Beberapa Kreasi Hidangan Paperonata yang Menggoyang Lidah

Beberapa Kreasi Hidangan Paperonata yang Menggoyang Lidah

Beberapa Kreasi Hidangan Paperonata yang Menggoyang Lidah – Masakan Calabria adalah masakan yang berasal dari regione Calabria, Italia. Pengaruh asing dari para pendatang Albania dan Yunani yang telah tinggal sejak abad pertengahan ikut berkontribusi pada rasa masakan Calabria.

Tradisi kuliner orang Calabria dipengaruhi lingkungan alam yang kontras, pegunungan tinggi dan laut. Masakannya yang sederhana dimasak dengan rasa kuat khas petani maupun nelayan. Di sini iklimnya hangat, maka tanaman jeruk, terong, zaitun, sayur-mayur dan anggur tumbuh subur.  Peperonata begitu cocok untuk disantap sebagai menu makanan praktis dan lezat.

Meskipun condong ke rasa manis yang khas, sejatinya sajian yang satu ini memiliki cita rasa yang beragam karena menggunakan bahan utama paprika dan zaitun. Paprika memang kerap digunakan sebagai perasa alami terhadap makanan.

1. Classic peperonata
5 Kreasi Peperonata untuk Santapan Sedap Penyuka Paprika

Pada proses pembuatan paperonata klasik, diperlukan bahan-bahan dapur penambah rasa untuk menciptakan perpaduan yang manis, asin, gurih, dan segar. Jadi, bukan cuma paprika saja yang akan kamu gunakan.

Kamu bisa mulai membuatnya dengan mengiris bawang bombai, bawang putih, cabai, buah zaitun, peterseli, sampai tomat. Masak seluruh bahan di atas olive oil. Biarkan selama beberapa saat hingga bahan tercampur merata, lalu sajikan.

2. Grilled fish peperonata
5 Kreasi Peperonata untuk Santapan Sedap Penyuka Paprika

Peperonata pun pada akhirnya begitu serasi ketika disantap sebagai pendamping untuk bermacam-macam hidangan, terutama masakan umum yang gampang dijumpai dalam keseharian kita.

Kali ini, kamu bisa menjadikan ikan fillet bakar menjadi teman makan peperonata yang pas. Tentu, sebelumnya ikan perlu dimarinasi terlebih dahulu memakai lada, garam, serta bumbu lainnya. Kemudian setelah dimasak, susun di atas piring bersama peperonata.

3. Chicken peperonata
5 Kreasi Peperonata untuk Santapan Sedap Penyuka Paprika

Seperti biasa, aneka ragam bumbu seperti nggak bisa terpisahkan dari olahan ayam. Peperonata ini juga sangat cocok jika dihidangkan bersama olahan ayam.

Kamu bisa memarinasi ayam dengan lada dan garam terlebih dahulu. Lalu, masak ayam secara terpisah memakai balutan tepung. Setelah itu, baru masukkan daging ayam ke olahan peperonata yang sedang dimasak.

4. Lamb peperonata
5 Kreasi Peperonata untuk Santapan Sedap Penyuka Paprika

Aroma khas yang jadi ciri khas olahan daging domba nyatanya juga semakin nikmat jika dikombinasikan dengan peperonata. Tak hanya gurih, kreasi daging domba dan peperonata akan menciptakan tekstur rasa manis dan asam yang saling menyeimbangkan.

Potongan daging domba tersebut bisa langsung dimasak dengan adonan peperonata. Namun, kamu bisa menambahkan air, cuka, dan kismis supaya hidangan lamb peperonata ini terasa lebih balance ketika dikonsumsi.

5. Bangers with peperonata
5 Kreasi Peperonata untuk Santapan Sedap Penyuka Paprika

Kenikmatan olahan peperonata berikutnya merupakan perpaduan lengkap paprika dan sosis. Biasanya, bangers ini merujuk pada bangers and mash yang disantap menggunakan kentang tumbuk.

Namun, kamu bisa menggantinya dengan adonan peperonata, lengkap dengan cuka atau air biasa. Tambahkan sosis ke dalam olahan tersebut, lalu biarkan hingga bumbu menyerap selama beberapa waktu.

Peperonata menjadi salah satu hidangan yang bisa menciptakan rasa baru terhadap suatu sajian. Proses pembuatannya yang simpel bikin peperonata ini jadi favorit, baik untuk makan siang atau makan malam. Kamu sudah pernah coba?

Paprika, yang dijuluki “rempah-rempah orang miskin” diperkenalkan dari benua Amerika pada abad ke-16, ikut memberikan rasa bagi resep mereka yang sederhana. Paprika Calabria dikenal paling pedas di Italia Selatan.

Tradisi bertani berpengaruh pada metode mengawetkan sayur, kaviar, daging (terutama babi dan ikan todak). Pada masa lalu, penduduk Calabria lebih miskin daripada daerah lain di Italia dan sebisa mungkin tidak membuang-buang makanan. Mereka menciptakan berbagai metode untuk mengawetkan makanan agar tahan lama.

Selain sayur-sayuran dan hasil kebun, hasil laut juga digunakan dalam resep masakan Calabria, terutama di pesisir Tyrrhenia dan Ionia. Hasil laut penting antara lain tuna dan ikan todak.