Beberapa Tanaman Herbal yang Dapat Mengatasi Bau Badan Kamu

Beberapa Tanaman Herbal yang Dapat Mengatasi Bau Badan Kamu

Beberapa Tanaman Herbal yang Dapat Mengatasi Bau Badan Kamu Bau badan biasanya muncul ketika seseorang banyak berkeringat. Namun, pemicunya bukanlah keringat, melainkan bakteri yang ada di kulit. Bau badan alias BB memang sangat menganggu. Jika masalah ini terus dibiarkan, maka akan mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang.

Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap. Bau badan muncul ketika keringat yang dihasilkan tubuh yang bercampur dengan bakteri.

Peran bakteri pada proses ini, yaitu menguraikan kandungan lemak dan protein dalam keringat sehingga terbentuklah senyawa asam yang menjadi penyebab utama bau badan. Lantas sebenarnya bisa gak, sih, bau badan dihilangkan? Tentu saja bisa. Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana ini kamu dapat mengatasi bau badanmu. Simak, ya.

1. Daun sirih
5 Bahan Dapur Ini Ampuh Usir Bau Badan, Pede Auto Nambah! 

Pasti kamu tidak asing dengan tanaman ini. Dilansir dari Netmeds daun sirih mengandung antiseptik alami dan zat aktif yang dapat membantu mengurangi bau badan. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus lima helai daun sirih pada api kecil dengan dua gelas air.

Rebus daun tersebut hingga airnya menyusut menjadi satu gelas. Saring dan dinginkan rebusan dan minum airnya. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu harus mengkonsumsi minuman ini secara teratur.

2. Jeruk nipis
5 Bahan Dapur Ini Ampuh Usir Bau Badan, Pede Auto Nambah! 

Jeruk nipis memang terkenal kaya akan kandungan vitaman C. Kandungan vitamin C ini memiliki fungsi sebagai antioksidan alami dan memiliki manfaat lainnya untuk tubuh, termasuk mengatasi masalah bau badan. Jika kamu memiliki masalah bau badan, mungkin kamu bisa mencoba bahan yang satu ini.

Siapkan dua buah jeruk nipis dan kapur sirih. Peras jeruk nipis dan ambil airnya, kemudian aduk dengan kapur sirih hingga terbentuk seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada ketiak sebelum mandi, dan diamkan selama 5-10 menit. Gunakan pagi dan sore secara rutin sebelum mandi.

3. Jahe
5 Bahan Dapur Ini Ampuh Usir Bau Badan, Pede Auto Nambah! 

Bahan ini pasti selalu tersedia di dapur kalian bukan? Masyarakat India percaya bila mengkonsumsi jahe secara rutin dapat menyebabkan tubuh menjadi wangi. Kandungan antibakteri dan antijamur pada jahe sangat ampuh untuk mengatasi bau badan.

Cara penggunaan jahe untuk mengatasi bau badan cukup mudah. Rebus dua gelas air dan satu umbi jahe yang telah dikupas dan dicuci bersih. Untuk menambahkan rasa, campurkan gula merah atau madu sesuai selera. Kemudian minum selagi masih hangat.

4. Daun kemangi
5 Bahan Dapur Ini Ampuh Usir Bau Badan, Pede Auto Nambah! 

Tidak hanya digunakan untuk lalapan makan saja, daun kemangi juga dapat di manfaatkan untuk mengatasi bau badan lho. Dikutip dari Republicworld aroma wangi dan kandungan antiseptik dapat mengusir bakteri penyebab bau badan.

Untuk penggunaannya, kamu bisa mengkonsumsi daun kemangi secara langsung. Jika tidak, juga bisa direbus dan diminum 2 kali sehari.

5. Daun beluntas
5 Bahan Dapur Ini Ampuh Usir Bau Badan, Pede Auto Nambah! 

Daun beluntas merupakan salah satu pagar hidup di pakarangan rumah yang sering kita jumpai. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih kecoklatan. Kandungan antiseptik pada bunga dan daunnya sudah banyak dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai obat herbal.

Untuk mengatasi bau badan cukup jadikan daun beluntas sebagai lalapan. Atau bisa dengan cara lain yaitu merebus satu genggam daun beluntas dengan dua gelas air. Rebus dengan api kecil hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.