Beberapa Hidangan Berbahan Dasar Telur Dari Berbagai Negara

Beberapa Hidangan Berbahan Dasar Telur Dari Berbagai Negara

Beberapa Hidangan Berbahan Dasar Telur Dari Berbagai Negara – Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan.

Bagi kamu yang bosan dengan menu sarapan  itu-itu saja, masakan berbahan dasar telur dari seluruh dunia ini bisa menjadi pertimbangan. Selain bahan dasar yang mudah ditemukan di rumah, cara pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu lama, lho.

Mulai dari Jepang hingga Korea Selatan, berikut beberapa rekomendasi makanan berbahan dasar telur dari berbagai negara. Bisa banget kamu jadikan menu sarapan sehat nikmat, nih!

1. Oyakodon
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Oyakodon asal Jepang diberi nama cukup unik, oya berarti ayah dan ko berarti anak. Ini merujuk pada fakta bahwa oyakodon menggunakan ayam dan telur. Oyakodon terdiri dari semangkuk nasi putih dengan topping ayam, telur, dan daun bawang cincang.

Telur  dimasak setengah matang, sehingga nasi yang sudah matang akan membuat telur mengeras. Orang Jepang biasanya memakan oyakodon dari bawah ke atas, sehingga selalu ada beberapa topping yang menutupi nasi putih.

2. Tamagoyaki
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Masih dari Jepang, tamagoyaki dibuat menggunakan metode memasak yang unik, telur dilipat hingga sepenuhnya matang. Meskipun tamagoyaki tidak memiliki isi, namun biasanya sebelum dimasak telur dibumbui dengan gula, mirin, dan kecap.

Tamagoyaki sering ditemukan di kotak bento, biasanya disajikan untuk sarapan atau topping sushi. Makanan ini pertama kali populer pada 1950-an, saat pemerintah mulai mendorong orang tua untuk memberikan lebih banyak protein kepada anak-anak mereka. Para petani mulai memelihara lebih banyak ayam.

3. Torta
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Torta adalah hidangan khas Filipina populer terdiri dari telur dadar yang diisi dengan daging dan sayuran, seperti kentang dipotong dadu. Makanan ini terasa gurih dan sangat mengenyangkan.

Biasanya, kuliner ini disajikan sebagai hidangan utama, lebih disukai daripada nasi. Torta  dipasangkan dengan bumbu seperti kecap. Ada banyak variasi dari torta, seperti tortang talong, telur dadar terung. Alasan nama hidangan yang tidak biasa ini adalah pengaruh Spanyol yang kuat di Filipina.

4. Gyeran mari
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Gyeran mari adalah telur dadar gulung khas Korea Selatan yang  menggabungkan berbagai bahan tambahan. Hidangan ini biasanya terdiri dari telur dengan daun bawang, wortel, paprika, jamur, zukini, keju, daging sapi, dan rumput laut nori.

5. Kaygana
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Kaygana adalah hidangan berbahan telur khas Turki yang punya banyak versi. Versi dasar biasanya hanya terdiri dari beberapa bahan, seperti telur, tepung, garam, dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur, lalu digoreng dengan mentega.

Sekilas, makanan ini seperti perpaduan dari telur dadar dan pancakeKaygana juga sering ditambahkan dengan bahan-bahan seperti paprika, keju feta, tomat, daging sapi, ikan teri, terung, bawang hijau, jamur, dan madu untuk versi manisnya.

6. Strapatsada
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Strapatsada atau kagianas adalah hidangan asal Yunani terdiri dari tumisan tomat yang dipotong dadu dengan bumbu segar, lalu dikombinasikan dengan telur dan keju feta. Dengan cita rasa yang menyegarkan, strapatsada biasanya dinikmati sebagai hidangan utama yang ringan.

7. Quiche
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Kue Prancis populer ini terdiri dari kulit kue yang diisi dengan telur, krim, dan bahan tambahan, seperti daging asap, keju, daun bawang, jamur, dan makanan laut. Quiche sangat mengenyangkan dan mengandung banyak kalori.

Quiche bisa disajikan panas atau dingin. Kalau secara tradisional, kue dipotong menjadi beberapa irisan. Banyak jenis quiche yang populer saat ini, seperti quiche lorrainequiche florentine, dan quiche provençale.

8. Tortilla de patata
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Diperkenalkan pada 1817, cerita rakyat mengatakan bahwa tortilla de patata diciptakan oleh Jenderal Tomás de Zumalacárregui untuk memberi makan pasukannya yang lapar karena persediaan makanan langka pada saat itu. Bahan utama yang digunakan dalam hidangan ini adalah telur dan kentang diiris tipis.

Tortilla de patata sekilas mirip potato omelette yang sangat tebal. Selain kentang, makanan ini ditambahkan sosis chorizozucchini, paprika hijau, dan jamur. Namun, jangan khawatir, kamu juga bisa menambahkan dengan bahan lain yang sesuai selera.

9. Huevos rancheros
9 Makanan Berbahan Telur dari Berbagai Negara, Ide Menu Sarapan Enak!

Huevos rancheros adalah hidangan sarapan tradisional dari Meksiko yang terdiri dari tortilla, telur, kacang-kacangan, dan terkadang daging. Semua bahan disiram dan ditutupi saus tomat, cabai, atau salsa.

Secara tradisional, huevos rancheros disajikan dengan selada segar dan krim asam. Banyak variasi dari makanan ini yang menjadi makanan pokok di seluruh Amerika Utara. Dengan bahan-bahan yang ditambahkan, seperti irisan alpukat, saus bawang putih, saus keju bawang putih, dan keju leleh, makanan jadi lebih enak.

Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan.

Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur.