Beberapa Gangguan Mental yang Sangat Langka Dialami Orang

Beberapa Gangguan Mental yang Sangat Langka Dialami Orang – Gangguan mental atau gangguan jiwa adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya. Sama halnya dengan penyakit fisik, penyakit mental juga ada obatnya. Gangguan mental ialah kondisi yang memengaruhi cara seseorang berpikir, bertindak, dan suasana hati.

Di Indonesia, penderita gangguan mental diidentikkan dengan sebutan ‘orang gila’ atau ‘sakit jiwa’, dan sering mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan, bahkan hingga dipasung. Banyak orang pernah memiliki masalah kesehatan mental pada suatu titik di hidupnya, tetapi masalah kesehatan mental berubah menjadi penyakit mental saat gejalanya memengaruhi kemampuan tubuh untuk berfungsi atau mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa gangguan mental yang lebih umum dialami meliputi depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, gangguan makan, dan perilaku adiktif. Namun, sebenarnya ada banyak sekali gangguan mental dan beberapa di antaranya sangat langka dan dialami oleh sangat sedikit orang.

1. Body identity integrity disorder
7 Gangguan Mental Paling Langka di Dunia, Jarang Diketahui

Dikutip dari sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One tahun 2012, gangguan integritas identitas tubuh atau body identity integrity disorder (BIID) merupakan kondisi langka di mana pasien ingin menjadi lumpuh atau menghilangkan anggota tubuh yang dianggap bukan merupakan bagian yang sah dari tubuh mereka.

Karena BIID termasuk kondisi mental yang tabu, hanya sedikit pasien yang melapor dan banyak ahli medis gagal mengenalinya sebagai penyakit yang sah.

Kemungkinan besar, BIID disebabkan oleh kerusakan kongenital pada lobus parietal. Ini adalah bagian otak yang bertanggung jawab untuk sensasi, persepsi, dan integrasi input sensorik.

2. Gangguan konversi
7 Gangguan Mental Paling Langka di Dunia, Jarang Diketahui

Dijelaskan dalam laman Genetic and Rare Diseases Information Center (GRDIC), orang dengan gangguan konversi mengalami gejala neurologis, seperti kebutaan atau kehilangan kontrol motorik, tanpa penyebab fisik yang jelas.

Sementara penyebab pasti gangguan konversi tidak diketahui, tetapi hasil pencitraan otak menunjukkan bahwa orang dengan gangguan konversi memiliki aliran darah abnormal ke berbagai area otak. Gejala kadang-kadang hilang dengan sendirinya, tetapi mereka yang mengalami gejala berulang disarankan untuk mendapatkan perawatan kesehatan mental.

3. Sindrom Stendhal
7 Gangguan Mental Paling Langka di Dunia, Jarang Diketahui

Sindrom Stendhal ialah gangguan langka yang ditandai dengan reaksi kekerasan hingga mengancam jiwa saat seseorang melihat karya seni. Gejalanya meliputi pusing, jantung berdebar, halusinasi, disorientasi dan kelelahan. Surat kabar The Guardian mencatat bahwa kejadian sindrom Stendhal pertama kali diketahui pada tahun 1817 dan terakhir pada tahun 2018.

Dalam masa perawatan kondisi ini, biasanya dokter menyarankan pasien untuk meninggalkan Florence sesegera mungkin. Pasalnya, Florence, Italia, adalah kota yang penuh dengan karya seni zaman Renaisans.

4. Sindrom Alice in Wonderland
7 Gangguan Mental Paling Langka di Dunia, Jarang Diketahui

Orang-orang dengan sindrom Alice in Wonderland melihat dunia dengan cara yang menyimpang saat mereka tumbuh dewasa.

Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Neurology tahun 2019, sindrom ini membuat pengidapnya merasa diri mereka sendiri atau benda-benda di sekitar mereka menjadi lebih besar atau lebih kecil dari yang sebenarnya. Selain itu, mereka melihat jarak secara tidak akurat dan melihat garis lurus menjadi bergelombang.

Pada anak-anak, sindrom Alice in Wonderland umumnya menjadi akibat dari peradangan otak. Pada orang dewasa, sindrom ini sering dipicu oleh migrain. Pengobatan untuk kondisi ini bisa bervariasi dan 50 persen pasien dapat disembuhkan dengan pengobatan.

5. Sindrom Mietens-Weber
7 Gangguan Mental Paling Langka di Dunia, Jarang Diketahui

Sebuah studi dalam jurnal Clinical Dysmorphology tahun 2006 menyatakan bahwa sindrom Mietens-Weber ialah kondisi mental langka yang disebabkan oleh faktor genetik. Kondisi ini mengakibatkan keterlambatan mental ringan hingga sedang serta cacat siku.

Pada awalnya, kasus ini terjadi pada anak dari orangtua yang memiliki hubungan keluarga. Namun, kasus selanjutnya terjadi pada anak-anak dari orangtua yang tidak memiliki hubungan keluarga. Dengan begitu, inses diperkirakan bukan merupakan penyebab utama kondisi ini.

6. Sindrom Gardner Diamond
7 Gangguan Mental Paling Langka di Dunia, Jarang Diketahui

Memar yang muncul secara spontan mungkin lebih seperti masalah fisik daripada gangguan mental. Namun, dijelaskan dalam laman GRDIC, pada individu dengan sindrom Gardner Diamond, memar dapat muncul sebagai reaksi stres.

Selain memar, pasien dapat mengalami inflamasi, sakit kepala, dan masalah pencernaan. Diagnosis dan pengobatan kondisi ini melibatkan evaluasi psikiatri, di mana ahli medis menanyakan bagaimana pasien bereaksi terhadap rangsangan stres.

7. Sindrom Yerusalem
7 Gangguan Mental Paling Langka di Dunia, Jarang Diketahui

Sindrom Yerusalem ditandai dengan reaksi yang tidak biasa saat berada di Yerusalem. Menurut studi dalam The British Journal of Psychiatry tahun 2018, kondisi ini bisa jadi merupakan hasil dari idealisasi ekstrem Yerusalem sebagai Tanah Suci yang bertemu dengan kenyataan bahwa itu juga merupakan kota biasa.

Kekecewaan ini kemudian menghasilkan berbagai tingkat psikosis. Gejala sindrom Yerusalem meliputi kecemasan, keinginan untuk melihat kota sendirian, keinginan menjadi bersih atau murni, kebutuhan kompulsif untuk membaca teks-teks agama, menyanyikan lagu-lagu suci, atau menyampaikan khotbah. Secara umum, kasus ini tidak memerlukan rawat inap.