Beberapa Ide Membuat Croque Madame yang Menggunggah Selera

Beberapa Ide Membuat Croque Madame yang Menggunggah Selera

Beberapa Ide Membuat Croque Madame yang Menggunggah Selera – Croque-monsieur adalah sandwich atau roti lapis yang terdiri dari roti, daging ham  rebus dan keju. Makanan ini berasal dari kafe dan bar Prancis dan dikonsumsi sebagai makanan ringan.

Croque madame adalah versi lain makanan ini dengan tambahan telur di atasnya. Siapa di antara kamu yang enggak bisa jauh-jauh dari menu sarapan mengandung roti dan telur? Kalau iya, maka kamu harus berkenalan dengan salah satu variasi roti lapis terkemuka, croque madame.

Makanan ini menggunakan perpaduan antaran keju dan ham di setiap lapisan roti. Sedangkan telur akan lebih sering ditempatkan pada bagian paling atas olahan, untuk menciptakan tampilan yang menarik.

1. French toast croque madame
5 Kreasi Croque Madame untuk Ide Sarapan

Sebagai salah satu upaya memperkaya rasa olahan roti, french toast masuk ke dalam jajaran populer untuk mengolah makanan jadi semakin maksimal. Buat dulu rendaman dari krim, telur, dan bumbu penambah rasa.

Siapkan beberapa lembar roti. Isi dengan keju dan ham. Kemudian tutup memakai lembaran yang lain. Setelah itu, celupkan ke dalam adonan krim dan masak dalam wajan. Letakkan telur mata sapi, maka croque madame pun siap.

2. Miso croque madame
5 Kreasi Croque Madame untuk Ide Sarapan

Kreasi roti lapis berikut ini akan terasa lebih eksklusif dengan pemakaian bahan baku populer di dalam masakan Jepang, seperti miso. Ini adalah bumbu masakan berbentuk pasta yang telah difermentasi.

Kamu bisa menggunakan miso yang dimasak bersama susu dan tepung. Setelah itu, oleskan pasta tersebut di satu sisi roti dan letakkan keju serta bacon atau ham secara berurutan. Panggang sebentar, lalu sajikan dengan telur di atasnya.

3. Gruyere croque madame
5 Kreasi Croque Madame untuk Ide Sarapan

Menghadirkan keju dalam croque madame adalah suatu keharusan, agar rasa makanan menjadi lebih lengkap dan sempurna. Nah, untuk memilihkan jenis keju apa yang bisa dipakai. Maka kamu dapat menggunakan gruyere.

Susun roti tawar beberapa lembar dan isi memakai parutan keju gruyere, disusul dengan ham atau bacon, serta mustard. Tutup roti dan masak sebentar hingga kecokelatan. Tahap terakhir, masak telur mata sapi dan simpan di atas roti.

4. Croque madame muffin
5 Kreasi Croque Madame untuk Ide Sarapan

Salah satu kreasi unik untuk pembuatan croque madame adalah dengan bentuk muffin. Selain praktis, makanan ini menjadi terkesan lebih padat akibat pemakaian muffin tin untuk membentuk hidangan.

Pakai roti tawar dan olesi menggunakan mustard, potong sebagian roti supaya tidak memenuhi cetakan. Masukkan ke dalam muffin tin, lalu isi dengan satu butir telur, bacon, dan parutan keju.

5. Croque madame croissant
5 Kreasi Croque Madame untuk Ide Sarapan

Buat kamu yang ingin menikmati hidangan croque madame dengan lebih fancy, maka bahan berikutnya yang bisa dijadikan alternatif masakan adalah croissant. Seperti diketahui, komponen ini memiliki ruang yang besar untuk diisikan sesuatu.

Siapkan keju, ham atau bacon, dan masukkan ke dalam croissant. Panggang olahan beberapa saat, kemudian siapkan telur goreng untuk diletakkan di bagian atas makanan tersebut.

Croque madame mampu menyajikan sensasi yang berbeda atas olahan roti dan telur. Terlebih, perpaduan makanan ini akan membuat kamu merasa kenyang sekaligus cepat untuk diolah pada pagi hari.

Croque-monsieur secara tradisional dibuat dengan ham rebus di antara irisan roti kasar seperti brioche yang ditaburi keju parut dan sedikit asin lalu dibumbui, yang dipanggang dalam oven atau digoreng dalam penggorengan. Hidangannya juga bisa dibuat dengan roti mentega normal, dengan kerak lembut. Alih-alih roti mentega, roti secara opsional dapat dikuliti dengan dipanggang sebelum dicelupkan ke dalam telur kocok.

Secara tradisional, keju Emmental atau Gruyère digunakan, atau kadang-kadang keju Comté juga. Beberapa brasseries juga menambahkan saus Béchamel. Croque-monsieur dapat dipanggang atau digoreng sehingga topping keju mencair dan membentuk kerak. Hal ini dapat dilakukan di panggangan horisontal kecil yang dirancang untuk memanggang roti lapis.