Beberapa Penyakit yang Sering Dikira Serangan Jantung

Beberapa Penyakit yang Sering Dikira Serangan Jantung – Sindrom koroner akut atau serangan jantung adalah gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah. Kondisi ini akan mengganggu fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Serangan jantung merupakan salah satu kondisi medis paling mematikan. Karenanya, jantung menjadi organ yang paling diperhatikan kesehatannya bagi banyak orang. Salah satu gejala serangan jantung yang khas adalah nyeri dada.

Serangan jantung terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke otot jantung. Penyebab utama kondisi ini adalah penyakit jantung koroner, yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke jantung (pembuluh darah koroner), Makanya, saat seseorang mengalaminya, tak sedikit yang langsung panik dan takut ini adalah tanda adanya masalah pada jantung. Walaupun nyeri dada adalah salah satu gejala mencolok dari serangan jantung, tetapi tidak semua nyeri dada timbul karena masalah pada jantung.

Ada pula beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan di dada, sehingga kadang disalahartikan sebagai serangan jantung. Berikut ini akan dibahas beberapa penyakit yang sering dikira serangan jantung karena timbulnya gejala nyeri dada, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Costochondritis
Sebabkan Nyeri Dada, 7 Penyakit Ini Sering Dikira Serangan Jantung

Menurut sebuah tinjauan di jurnal American Family Physician tahun 2009, diperkirakan sekitar 13 hingga 36 persen orang dewasa yang datang ke ruang gawat darurat dengan keluhan nyeri dada akut didiagnosis dengan costochondritis, yakni kondisi peradangan di mana tulang rusuk bertemu dengan tulang rawan.

Diagnosis costochondritis dilakukan dengan memeriksa riwayat kesehatan pasien dan pemeriksaan fisik. Untuk nyeri dada akibat costochondritis, rasa sakitnya biasanya menghilang dalam beberapa hari atau minggu.

2. Pankreatitis
Sebabkan Nyeri Dada, 7 Penyakit Ini Sering Dikira Serangan Jantung

Pankreatitis akut adalah peradangan mendadak pada pankreas, yang terletak tepat di belakang perut. Salah satu gejalanya adalah nyeri perut hebat yang bisa menjalar hingga ke dada. Rasa sakit akibat pankreatitis terasa dalam dan intens.

Menurut National Institutes of Health, pankreatitis sering terjadi saat batu empedu memicu peradangan di pankreas. Saat individu didiagnosis dengan pankreatitis, ia mungkin harus mendapatkan perawatan di rumah sakit selama beberapa hari untuk mendapatkan antibiotik, cairan infus, dan obat pereda nyeri.

3. Penyakit arteri koroner
Sebabkan Nyeri Dada, 7 Penyakit Ini Sering Dikira Serangan Jantung

Dikutip dari laman Health, penyakit arteri koroner ialah suatu jenis penyakit yang terjadi pada jantung sebagai akibat dari menumpuknya plak di arteri yang memasok darah ke jantung. Lama-lama, timbunan kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menghalangi aliran darah dan menyebabkan nyeri dada.

Penyakit arteri koroner dapat menyebabkan serangan jantung mendadak, gagal jantung, dan aritmia jantung. Apabila seseorang didiagnosis dengan penyakit arteri koroner, dokter mungkin akan menjadwalkan untuk operasi bypass.

4. GERD
Sebabkan Nyeri Dada, 7 Penyakit Ini Sering Dikira Serangan Jantung

Gastroesophageal reflux (GERD) terjadi saat isi perut, termasuk asam lambung, naik ke kerongkongan. Menurut US Enviromental Protection Agency, asam lambung memiliki pH sekitar 2, berada di antara asam baterai dan cuka. Karena asam lambung sangatlah asam, maka ketika asam lambung naik ke kerongkongan, ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di belakang tulang dada (heartburn).

Apabila tidak diobati, GERD dapat memicu asma, kemacetan dada, dan kondisi yang disebut kerongkongan Barrett, yang dapat meningkatkan risiko individu mengembangkan jenis kanker yang langka.

5. Herpes zoster
Sebabkan Nyeri Dada, 7 Penyakit Ini Sering Dikira Serangan Jantung

Herpes zoster merupakan jenis infeksi virus yang biasanya menyebabkan ruam yang menyakitkan, tetapi juga dapat menyebabkan nyeri dada, menurut NJ Cardiovascular Institute. Bahkan, nyeri dada akibat herpes zoster dapat berkembang sebelum ruam muncul.

Nyeri dada yang terkait dengan herpes zoster sering terasa seperti nyeri yang tajam. Ruam mungkin muncul beberapa hari setelah individu merasakan nyeri dada.

6. Fraktur atau ketegangan otot
Sebabkan Nyeri Dada, 7 Penyakit Ini Sering Dikira Serangan Jantung

Tulang rusuk yang memar atau patah, bersama dengan fraktur kompresi, dapat memicu nyeri dada. Individu yang mengalami kerusakan tulang umumnya mengalami rasa sakit yang hebat pada saat cedera.

Aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan otot dan tendon di sekitar tulang rusuk dan dada meregang. Regangan ini kemudian bisa memicu peradangan dan menyebabkan nyeri dada. Jika rasa sakit bertambah parah dengan aktivitas, itu mungkin karena otot yang sakit.

7. Perikarditis
Sebabkan Nyeri Dada, 7 Penyakit Ini Sering Dikira Serangan Jantung

Dilansir Mayo Clinic, perikarditis ialah pembengkakan dan iritasi pada jaringan tipis yang mengelilingi jantung. Perikarditis kerap memicu nyeri dada yang tajam dan terkadang disertai gejala lainnya. Nyeri dada terjadi ketika lapisan perikardium yang mengalami iritasi saling bergesekan.

Perikarditis umumnya ringan dan dapat hilang tanpa pengobatan. Perawatan untuk kasus yang parah dapat melibatkan obat-obatan dan operasi. Semakin cepat perikarditis didiagnosis dan diobati, maka risiko komplikasi jangka panjang dapat dikurangi.