Beberapa Kreasi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Liur Meleleh

Beberapa Kreasi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Liur Meleleh

Beberapa Kreasi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Liur Meleleh – Baba ghanoush adalah masakan khas negeri Syam yang dibuat dari terung yang dimasak, dicampur bawang, tomat, minyak zaitun, dan berbagai bumbu lain.

Dalam bahasa Arab baba ghanoush berarti “bapak yang manja” atau “papa yang pemalu”, mungkin merujuk kepada anggota rumah tangga harem kerajaan. Sekilas, hidangan ini sangat mirip dengan bubur karena teksturnya yang lembut dan kental.

Namun bila diulik lebih jauh, ternyata komponen yang dipakai dalam olahan bernama baba ganoush ini terdiri dari terung ungu hingga tahini. Untuk mengetahui apa saja santapan yang dapat dikreasikan dari baba ganoush  tersebut, maka lima sajian ini perlu kamu catat untuk dijadikan santapan lezat.

1. Classic baba ganoush
5 Referensi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Terung Ungu Terasa Lembut

Hidangan baba ganoush klasik ini cenderung sederhana untuk diolah. Teksturnya benar-benar lembut mirip dengan bubur. Bahan yang dipersiapkan pun terdiri dari terung ungu, kacang arab, bawang putih, tahini, dan air lemon.

Sebelumnya, panggang terlebih dahulu terung ungu. Kemudian keruk isian tersebut dan campurkan dengan bahan-bahan lain. Haluskan semua komponen tersebut di dalam food processor. Maka baba ganoush pun siap disajikan.

2. Salad pita with baba ganoush
5 Referensi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Terung Ungu Terasa Lembut

Pita menjadi salah satu roti favorit untuk digunakan sebagai pelengkap suatu makanan, khususnya di wilayah Timur Tengah. Umumnya, bahan tersebut dipakai sebagai pendulang roti isi yang mirip dengan burger.

Hanya saja dalam hal ini kamu dapat menggunakan isian yang terdiri dari irisan tomat, selada, baba ganoush, dan ayam panggang untuk menyumbang sumber protein agar hidangan semakin mengenyangkan.

3. Lamb baba ganoush
5 Referensi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Terung Ungu Terasa Lembut

Baba ganoush menjadi salah satu pendamping terbaik untuk disantap menjadi hidangan utama bersama daging-dagingan. Seperti menggunakan daging domba yang terkenal karena rasanya yang nggak kalah sedap.

Komponen-komponen tersebut bisa diolah secara terpisah di mana daging domba perlu dimatangkan melalui proses pembakaran supaya mendapatkan sensasi smooky yang pas. Setelah itu, baru susun daging dan baba ganoush dalam piring yang sama.

4. Meatball with baba ganoush
5 Referensi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Terung Ungu Terasa Lembut

Meatball atau bola-bola daging tidak harus disajikan dalam kuah bening berbumbu. Karena santapan ini pun dapat dikreasikan dengan makanan lain yang gak kalah sedap seperti menjadikan baba ganoush sebagai pendamping.

Bola-bola daging diolah memakai daging cincang, irisan kacang almon, kismis, mentega, dan bumbu perasa. Caranya adalah bulatkan adonan, kemudian masak dengan cara dipanggang supaya meatball matang dengan baik.

5. Chicken baba ganoush
5 Referensi Olahan Baba Ganoush yang Bikin Terung Ungu Terasa Lembut

Santapan selanjutnya yang dapat dikreasikan bersama baba ganoush tak lain adalah daging ayam. Makanan tinggi protein ini sangat cocok dikombinasikan dengan apapun, namun rasanya tetap juara.

Pengolahan ayam sendiri bisa dipermudah dengan mengandalkan marinasi dari bumbu-bumbu dasar. Kemudian masak ayam di dalam oven sampai matang. Maka hidangan pun siap untuk dinikmati bersama baba ganoush.

Baba ganoush menjadi salah satu terobosan makanan dari terung ungu yang sangat pas disajikan bersama aneka komponen. Rasanya yang lezat dan lembut mampu bikin kamu ketagihan saat mencicipinya.

Cara Arab memasak terung adalah dengan cara dipanggang atau dibakar di atas api, kemudian kulit terung dikupas. Hasilnya adalah bubur terung matang yang beraroma asap. Kebanyakan hidangan ini dijadikan pencelup atau cocolan untu memakan khubz atau roti pita, atau kadang dicampurkan dengan hidangan lain.

Hidangan ini sangat populer di daerah negeri Syam  atau Levant (kawasan yang mencakup Israel, Jordania, Lebanon, Palestina  dan Suriah) juga di Armenia. Hidangan serupa dengan terung giling tanpa campuran sayuran lain disebut mutabbal (متبل artinya ‘berbumbu’) di Syam, tetapi disebut baba ghanoush di Mesir.