Beberapa Asupan yang Dipercayai Paling Ampuh Meredakan Stres

Beberapa Asupan yang Dipercayai Paling Ampuh Meredakan Stres

Beberapa Asupan yang Dipercayai Paling Ampuh Meredakan Stres – Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau  pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Situasi tersebut akan memicu respon tubuh, baik secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, dan tekanan darah meningkat. Berbagai kondisi buruk atau masalah hidup seringkali membuat kita merasa gelisah dan tidak tenang.

Akibatnya, emosi pun jadi sulit dikendalikan hingga akan mempengaruhi cara kita bersikap. Bagi sebagian orang, makan menjadi solusi tercepat untuk  mengalihkan kegelisahan apk idn poker tersebut. Bukan sekadar bikin kenyang, ternyata ada juga makanan dan minuman yang dapat memberi efek menenangkan.

1. Teh hijau
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Teh memang banyak dikenal mampu memberi efek menenangkan. Terutama saat disajikan dalam kondisi hangat, teh dapat memberi perasaan nyaman, terutama teh hijau. Dipercaya sebagai ‘alat’ diet, ternyata teh hijau juga mampu meningkatkan mood, lho. Kandungan caffeine dan flavonoid di dalamnya dapat mengatasi stres sekaligus meningkatkan kondisi mental kita.

2. Teh chamomile
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Selain teh hijau, ada juga teh chamomile yang secara spesifik juga dapat mengatasi stres yang sedang dirasakan. Teh chamomile akan menurunkan gejala kecemasan hingga dapat memberi ketenangan. Alhasil, syaraf yang sempat tegang akibat stres pun bisa menjadi lebih tenang dan kita dapat tidur lebih nyenyak.

3. Cokelat
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Cokelat termasuk makanan pereda stres yang paling populer bagi banyak orang. Bukannya tanpa alasan, cokelat memang sudah dipercaya dari waktu ke waktu sebagai salah satu makanan yang dapat memperbaiki suasana hati. Terlebih cokelat hitam yang kaya akan antioksidan, secara khusus memberi rasa tenang karena dapat menurunkan hormon stres pada tubuh. Makanan favoritmu, bukan?

4. Oatmeal
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Oatmeal biasanya menjadi menu favorit orang yang sedang menjalankan program diet. Bukan hanya kaya serat, oatmeal memberi efek kenyang yang lebih lama. Namun, ternyata rasa kenyang yang ditimbulkan oatmeal juga memberi efek nyaman bagi tubuh, lho. Bukan hanya itu, serotonin yang dihasilkan otak setelah mengonsumsi oatmeal juga dapat menciptakan rasa menenangkan yang membantu mengatasi stres.

5. Alpukat
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Alpukat menjadi salah satu buah yang masuk dalam daftar asupan pereda stres berikutnya. Kandungan asam lemak yang yang tinggi dalam alpukat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres, depresi serta kecemasan. Selain itu, alpukat juga tinggi kandungan vitamin B yang sudah terbukti dapat menjadi penghilang stres yang ampuh. Gak cuma enak, ada manfaat antistres yang didapat saat mengonsumsi alpukat, nih. Paket komplet!

6. Susu
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Mengonsumsi susu hangat sebelum tidur mungkin kerap diangggap sebagai kebiasaan kuno. Namun, sebenarnya susu hangat dapat memberi efek menenangkan bagi tubuh. Menurut studi dalam The Journal Nutrition Research and Practice tahun 2012, makanan yang kaya kalsium, selain baik untuk tulang, ternyata juga dapat membantu mengatasi depresi.

Buat yang gak suka susu, produk dairy lainnya seperti yoghurt dan keju, yang notabene kaya kalsium dan vitamin D, juga dapat memberi efek menstabilkan mood, lho. Dijamin deh, level stres yang sedang kamu rasakan auto turun.

7. Kacang-kacangan
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Kacang-kacangan kaya akan nutrisi dan vitamin B dengan kandungan lemak menyehatkan. Vitamin B dalam kacang-kacangan jadi bagian penting untuk diet sehat sekaligus membantu mengatasi stres. Sebut saja almond, pistachio, dan walnut, selain antistres ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah, nih.

Selain kacang-kacangan, biji-bijian yang kaya magnesium juga dapat menurunkan level kecemasan, lho. Dengan rutin mengonsumsi chia seeds dan flaxseeds misalnya, bisa jadi salah satu cara ampuh dalam mengelola kecemasan dengan lebih baik. Namun, perlu diingat juga untuk tetap mengonsumsinya dalam batas wajar, ya.

8. Berries
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Beberapa buah yang tergolong dalam kelompok berries dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bukan hanya itu, semua buah berries juga kaya akan kandungan vitamin C juga berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh. Saat imun menjadi semakin kuat, tanpa sadar tubuh mampu menangkal berbagai stres yang mungkin akan dialami. Alhasil, gak hanya imun yang terjaga, tapi juga ketenangan mental.

9. Brokoli
9 Asupan yang Dipercaya Sebagai Pereda Stres Paling Ampuh, Enak Semua!

Brokoli dikenal sebagai salah satu super food yang banyak mendatangkan manfaat kesehatan. Gak hanya bikin sehat, ternyata brokoli juga bisa menjadi pereda stres, lho. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam brokoli menjadikan sayur hijau yang satu ini juga mampu memberi efek menenangkan bagi tubuh. Selain itu, vitamin B dan folic acid dalam brokoli gak hanya dapat meredakan stres, tapi juga panik berlebihan, gelisah, hingga depresi.

Stres sering kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan. Selain itu, stres juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita. Memiliki anggota keluarga yang mudah mengalami stres, akan membuat orang tersebut juga lebih mudah mengalami stres.

Setiap orang, termasuk anak-anak, pernah mengalami stres. Kondisi ini tidak selalu membawa efek buruk dan umumnya hanya bersifat sementara. Stres akan berakhir saat kondisi yang menyebabkan tekanan atau frustasi tersebut dilewati.

Itulah tadi kesembilan asupan yang gak cuma mampu memberi efek menenangkan tapi juga dapat meredakan stres. Yuk, rutin dikonsumsi sebagai asupan harianmu.