Beberapa Fakta Seputar Bekal Makanan yang Kaya Akan Gizi

Beberapa Fakta Seputar Bekal Makanan yang Kaya Akan Gizi

Beberapa Fakta Seputar Bekal Makanan yang Kaya Akan Gizi – Makanan bekal ialah makanan yang dimasak di rumah dan dibungkus di dalam bekas yang sesuai yang sesuai untuk dimakan di tempat lain.

Makanan bekal boleh dibawa ke tempat bekerja, ke sekolah, untuk perjalanan jauh, serta untuk berkelah. Bekal makanan merupakan hal yang dijumpai di berbagai negara. Begitupun di Korea Selatan, bekal makanannya bernama dosirak.

Penggemar drama seri atau film Korea Selatan pastinya sudah lazim menemukan bekal makanan ini muncul dalam adegan. Nah, di bawah ini adalah informasi menarik tetang dosirak.

1. Dosirak juga dirujuk sebagai gwakbap sebab kata bap (nasi) yang kerap jadi menu bekal
5 Fakta Dosirak, Bekal Makanan ala Korea Penuh Gizi

Bekal makanan ala Korea Selatan ini juga dikenal dengan penamaan berupa gwakbap. Kata bap merujuk pada nasi yang memang umum menjadi menu utama dalam bekal makanan. Seperti masyarakat Indonesia, warga Korea juga gemar melahap nasi. Menu nasi tersebut lantas dipadukan dengan ragam lauk-pauk, sayuran, hingga buah.

2. Dosirak menempatkan bahan-bahan makanan dalam wadah plastik atau baja termo (dosirak-tong)
5 Fakta Dosirak, Bekal Makanan ala Korea Penuh Gizi

Pada umumnya, dosirak yang sederhana terdiri dari menu berupa nasi, telur mata sapi, kimchi, dan satu atau dua jenis banchan (side-dish atau makanan pendamping). Makanan-makanan tersebut ditempatkan dalam suatu wadah plastik ataupun baja termo yang mempunyai kompartemen ataupun tanpa kompartemen. Wadah ini disebut dosirak-tong.

3. Dosirak kini telah lazim dikomersilkan di mini market dengan pilihan menu bervariasi
5 Fakta Dosirak, Bekal Makanan ala Korea Penuh Gizi

Mulanya, pada zaman dahulu, dosirak hanya berperan sebagai bekal makanan ala rumahan. Bekal ini lazim dibawakan untuk pekerja, siswa atau mahasiswa, serta kegiatan lainnya. Kendati demikian, saat ini, dosirak telah banyak dijumpai sebagai produk komersil di mini market. Pilihan menunya pun terbilang beragam.

4. Dosirak yang dijajakan di mini market memiliki tiga menu populer
5 Fakta Dosirak, Bekal Makanan ala Korea Penuh Gizi

Ada tiga menu dosirak yang paling populer dijajakan di mini market. Pertama, bulgogi yang memadukan saus bulgogi dengan irisan atau potongan daging sapi. Kedua, sosis yang dipotong kecil lalu dimasak dengan bumbu teriyaki. Ketiga, meatball yang berbentuk seperti bakso kecil terbuat dari daging. Pembeli cukup menyesuaikan dengan seleranya.

5. Dosirak dibanderol dengan harga ramah di kantong
5 Fakta Dosirak, Bekal Makanan ala Korea Penuh Gizi

Lunch box alias bekal makan siang di mini market dijual dalam kondisi dingin sebab disimpan dalam kulkas. Pembeli yang hendak menyantapnya tentu harus menghangatkannya terlebih dahulu. Cukup masukkan dosirak dalam microwave dan panaskan sekitar 2-3 menit. Sedangkan dalam segi harga, dosirak pun cukup ramah di saku.

Kalau Jepang punya bento, Korea Selatan punya dosirak. Sebagaimana bekal makanan Asia pada umumnya, ada nasi yang dipadukan dengan lauk-pauk. Kalau kamu, paling suka dibuatkan bekal makanan dengan menu apa?

Makan merupakan salah satu kebutuhan utama manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tanpa asupan gizi dari makanan yang tepat, tubuh tidak dapat berfungsi optimal.  Selain membeli di luar, membawa bekal dari rumah merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Artikel kali ini akan menjelaskan mengapa Anda sebaiknya segera memulai membawa bekal dari rumah.