Beberapa Kreasi Brokoli Tumis yang Wajib Untuk Kamu Coba

Beberapa Kreasi Brokoli Tumis yang Wajib Untuk Kamu Coba

Beberapa Kreasi Brokoli Tumis yang Wajib Untuk Kamu Coba Brokoli adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan.

Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Brokoli merupakan salah satu tumbuhan hijau kaya manfaat yang sering dikonsumsi sebagai lauk makan sehari-hari.

Diketahui, sayuran ini mempunyai kandungan nutrisi yang tidak sedikit, salah satunya adalah kalsium tinggi. Sayuran hijau tersebut dapat diolah dengan berbagai cara seru, seperti menggunakan teknik menumis.

1. Tumis pasta brokoli
5 Referensi Tumis Brokoli, Biar Beda dan Gak Itu-itu Saja!

Siapa bilang mengolah pasta hanya bisa dilakukan dengan cara-cara yang ribet dan panjang? Sebab di antara metode tersebut, pasta pun rupanya bisa dikonsumsi dengan tumis brokoli yang sedap.

Cukup masak irisan bawang putih selama beberapa saat, tambahkan brokoli, dan bumbui memakai lada dan garam. Tambahkan pasta yang telah direbus dengan sedikit air. Biarkan sampai matang, lalu sajikan.

2. Tumis jamur brokoli
5 Referensi Tumis Brokoli, Biar Beda dan Gak Itu-itu Saja!

Santapan favorit keluarga yang bisa diolah menggunakan tumis brokoli berikut ini memang paling pas disantap dengan nasi hangat. Bagaimana tidak, renyahnya brokoli akan berpadu bersama kenyalnya jamur yang dimasak bersama.

Bumbu yang dipakai pun terbilang sederhana, yaitu bawang putih dan jahe. Masukkan brokoli serta jamur kesukaan, masak bersama sedikit air. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit saus tiram agar makin enak.

3. Tumis udang brokoli
5 Referensi Tumis Brokoli, Biar Beda dan Gak Itu-itu Saja!

Udang dan brokoli menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan ketika membuat beragam makanan enak. Keduanya bisa memberi rasa yang seimbang, serta sensasi gurih yang menggugah selera.

Pertama-tama, kamu perlu memasak udang hingga berubah warna. Setelah itu, tambahkan bawang putih dan brokoli. Berikan sedikit air, serta campuran saus tiram dan sedikit brown sugar atau madu.

4. Tumis ayam dan brokoli
5 Referensi Tumis Brokoli, Biar Beda dan Gak Itu-itu Saja!

Demi menambahkan sumber protein terhadap masakan, kamu bisa menggunakan potongan daging ayam bagian dada. Supaya hidangan pun terasa lebih padat sekaligus mengenyangkan.

Bahan baku pembuatan tumis ayam dan brokoli ini pun hampir mirip dengan tumisan lainnya. Bawang putih, jahe, dan keberadaan kaldu untuk menggantikan air pun bisa membuat masakan terasa lebih gurih.

5. Tumis brokoli bawang putih
5 Referensi Tumis Brokoli, Biar Beda dan Gak Itu-itu Saja!

Tumis brokoli menjadi salah satu sajian praktis yang dapat diolah dengan menambahkan bahan baku lainnya ke dalam masakan. Namun, versi klasik dari masakan ini pun tidak kalah menggugah selera.

Bahan yang dimaksud tidak jauh-jauh dari penggunaan bawang putih. Cukup tumis bumbu tersebut sampai harum, masukkan brokoli dan bumbui memakai lada dan garam. Tambahkan air dan diamkan beberapa saat.

Kenikmatan brokoli mampu membuat lauk makan jadi terasa lebih sedap. Selain kaya akan manfaat, tumis brokoli pun cocok disantap bersama apa saja, mulai dari nasi, mi, atau dimakan langsung.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Cara menanam brokoli adalah disemai setelah tumbuh 3-4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Masa panen adalah 55- 100 hari (tergantung varietas). Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.