilangan kelembapannya dalam proses memasak. Akibatnya, serat roti memiliki kelembaban yang tersegel di dalamnya. Selanjutnya, ujeqe juga dikenal cepat rusak karena alasan itu. Roti ditandai dengan kulit keemasan yang berbeda (atau kerak tipis).

Selain itu, hampir semua bisnis outlet roti kukus ini menerapkan sistem waralaba (franchise). Jadi, untuk kalian yang tertarik mencoba bisnis kuliner, nggak ada salahnya mencoba bergabung menjadi mitra mereka. Sesuaikan dengan budget kalian, ya! Good luck!