Beberapa Makanan dengan Kandungan Natrium Paling Tinggi

Beberapa Makanan dengan Kandungan Natrium Paling Tinggi

Beberapa Makanan dengan Kandungan Natrium Paling Tinggi – Natrium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Na dan nomor atom 11. Ini adalah logam lunak, putih keperakan, dan sangat reaktif. Asupan natrium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak dinding pembuluh darah. Tekanan darah tinggi juga mampu membuat jantung tegang dan akhirnya melemahkannya.

Natrium adalah komponen utama garam, yaitu sekitar 40 persen dari keseluruhan berat garam. Natrium sering ditambahkan ke dalam makanan guna menambah rasa dan pengawet sehingga kita sering kali mendapatkan lebih banyak natrium dari makanan yang kita beli daripada garam langsung.

Sebagai usaha membatasi asupan natrium harian, kita tidak hanya harus membatasi garam yang kita tambahkan ke dalam makanan, tapi juga pilihan makanan sehari-hari. Di bawah ini telah dikumpulkan dari beberapa makanan dengan kandungan natrium paling tinggi sehingga harus dibatasi.

1. Keju cottage
5 Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Natrium, Hati-hati Darah Tinggi!

Keju cottage adalah sumber kalsium dan protein yang sangat baik, tetapi juga relatif tinggi natrium. Setengah cangkir atau sekitar 113 gram keju cottage umumnya mengandung 350 mg natrium atau 15 persen dari rekomendasi harian.

Natrium pada keju cottage berasal dari garam yang sengaja ditambahkan untuk meningkatkan rasa sekaligus berkontribusi pada tekstur dan sebagai pengawet. Namun, kamu dapat menurunkan kandungan natrium keju cottage dengan membilasnya di bawah air mengalir selama 3 menit, lalu mengeringkannya. Cara ini dapat mengurangi kandungan natrium hingga 63 persen.

2. Sereal
5 Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Natrium, Hati-hati Darah Tinggi!

Sereal dan makanan olahan lainnya menjadi penyumbang terbesar asupan natrium. Misalnya, satu cangkir cornflake mengandung lebih dari 200 mg natrium per porsi. Padahal, tak jarang orang-orang memakan lebih dari satu cangkir cornflake untuk satu kali makan yang dapat dengan cepat menambah asupan natrium.

Banyak menu sarapan olahan lainnya bahkan lebih buruk. Misalnya, biskuit dan panekuk dapat mengandung hingga 800 mg natrium per sajian. Karena alasan ini, sebaiknya kamu tidak memakan sereal sarapan setiap harinya.

3. Makanan kalengan
5 Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Natrium, Hati-hati Darah Tinggi!

Makanan apa pun yang dikemas dalam kaleng dapat menjadi bom natrium. Misalnya, sup kalengan tak jarang mengandung hingga 1.300 mg natrium. Untuk itu, sangat penting membaca daftar nutrisi makanan kalengan dan pilihlah yang mengandung natrium paling sedikit.

Di sisi lain, kamu dapat membuat sup sendiri menggunakan bahan-bahan segar dan berbagai rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membatasi jumlah natrium. Untuk menurunkan asupan natrium, belilah sayuran segar alih-alih sayuran kalengan. Jika kamu terpaksa membeli sayuran kalengan, pastikan untuk membilas semua sayuran kalengan untuk menghilangkan kelebihan natrium sebelum makan.

4. Makanan beku
5 Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Natrium, Hati-hati Darah Tinggi!

Banyak makanan beku yang mengandung natrium dalam jumlah tinggi. Beberapa mengandung setidaknya setengah dari batas natrium harian. Oleh sebab itu, periksa label masing-masing varietas karena natrium dapat sangat bervariasi dalam lini produk tertentu.

Idealnya, makanan beku memiliki tidak lebih dari 600 mg natrium agar memenuhi syarat sebagai makanan sehat. Kamu dapat menggunakan angka ini sebagai batas natrium maksimal saat berbelanja makanan beku. Kendati demikian, tetap saja lebih sehat untuk membuat makanan sendiri dari bahan-bahan segar daripada membeli makanan beku.

5. Saus
5 Makanan yang Tinggi Akan Kandungan Natrium, Hati-hati Darah Tinggi!

Banyak orang terbiasa menambahkan makanan dengan saus, baik saat memasak maupun saat sudah tersaji di meja makan. Sayangnya, banyak yang tidak sadar bahwa sebagian besar komponen saus berasal dari garam yang merupakan sumber utama natrium.

Saus barbekyu mengandung natrium yang sangat tinggi dengan 2 sendok makan atau 30 ml saus mengandung 395 mg natrium atau 17 persen dari batas harian yang direkomendasikan. Kecap bahkan lebih parah karena satu sendok makan atau 15 ml kecap mengandung 1.024 mg natrium atau 44 persen dari batas harian yang direkomendasikan. Solusinya, kamu dapat membuat saus sendiri dan membatasi jumlah garam yang ditambahkan.