Beberapa Kreasi Makanan Sehat Bervariasi Dengan Bahan Muesli

Beberapa Kreasi Makanan Sehat Bervariasi Dengan Bahan Muesli

Beberapa Kreasi Makanan Sehat Bervariasi Dengan Bahan Muesli – Muesli adalah hidangan oatmeal dingin berdasarkan oat utuh dan bahan-bahan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan segar atau kering. Muesli secara tradisional disiapkan dengan susu atau krim, perasan jus jeruk, seringkali dengan pemanis seperti madu, dan dibiarkan semalaman agar lunak atau langsung dimakan.

Yoghurt atau produk susu lainnya sekarang  biasa ditambahkan ke resep muesli kemasan dan buatan sendiri. Muesli menjadi salah satu bahan baku sereal campur yang populer untuk disantap menjadi makanan praktis. Namun, olahan ini juga tetap disertai kandungan manfaat yang baik bagi tubuh orang yang mengonsumsinya.

Dalam satu porsi muesli, terdapat berbagai komponen penting yang digunakan. Mulai dari oat, kacang-kacangan, aneka buah kering, hingga biji-bijian. Sehingga rasa makanan jadi lebih beragam. Terdapat macam-macam kreasi untuk menciptakan makanan sedap dengan muesli.

1. Muesli parfait
5 Kreasi Hidangan dari Muesli, Sereal Campur yang Kaya Manfaat

Parfait adalah sebuah sajian manis dan lembut dari Prancis, berupa krim dengan tambahan berupa buah-buahan yang disusun dalam gelas kaca. Parfait pun dapat dikreasikan dengan beragam isian supaya makin enak.

Salah satu variasi parfait yang bisa diolah adalah dengan menghadirkan muesli dalam lapisan. Siapkan buah-buahan kesukaan, seperti stroberi, blueberry, dan lainnya. Setelah itu berikan krim dan muesli secara bersusun.

2. Muesli bar
5 Kreasi Hidangan dari Muesli, Sereal Campur yang Kaya Manfaat

Olahan berikut ini cocok sekali disantap sebagai camilan yang bertekstur renyah dan memiliki cita rasa manis. Sehingga sangat pas untuk dimakan sebagai pengganjal lapar di berbagai situasi.

Bahan baku yang dipakai pun terbilang sederhana untuk dipersiapkan, yaitu muesli, bubuk kayu manis, dan sirup maple. Campur semua bahan menjadi satu, kemudian bentuk sesuai selera dan simpan dalam lemari es.

3. Yogurt muesli
5 Kreasi Hidangan dari Muesli, Sereal Campur yang Kaya Manfaat

Muesli dapat dijadikan komponen sarapan praktis, serupa oat dan granola. Bahan pendamping yang pas untuk disantap bersama muesli kali ini adalah yoghurt, baik itu versi plain atau dengan rasa tertentu.

Supaya rasa makanan tidak terlalu asam dan menjadi lebih manis, kamu bisa menggunakan tambahan bahan baku yang berupa potongan buah. Kamu juga bsia menambahkan aneka pilihan pemanis berbentuk sirup.

4. Bircher muesli
5 Kreasi Hidangan dari Muesli, Sereal Campur yang Kaya Manfaat

Bircher muesli merupakan salah satu olahan klasik yang diolah serupa overnight. Proses pembuatan ini akan membantu muesli menjadi lebih lembut, ketika hendak disantap keesokan harinya.

Cara pembuatan bircher muesli sendiri hanya memerlukan jus apel, rendam semalaman dua bahan utama tersebut. Kemudian sajikan bersama buah-buahan favorit, dan yoghurt agar semakin nikmat.

5. Muesli warm milk
5 Kreasi Hidangan dari Muesli, Sereal Campur yang Kaya Manfaat

Kreasi muesli pada olahan kali ini cenderung lebih sederhana untuk dibuat. Sehingga bisa diolah kapan saja untuk dijadikan sarapan atau pengganjal lapar yang cepat nan praktis.

Terdapat bahan baku ekstra yang dapat dipakai dalam sajian, seperti cokelat. Selain itu, kamu bisa menggunakan kacang-kacangan dan tambahan buah kering, sebelum dicampur memakai susu hangat.

Dikembangkan sekitar tahun 1900 oleh dokter Swiss Maximilian Bircher-Benner untuk pasien di rumah sakitnya, sekarang dimakan sebagai hidangan sarapan standar, seperti sereal sarapan , dan juga di Swiss sebagai makan malam yang disebut Birchermüesli complet : muesli with Café complet ( kopi susu, ditemani dengan roti, mentega, dan selai ( Butterbrot )).

Muesli pada awalnya tidak dimaksudkan sebagai makanan sarapan, tetapi sebagai makanan pembuka yang mirip dengan roti dan mentega. Itu dikonsumsi sebagai Schweizer Znacht (lit.: Perjamuan Swiss), tetapi bukan sebagai sereal sarapan. 

Itu diperkenalkan sekitar tahun 1900 oleh Bircher-Benner untuk pasien di rumah sakitnya, dimana diet kaya buah dan sayuran segar merupakan bagian penting dari terapi. Itu terinspirasi oleh “hidangan aneh” serupa yang disajikan bersama istrinya saat mendaki di Pegunungan Alpen Swiss .