Beberapa Cara Ini Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa Cara Ini Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa Cara Ini Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Jantung – Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Jantung merupakan organ vital yang bertugas memompa darah dalam tubuh.

Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Aktivitas ini bertujuan untuk menyuplai oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh sel tubuh, termasuk sel otak agar bisa menjalankan fungsi dengan optimal.

Organ ini bekerja selama 24/7 setiap harinya, tanpa henti. Karenanya kesehatan jantung perlu dijaga guna mencegah permasalahan seperti penyakit jantung koroner yang bisa mengancam nyawa. Olahraga dan pola makan sehat kerap digunakan sebagai cara untuk memelihara kesehatan jantung. Namun ada cara lain yang tak kalah penting untuk dilakukan sebagai tambahannya. Dilansir dari idn poker apk terbaru Simak informasi lengkapnya berikut ini, ya!

1. Tidur cukup
Selain Berolahraga, 5 Cara Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung 

Orang dewasa memerlukan tidur setidaknya 7 hingga 9 jam di malam hari. Tidur nyenyak memungkinkan tubuh untuk mengisi ulang energi dan melakukan perbaikan yang bisa mengoptimalkan kesehatan. Tidur juga bisa mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan menjaga berat badan.

Sayangnya hanya sedikit orang yang mendapat tidur berkualitas sesuai anjuran. Menurut keterangan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kekurangan tidur tak hanya menyebabkan kelelahan dan sulit berkonsentrasi, tetapi juga berisiko memicu perkembangan penyakit degeneratif, seperti diabetes tipe 2 dan hipertensi.

2. Rutin bermeditasi
Selain Berolahraga, 5 Cara Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung 

Melakukan meditasi 20 menit setiap hari terbukti bisa mengoptimalkan kesehatan jantung. Harvard Health Publishing melansir, meditasi bisa menurunkan risiko serangan jantung dengan menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Hal ini terjadi karena meditasi dapat menekan produksi hormon stres yang berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Kegiatan meditasi tak hanya bisa dilakukan dengan duduk diam. Beberapa aktivitas dengan gerakan lambat, seperti yoga dan tai chi bisa dijadikan opsi alternatif bagi kamu yang ingin bermeditasi sembari membakar kalori. Selain itu, beberapa olahraga seperti bersepeda, berenang, dan berjalan juga merupakan bentuk meditasi, lho!

3. Banyak tertawa
Selain Berolahraga, 5 Cara Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung 

Mungkin terdengar aneh, namun tertawa membawa keuntungan bagi jantung. Faktanya, senyum dan tertawa bisa memperbaiki fungsi arteri dan melancarkan peredaran darah. Tekanan darah dan hormon hormon pun berpotensi menurun. Ini disampaikan dalam laman Harvard Health Publishing.

Meski mekanismenya masih belum diketahui secara pasti, para peneliti menduga bahwa tertawa bisa memproduksi hormon endorfin yang punya fungsi berlawanan dengan hormon stres. Hormon ini bisa memicu pelepasan nitrit oksida yang berfungsi merelaksasi pembuluh darah.

4. Berjalan-jalan di luar
Selain Berolahraga, 5 Cara Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung 

Siapa sangka, berjalan-jalan tak hanya menyenangkan hati, tapi juga menyehatkan jantung. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa berjalan kaki di kawasan rumah setidaknya 15 menit setiap hari. Berjalan kaki di bawah sinar matahari sangat disarankan untuk memproduksi vitamin D dalam tubuh.

Vitamin D sendiri diketahui memiliki banyak peranan penting dalam tubuh, salah satunya mencegah serangan jantung. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menstimulasi produksi hormon endorfin dalam tubuh.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hormon ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah bisa menurun secara signifikan.

5. Mendengarkan musik favorit
Selain Berolahraga, 5 Cara Ini Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung 

Musik menjadi sesuatu yang tak bisa terlepas dari kehidupan banyak orang. Sebab, mendengarkan musik bisa meningkatkan mood secara signifikan. Lebih lanjut, musik ternyata berdampak baik bagi kesehatan, khususnya kesehatan jantung. Ini dibuktikan melalui studi yang terbit dalam Journal of Advanced Nursing pada 2011.

Studi tersebut menemukan bahwa perawat yang mendengarkan musik selama 30 menit setiap hari memiliki tingkat stres yang rendah. Tak hanya itu, detak jantung dan kadar hormon kortisol dalam darah juga lebih rendah dibandingkan rekan sejawat lainnya.