Beberapa Buah Sehat Ini Ternyata Memiliki Efek Samping Juga

Beberapa Buah Sehat Ini Ternyata Memiliki Efek Samping Juga

Kesehatan tubuh tergantung dari apa yang Anda konsumsi. Jadi, jika Anda ingin memiliki kesehatan tubuh lebih baik, mengonsumsi makanan yang tepat adalah langkah awal yang mesti di tempuh. Di antara sekian pilihan makanan yang bisa dijadikan pilihan, buah adalah yang paling dianjurkan.

Buah dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Tak heran, medis menyarankan agar makanan sehat yang satu ini selalu hadir menghiasi menu makan Anda sehari-hari. Karena pada dasarnya, buah mengandung banyak gizi bermanfaat seperti potasium, serat, vitamin C, asam folat, dan lain-lain.

Dengan konsumsi buah, risiko penyakit jantung, stroke, batu ginjal dan beragam penyakit mengerikan lainnya bisa dicegah. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa ada beberapa Livechat Fafaslot jenis buah yang bisa memberikan efek samping negatif bagi tubuh, khususnya jika dimakan dalam jumlah besar. Buah-buahan tersebut tetap bagus dikonsumsi karena menyehatkan, tapi kamu perlu waspada terhadap efek sampingnya.

1. Salak
Meski Sehat, 5 Buah Ini Bisa Sebabkan Efek Samping untuk Tubuhmu

Salak punya sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Laman Health Benefits Times menyebut bahwa salak mengandung vitamin B, vitamin C, karbohidrat, dan zat besi.

Salak juga mengandung tiga kali lipat beta-karoten dibanding jambu biji, sehingga bisa membantu memerangi penyakit jantung, stroke, bahkan kanker. Namun, buah yang mengandung sedikit air ini juga punya efek samping bagi tubuh karena mengandung banyak serat yang tidak bisa dicerna tubuh.

Maka, jika kamu sedang mengalami konstipasi alias sembelit, makan salak bisa memperburuk kondisimu. Buah ini juga harus dihindari oleh orang-orang yang mengalami tukak lambung maupun tifus.

2. Belimbing
Meski Sehat, 5 Buah Ini Bisa Sebabkan Efek Samping untuk Tubuhmu

Belimbing juga adalah salah satu buah yang harus kamu makan dengan hati-hati. Memang, seperti melansir Healthline, belimbing bisa membuat kita sehat karena mengandung banyak vitamin C dan kaya serat.

Namun, buah ini juga memiliki kandungan yang bisa berbahaya bagi tubuh, yaitu oksalat. Oksalat adalah senyawa yang bisa berikatan dengan mineral lain dan membentuk kristal di dalam tubuh. Kristal tersebut bisa mengendap di dalam ginjal dan menjadi batu ginjal.

Maka dari itu, orang yang mengalami masalah ginjal perlu menghindari makan belimbing. Bahkan, kamu yang sehat pun sebaiknya tidak makan belimbing terlalu banyak.

3. Stroberi
Meski Sehat, 5 Buah Ini Bisa Sebabkan Efek Samping untuk Tubuhmu

Stroberi adalah buah yang lezat dan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan utama yang bermanfaat dari buah ini adalah vitamin C dan serat. Maka, menurut laman Everyday Health, makan stroberi bisa mencegah obesitas,  diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya.

Namun, kandungan vitamin C yang banyak dalam buah ini juga bisa menimbulkan efek samping. Secangkir stroberi saja sudah memenuhi atau bahkan bisa melebihi kebutuhan vitamin C harian kita.

Jika berlebihan, makan stroberi bisa menyebabkan sakit perut, kram, dan diare. Untuk mencegahnya, batasi konsumsi stroberi harian tidak lebih dari sekitar 150 gram.

4. Semangka
Meski Sehat, 5 Buah Ini Bisa Sebabkan Efek Samping untuk Tubuhmu

Makan semangka berlebihan juga bisa memberi efek negatif bagi tubuh kita. Buah ini memang terkenal dengan sejumlah manfaat seperti mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, serta banyak mengandung air sehingga bagus untuk hidrasi tubuh kita.

Akan tetapi, semangka juga mengandung likopen, suatu senyawa yang bisa membahayakan tubuh jika berlebihan. Laman Live Science menyebut bahwa konsumsi likopen lebih dari 30 miligram per hari bisa menyebakan mual, kembung, gangguan pencernaan, dan diare.

Satu setengah cangkir semangka saja sudah mengandung 9-13 likopen. Maka, meskipun semangka menyegarkan dan bermanfaat, jangan tergoda untuk memakannya berlebihan supaya terhindar dari efek sampingnya.

5. Jeruk nipis
Meski Sehat, 5 Buah Ini Bisa Sebabkan Efek Samping untuk Tubuhmu

Last but not least, ada jeruk nipis, buah yang biasa dikonsumsi sebagai minuman atau campuran makanan. Meski nikmat, buah ini terkenal dengan rasanya yang sangat asam.

Kamu tentu tahu bahwa asam yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk mual, muntah, dan sulit menelan. Selain itu, Healthline juga menyebut bahwa asam dari jeruk nipis bisa menyebabkan kerusakan gigi, karena bisa menggerus lapisan enamel gigi.

Maka, meskipun merupakan sumber vitamin C yang baik, kamu perlu membatasi konsumsi jeruk nipis harianmu.