Beberapa Jenis Salad Khas Indonesia yang Memanjakan Lidah

Beberapa Jenis Salad Khas Indonesia yang Memanjakan LidahSalad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Salad didefinisikan sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan sau.

Kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain. Menurut sejarah, salad telah dikonsumsi orang. Salad terkenal sebagai makanan menyehatkan yang baik untuk tubuh karena mengandung gizi dan nutrisi tinggi.

Indonesia mempunyai beberapa salad buah dengan tampilan dan rasa yang mampu menggoda iman. Salad tersebut terbuat dari buah-buah segar yang dikombinasikan dengan bumbu tradisional sehingga menghasilkan makanan yang lezat.

Asinan buah

5 Jenis Salad Nusantara yang Paling Populer, Jadi Menu Diet Favorit! 

Asinan adalah salad yang terdiri dari acar buah atau sayuran. Jika menggunakan buah, salad ini bisa menggunakan buah apapun. Namun biasanya terbuat dari jambu, nanas, bengkoang, kedondong, salak, rambutan, mangga, stroberi, pepaya, hingga kiwi.

Rasa dari salad buah ini segar, asam, dan manis. Biasanya asinan dijual oleh pedagang kaki lima atau restoran-restoran lokal. Asinan ini bisa menjadi menu diet yang enak dan pastinya bikin ketagihan

Rujak buah

5 Jenis Salad Nusantara yang Paling Populer, Jadi Menu Diet Favorit! 

Rujak buah adalah makanan yang berasal dari Jawa. Biasanya salad ini dibuat dengan buah-buahan musiman segar dengan rasa asam atau hambar. Kemudian buah tersebut dikombinaskan dengan sambal pedas dan manis.

Sambalnya terbuat dari kacang tanah goreng, asam jawa, dan cabai rawit. Rujak buah ini bisa disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan yang menyegarkan mulut.

Rujak cuka

5 Jenis Salad Nusantara yang Paling Populer, Jadi Menu Diet Favorit! 

Rujak cuka merupakan salad yang terbuat dari buah-buahan yang meliputi mangga, bengkuang, dan nanas mentah. Salad buah yang berasal dari Jawa Barat ini juga memerlukan beragam sayuran seperti kol, taoge, dan mentimun.

Untuk bumbunya terbuat dari gula pasir, garam, terasi matang, cabai, dan cuka masak. Sayuran dan buah diparut lalu dikombinasikan dengan bumbu yang telah dibuat. Rasa salad buah ini digambarkan asam dan menyegarkan.

Rujak tumbuk

5 Jenis Salad Nusantara yang Paling Populer, Jadi Menu Diet Favorit! 

Rujak tumbuk mempunyai nama lain, yaitu rujak bēbēk. Dalam pembuatannya, rujak ini memerlukan bahan seperti apel jawa, kedondong, mangga mentah, pisang batu hijau, bengkuang, dan ubi merah. Bahan tersebut lalu dihaluskan atau digiling dengan lesung kayu.

Untuk sambalnya terbuat dari campuran gula aren, cabai, garam, dan terasi. Setelahnya sambal tersebut dikombinasikan dengan buah yang telah dihaluskan. Biasanya salad ini disajikan ke dalam gelas plastik kecil atau di daun pisang.

Rujak petis

5 Jenis Salad Nusantara yang Paling Populer, Jadi Menu Diet Favorit! 

Rujak petis berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Rujak ini serupa dengan rujak cingur, namun tidak menggunakan daging. Bahan-bahan pembuatannya adalah irisan mangga, mentimun, kangkung, bengkuang, kedondong, taoge, dan tahu.

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan sambal berwarna gelap. Sambal ini dibuat dengan petis, gula aren, bawang merah, garam, dan kacang tanah yang ditumbuk atau dihancurkan.

Salad Indonesia memiliki variasi yang banyak dari resep-resep di berbagai daerah. Salad khas Indonesia cocok untuk dihidangkan pada saat kapan pun yakni dapat sebagai makanan pembuka, pendamping hidangan utama atau hidangan penutup. Salad representatif adalah gado-gado.

Variasi gado-gado sangat banyak menurut daerah ia dikembangkan. Sayur-sayuran yang digunakan dapat apa saja namun yang menjadi kesamaan adalah penggunaan  bumbu kacang sebagai saus, kemudian ditambah tahu, tempe dan kerupuk. Jenis selada lain yang umum adalah rujak yang bisa terdiri dari sayur-sayuran atau buah-buahan dengan saus kacang.