Beberapa Menu Sarapan yang Mampu Menurunkan Berat Badan

Beberapa Menu Sarapan yang Mampu Menurunkan Berat Badan

Beberapa Menu Sarapan yang Mampu Menurunkan Berat Badan – Diet merupakan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang cara dan sumber makanannya diatur. Gunanya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apakah saat ini kamu sedang menjalankan program diet? Tak sedikit anggapan yang menyebut tidak perlu sarapan jika sedang menjalani program diet. Padahal, sarapan pagi sangatlah penting untuk menunjang setiap aktivitas harian kita.

Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 11.00 pagi. Dengan sarapan kamu akan merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil pun bisa dihindari.

Tubuh akan mendapatkan asupan yang cukup, seperti kalori, protein, dan serat dari menu yang kamu santap ketika sarapan. Nah, menu sarapan apa saja yang membuat sukses dietmu sehingga mampu menurunkan berat badan? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Telur
5 Menu Sarapan Kunci Diet Sukses, Ampuh Turunkan Berat Badan 

Telur sangat baik untuk menu sarapan karena kaya akan protein dan rendah kalori. Dilansir Medical News Today, cara sederhana untuk menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan kalori.

Telur baik sebagai salah menu sarapan karena dalam sebutir telur rebus mengandung 78 kalori dan 6 gram protein. Protein yang tinggi pada telur akan membuatmu kenyang.

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition, mengonsumsi makanan tinggi protein membantu menurunkan berat pada penderita obesitas. Kamu bisa menyiapkan tiga butir telur dengan salad segar untuk menu sarapan saat sedang menjalani program diet.

2. Oatmeal
5 Menu Sarapan Kunci Diet Sukses, Ampuh Turunkan Berat Badan 

Oatmeal terbuat dari gandum yang kaya serat dan bebas lemak jenuh. Sehingga, mengonsumsi oatmeal bisa membuat kamu merasa kenyang tanpa harus takut berat badan bertambah.

Dilansir healthline, oatmeal bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan hormon peptida YY (PYY). Sehingga, perut pun terasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi oatmeal. Kamu bisa menambahkan buah-buahan seperti, apel, stroberi, kiwi, dan lain-lain pada hidangan oatmeal agar rasanya lebih nikmat.

3. Kacang-kacangan
5 Menu Sarapan Kunci Diet Sukses, Ampuh Turunkan Berat Badan 

Tahukah kamu jika mengonsumsi kacangan-kacangan dapat menurunkan berat badan? Hal itu bisa terjadi karena kacang-kacangan mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Kacang-kacangan juga memberikan sensasi rasa kenyang yang lebih lama.

Dilansir healthline, kacang-kacangan yang baik untuk menu sarapan saat diet yaitu, almond, kacang kenari, mede, dan pistasi (pistachio). Kamu bisa menambahkan satu porsi kacang-kacangan ke dalam yoghurt atau granola sebagai menu sarapan kamu.

4. Yoghurt
5 Menu Sarapan Kunci Diet Sukses, Ampuh Turunkan Berat Badan 

Menurut New England Journal of Medicine, yoghurt termasuk dalam Top 5 food for weight loss. Yoghurt memang mengandung protein tinggi yang sangat berperan dalam menurunkan berat badan sekaligus memberi rasa kenyang lebih lama.

Lebih baik kamu memilih yoghurt dengan rasa plain saat sarapan karena bebas gula. Kamu bisa menambahkan buah-buahan segar ke dalam yoghurt sesuai selera.

5. Pisang
5 Menu Sarapan Kunci Diet Sukses, Ampuh Turunkan Berat Badan 

Buah pisang memiliki kandungan yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang melakukan program diet. Dilansir Nutrition Data, sebuah pisang ukuran sedang mampu memberikan 12 persen dari kebutuhan serat harian kamu.

Pisang dapat dimakan secara langsung atau ditambahkan pada yoghurt, oatmeal, atau smoothie sebagai untuk menu sarapan kamu.

Lima menu di atas dapat menjadi daftar sarapan pagimu agar program diet berjalan lancar serta berat badan segera turun. Selamat mencoba, ya!