Beberapa Manfaat Baik Yoghurt yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Baik Yoghurt yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Baik Yoghurt yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh – Yoghurt (yoğurt) juga dieja yoghurt, yogourt atau yoghourt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi.

Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Di balik rasa asamnya yang nikmat dan menyegarkan, yoghurt ternyata punya banyak manfaat baik untuk tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Nah, berikut informasi beberapa khasiat atau manfaat yoghurt yang baik untuk kesehatan dan perawatan tubuh.

1. Melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Yoghurt mengandung probiotik alias bakteri baik seperti lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium. Bakteri ini berfungsi mengatasi bakteri H. pyloru penyebab infeksi pencernaan di dalam usus serta lambung. Karena itu, yoghurt efektif meredakan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan diare.

2. Meningkatkan fungsi otak
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Selain menyehatkan fungsi pencernaan, probiotik dalam yoghurt ternyata bisa meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati, lho! Penelitian University of California, Los Angeles, mengemukakan kalau yoghurt jadi makanan tinggi kalium, yakni salah satu mineral untuk menjaga kesehatan syaraf.

3. Sumber protein yang baik
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Di antara jenis yoghurt lainnya, Greek yoghurt mengandung protein paling tinggi, yakni 15-20 gram protein setiap 6 ons yoghurt. Jumlah protein ini bahkan setara dengan 3 ons daging tanpa lemak. Sedangkan, yoghurt biasanya menghasilkan hanya sekitar sembilan gram protein.

4. Menstabilkan tekanan darah
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Kalium tinggi dalam yoghurt berfungsi menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian Alvaro Alonso dari Harvard School of Public Health membuktikan risiko darah tinggi dapat ditekan hingga 50 persen dengan menyantap tiga porsi yoghurt sehari.

Hal ini karena kalium juga berperan menurunkan kadar natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Natrium biasanya ditemukan pada makanan tinggi garam.

5. Sumber vitamin dan mineral
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Vitamin dan mineral dalam yoghurt cukup seimbang. Di antaranya vitamin D, vitamin B kompleks, kalium, fosfor, zinc, magnesium, kalsium, selenium, dan zat besi. Selain kalium, vitamin B12 dalam yoghurt pun juga berfungsi melindungi kesehatan jantung.

6. Memperkuat tulang
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Karena terbuat dari fermentasi susu, yoghurt juga mengandung kalsium yang cukup untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D yang terkandung dalam yoghurt juga membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik.

Selain itu, riset Marmara University juga mengemukakan kalau yoghurt tidak mengikis lapisan email gigi. Kandungan asam laktat pada yoghurt justru dapat melindungi gusi dari infeksi.

7. Menjaga berat badan
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Mengonsumsi yoghurt bisa jadi alternatif camilan saat diet, karena mengenyangkan, rendah kalori, dan tinggi protein. Kandungan protein, kalsium, dan probiotik dalam yoghurt bisa memicu produksi hormon antilapar, seperti GLP-1 dan peptide YY. Sehingga, nafsu makan dapat ditekan dan rasa kenyang bertahan lebih lama.

8. Bikin tidur lebih nyenyak
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Mengonsumsi yoghurt juga dapat memperbaiki kualitas tidurmu, lho. Alasannya karena yoghurt mengandung zat tryptophan yang dapat memicu hormon serotonin dan melatonin, yakni salah satu hormon yang dapat membuatmu lebih rileks.

9. Menghilangkan bau mulut
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Robert Meltzer, dokter spesialis pencernaan di Lenox Hill Hospital, New York City, mengemukakan probiotik dalam yoghurt dapat menetralkan asam di tenggorokan belakang dan kerongkongan.

Yoghurt memang efektif menghilangkan bau napas yang disebabkan oleh kondisi gastrologi, seperti asam refluks. Namun, tidak bisa menghilangkan bau napas akibat bakteri di mulut, kerusakan hati, atau penyakit paru-paru.

10. Meningkatkan sistem imun
10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Sistem imun tubuh dapat meningkat dengan mengonsumsi sekitar 400 gram yoghurt tiap hari. Nilai gizi penting dalam yoghurt dapat meningkatkan produksi sel T, yakni salah satu sel darah putih di dalam tubuh untuk melawan penyakit.

Nah, itulah manfaat yoghurt yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya secara rutin. Tapi perlu diingat, hindari yoghurt dengan kandungan gula tinggi yang justru bisa menghilangkan manfaatnya ya.

Yoghurt bisa jadi menu sarapan yang sangat baik kalau kamu ingin menurunkan berat badan. Nilai gizinya yang seimbang dan protein mengenyangkan bisa menambah asupan untuk berkegiatan. Selain sarapan, konsumsi yoghurt di tengah hari sebagai alternatif camilan.

Bukti-bukti menunjukkan bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan sedikitnya sejak 4.500 tahun lalu, sejak abad ke-3 SM. Yoghurt awalnya kemungkinan tefermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7.

Sekarang, banyak negara memiliki yoghurt tersendiri. Meskipun demikian, sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.