Aneka Hidangan Dari Labneh yang Bisa Jadi Menu Saat Dirumah

Aneka Hidangan Dari Labneh yang Bisa Jadi Menu Saat Dirumah

Aneka Hidangan Dari Labneh yang Bisa Jadi Menu Saat Dirumah – Labne, yogurt Yunani, keju yogurt, atau labneh adalah yogurt yang dibekukan untuk menghilangkan ampas airnya, yang menghasilkan bentuk yang lebih padat ketimbang yang tidak dibekukan, dengan tetap menyajikan kekhasan yogurt, rasa asam.

Masakan ala Timur Tengah memang tidak pernah habis dalam memberikan kejutan menarik untuk para pencinta kuliner di penjuru dunia. Salah satunya karena selalu ada bahan masakan unik yang dapat diolah.

Dalam olahan kali ini, ada sebuah komponen populer bernama labneh. Dilansir The Spruce Eatslabneh adalah sejenis keju lembut yang diolah menggunakan bahan utama dari yoghurt. Menarik, bukan?

1. Classic labneh
5 Hidangan Lezat Berbahan Labneh, Yoghurt Keju ala Timur Tengah!

Sebagaimana disinggung sebelumnya, labneh ini diolah menggunakan yoghurt. Namun, proses pembuatannya terbilang memerlukan waktu yang tidak sedikit, agar bisa menghasilkan komponen yang maksimal.

Bahkan olahan tradisionalnya hanya memerlukan dua bahan saja, yaitu yoghurt dan garam. Keduanya perlu disimpan dalam kain saringan khusus dan biarkan semalaman agar airnya menetes terpisah. Dengan begitu, labneh pun siap dipakai.

2. Salad with labneh
5 Hidangan Lezat Berbahan Labneh, Yoghurt Keju ala Timur Tengah!

Memiliki rasa segar dengan sensasi tekstur krim keju yang pas, membuat komponen pendamping tersebut bisa disajikan bersama dengan aneka macam salad. Sehingga rasa kedua bahan ini bisa saling melengkapi satu sama lain.

Bahan-bahan yang digunakan dalam salad pun bisa beraneka macam. Mulai dari campuran antara sayur mayur hijau, kacang-kacangan, sampai daging sekalipun. Jadikan labneh sebagai dressing, maka hidangan siap untuk disantap.

3. Kofta with labneh
5 Hidangan Lezat Berbahan Labneh, Yoghurt Keju ala Timur Tengah!

Sebagai sesama santapan ala Timur Tengah, labneh pun menjadi teman yang serasi untuk dihidangkan berdampingan dengan kofta. Kofta sendiri adalah sajian nikmat yang dimasak memakai daging sapi dan domba.

Biasanya makanan ini dapat dibentuk mirip dengan satai atau bakso, tergantung cara makannya. Namun, kofta pun menjadi semakin menarik lantaran bisa dijadikan salah satu teman yang pas buat menikmati labneh bercampur air lemon dan sumac.

4. Steak with labneh
5 Hidangan Lezat Berbahan Labneh, Yoghurt Keju ala Timur Tengah!

Gak kalah sedap dengan makanan lain, kreasi olahan bersama labneh berikut ini pun semestinya bisa masuk daftar sajian yang perlu kamu buat dalam waktu dekat. Bagaimana tidak, steik akan jadi berbeda begitu disantap bersama yoghurt keju tersebut.

Dalam proses pengolahan, kamu bisa menggunakan steik jenis sirloin yang telah dimarinasi dengan aneka bumbu kesukaan. Setelah itu, barulah dampingi hidangan memakai sayuran segar, berikut dengan labneh sebagai pengganti saus mainstream.

5. Tartlet labneh
5 Hidangan Lezat Berbahan Labneh, Yoghurt Keju ala Timur Tengah!

Kalau sebelumnya makanan asin cenderung mendominasi olahan dari labneh, maka hidangan berikut akan lebih cocok buat para pencinta manis maupun yang sedang ingin ngemil kue tartlet.

Labneh ini bisa dicampurkan bersama gula, garam, ekstrak vanila, dan telur. Kemudian sediakan kulit pai siap pakai dan tuang filling ke dalamnya. Panggang olahan selama beberapa saat, lalu sajikan.

Ada saja bahan-bahan unik ala Timur Tengah yang bikin masakan tampil beda. Setelah mengenal labneh si yoghurt keju, kira-kira kamu tertarik untuk mengolahnya jadi aneka santapan sedap seperti di atas?

Seperti beberapa jenis yogurt, yogurt tersebut sering kali dibuat dari susu yang kaya dengan mendidihkan beberapa kadar airnya, dan/atau dengan menambahkan lemak mentega dan susu bubuk. Di Eropa dan Amerika Utara, yogurt tersebut sering kali dibuat dengan yogurt rendah lemak atau bebas gula. Di Skandinavia, terutama Islandia, sebuah produk serupa, skyr diproduksi.

Yyogurt tersebut sering kali dipasarkan di Amerika Utara dengan sebutan “yogurt Yunani” dan di Inggris sebagai “yoghurt gaya Yunani”, meskipun yogurt tersebut juga banyak disantap dalam masakan Levantine, Mediterania Timur, Timur Dekat, Asia Tengah dan Asia Selatan, dimana hidangan tersebut sering digunakan untuk memasak (karena kadar lemaknya yang tinggi akan terkuras pada suhu tinggi).